Pemanfaatan Media Pembelajaran Digital Pada Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar

  • Aisah Nur Fitri Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Muhamad Sofian Hadi Universitas Muhammadiyah Jakarta
Keywords: Media Pembelajaran , Platform Digital, Pembelajaran IPS SD , Kajian Pustaka

Abstract

Di dunia pendidikan perkembangan IPTEK sangatlah di butuhkan. Dengan adanya perkembangan IPTEK proses pembelajaran akan semakin mudah untuk dilakukan dimana pun dan kapanpun. Peran guru di dunia pendidikan terutama dalam menghadapi perkembangan IPTEK sangatlah penting. Agar dapat menciptakan suasana belajar mengajar yang menyenangkan guru dapat menggunakan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar. Media pembelajaran yang dapat digunakan salah satu contohnya ialah media pembelajaran berbasis digital. Metode yang digunakan pada penelitian kali ini yaitu metode kajian pustaka. Data pada penelitian berupa data dari studi literatur. Sumber data yang digunakan diperoleh dari berbagai referensi yang berhubungan dengan penelitian seperti buku, jurnal penelitian, dan buku panduan penggunaan beberapa platform digital. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis isi (content analysis), yaitu dengan melakukan  pengkajian informasi yang dibahas, mengaitkan dengan setiap topik yang dibahas, kemudian pemetaan konsep dalam bentuk perbandingan dari setiap data penelitian. Hasil dari penelitian ini diharapkan memberi kontribusi dalam memudahkan sekolah, guru, dan siswa memanfaatkan beberapa platform digital yang dikeluarkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai media pembelajaran.

References

Agustin, N., & Dkk. (2021). Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Siswa (A. Mardati, H. H. Sukma, S. T. Martaningsih, & I. Maryani (eds.)). UAD Press.
Eka Yuda Wibawa, A. (2021). Implementasi Platform Digital Sebagai Media Pembelajaran Daring Di Mi Muhammadiyah Pk Kartasura Pada Masa Pandemi Covid-19. Berajah Journal, 1(2), 76–84. https://doi.org/10.47353/bj.v1i2.15
Hendra, Afriyadi, H., Tanwir, Hayati, N., Supardi, Laila, S. N., Prakasa, Y. F., Hasibuan, R. P. A., & Asyhar, A. D. A. (2023). Media Pembelajaran Berbasis Digital (Teori dan Praktik) (Efitra & Sapriano (eds.); Maret 2023). PT. Soenpedia Publishing Indonesia.
Heryani, A., Pebriyanti, N., Rustini, T., & Wahyuningsih, Y. (2022). Peran Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Dalam Meningkatkan Literasi Digital Pada Pembelajaran Ips Di Sd Kelas Tinggi. Jurnal Pendidikan, 31(1), 17. https://doi.org/10.32585/jp.v31i1.1977
Husadani, M. A. (2017). Pengembangan media pembelajaran IPA SD materi bagian-bagian tubuh katak berbasis metode Montessori. https://repository.usd.ac.id/11761/
Jaya, I. M. L. M. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Teori, Penerapan, dan Riset Nyata (F. Husaini (ed.)). Anak Hebat Indonesia.
Khosiyono, B. H. C., & Dkk. (2022). Teori dan Pengembangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Digital di Sekolah Dasar. Deepublish Publisher.
Mulyani, F., & Haliza, N. (2021). Analisis Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) Dalam Pendidikan. JURNAL PENDIDIKAN Dan KONSELING, Volume 3 N(http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/issue/view/111), 3. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i1.1432
Nurfadhillah, S. (2021). Media Pembelajaran SD (R. Awahita (ed.)). Jejak Publisher.
Rachmawati, Y., Ma’arif, M., Fadhillah, N., Inayah, N., Ummah, K., Siregar, M. N. F., Amalyaningsih, R., Aftannailah, F., & Auliyah, A. (2020). Studi Eksplorasi Pembelajaran Pendidikan IPA Saat Masa Pandemi COVID-19 Di UIN Sunan Ampel Surabaya. Indonesian Journal of Science Learning (IJSL), 1(1), 32–36. https://doi.org/10.15642/ijsl.v1i1.633
Ramdhan, M. (2021). Metode Penelitian (Aidil Amin Effendy (ed.)). Cipta Media Nusantara (CMN).
Subahan, A., Dista, D. X., & Witarsa, R. (2021). Kajian Literatur Tentang Kebijakan Pendidikan Dasar Di Masa Pandemi Dan Dampaknya Terhadap Pembelajaran. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 4(1), 1–9. https://doi.org/10.31004/jrpp.v4i1.1662
Published
2024-03-31
How to Cite
Fitri, A., & Hadi, M. (2024). Pemanfaatan Media Pembelajaran Digital Pada Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar. Jurnal Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Borneo, 5(2), 133-146. https://doi.org/10.21093/jtikborneo.v5i2.6995