Jurnal Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Borneo https://journal.uinsi.ac.id/index.php/JTIKBorneo <p><strong>Jurnal Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Borneo (JTIK Borneo)&nbsp;(<em>Online&nbsp;</em>- ISSN: 2714-6030)&nbsp;</strong>adalah jurnal Mahasiswa/mahasiswi dari Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Samarinda yang diterbitkan oleh FTIK IAIN Samarinda. JTIK Borneo memuat karya ilmiah bidang Pendidikan dan Pengajaran baik itu karya ilmiah dari hasil penelitian maupun dari kajian konseptual yang meliputi: PAI, PBA, MPI, PIAUD, PGMI, dan TBI. JTIK&nbsp; JTIK Borneo Terbit 3 kali dalam satu tahun.</p> en-US jtikborneo@gmail.com (Dr. Muchammad Eka Mahmud) jtikborneo@gmail.com (Tim Teknik JTIK Borneo) Tue, 01 Feb 2022 00:00:00 +0800 OJS 3.1.1.0 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Pengaruh Pelatihan Berbasis Pembelajaran Aktif Terhadap Kreativitas Guru Madrasah Ibtidaiyah https://journal.uinsi.ac.id/index.php/JTIKBorneo/article/view/4747 <p>Pelatihan berbasis pembelajaran aktif merupakan serangkain kegiatan yang dilakukan guru dalam pembelajaran meliputi perencanaan dan proses pelaksanaan pembelajaran&nbsp; yang dilakukan guru dengan fasilitator&nbsp; pembelajaran aktif. &nbsp;Serangakain kegiatan yang diselengarakan program PINTAR tanoto Foundation mendukung agar guru memiliki kreativitas yang mampu meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan berbasis pembelajaran terhadap kreativitas guru &nbsp;di Madrasah Ibtidaiyah Samarinda. &nbsp;Penelitian menggunakan pendekaan kuantitatif dengan Populasi semua guru di 6 &nbsp;madrasah Ibtidaiyah di Samarinda yaiu MI Ar-raudah, MI AT taufiq, MI Sualmul Hidayah, MI&nbsp; DDI Tani Aman, MI Maarif NU 3 dan MI Maarif NU 1&nbsp; kemudian sampel diperoleh dengan teknik <em>sampling purposive</em> dengan kriteria semua guru yang sudah mengikuti pelatihan modul 1 dan model 2 diperoleh sebanyak 57 guru. Instrumen penelitian menggunakan koesioner yang telah diuji validitas dan uji realibilitasnya. Teknik analisis data menggunakan uji korelasi product momen dan koefisien determinan. Hasil&nbsp; penelitian diperoleh &nbsp;bahwa pelatihan berbasis pembelajaran aktif berpengaruh positif terhadap kreatifitas guru mengajar dengan nilair r hitung 0,765 berada ditaraf kuat. Penerapan pelatihan berbasis pembelajaran aktif &nbsp;masuk kategori Cukup dengan nilai mean sebesar 57.58 Temuan dilapangan terdapat guru yang kadang kadang mempraktekanya di kelas saat pembelajaran. Besarnya pengaruh koefsien determinansi diperoleh angka R² (R Square) sebesar 0,58. Hal ini menunjukan bahwa pelatihan berbasis pembelajaran aktif terhadap kreativitas guru berpengaruh sebesar 58,6% terhadap keativitas guru sedangkan sisanya 42,4% dipengaruhi variabel lain.</p> Siti Nasiah ##submission.copyrightStatement## https://journal.uinsi.ac.id/index.php/JTIKBorneo/article/view/4747 Tue, 01 Feb 2022 00:00:00 +0800 Penerapan Metode Tabarak dalam Menghafal Alquran Pada Anak Usia Dini https://journal.uinsi.ac.id/index.php/JTIKBorneo/article/view/4896 <p>Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya lembaga yang sangat memperhatikan bagi para penghafal quran.Lembaga yang telah menyediakan program khusus tahfidz yang berusia balita yang notabene belum bisa membaca Qur’an.Pada umumnya kegiatan menghafal Alquran hanya dilakukan pada anak yang sudah bisa membaca atau orang dewasa. Sedangkan di Rutaba Hafidzah Qurani Tenggarong menerima anak usia dini untuk menghafal Alquran. Salah satu keberhasilan anak-anak dalam menghafal Alquran yaitu adanya metode.Mengingat pentingnya suatu metode dalam pembelajaran untuk mencapai tujuan serta disesuaikan dengan kemampuan anak maka dipilihlah metode tabarak dalam kegiatan hafalan Alquran pada anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode tabarak dalam menghafal Alquran pada ana usia dini di Rutaba Hafidzah Qurani Tenggarong, serta mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat pada penerapan metode tabarak di Rutaba Hafidzah Qur’ani Tenggarong. Penelitian ini menggunakan metode kualiatif deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan, faktor pendukung dan penghambat metode tabarak dalam menghafal Alquran pada anak usia dini di Rutaba Hafidzah Qurani Tenggarong. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi.Sumber data terdiri dari dua, yaitu primer dan sekunder.Sumber data primer yaitu kepala sekolah, dan pengajar.Sedangkan sumber data sekunder yaitu dokumentasi, laporan, serta data yang relevan.Data dianalisis menggunakan langkah kerja Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diketahui bahwa penerapan metode tabarak dalam menghafal Alquran pada anak usia dini di Rutaba Hafidzah Qur’ani Tenggarong meliputi perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, faktor pendukung dan penghambat. a) penerapan metode tabarak di Rutaba Hafidzah Qurani Tenggarong, meliputi; perencanaan dasar pemilihan metode tabarak dan persiapan penerapan penerapan metode tabarak (kegiatan hafalan, target hafalan, dan materi pembelajaran). Pelaksanaan melalui sistem level dan pembelajaran yang dilakukan dengan kegiatan menghafal di dalam kelas diawali dengan membaca doa, meminum air zam-zam dan makan kismis atau kurma, murajaah, menambah hafalan, mengaji, kemudian evaluasi dilakukan secara setoran hafalan (setelah mengaji) serta ujian yang dilakukan pada bulan desember. b) faktor pendukung meliput sarana-prasarana, fasilitator, orang tua yang aktif dan reward, adapun faktor penghambat meliputi orang tua yang pasif&nbsp; dan keadaan santri.</p> Mujahidah Mujahidah, Sunanik Sunanik, Novia Indri Hidayati ##submission.copyrightStatement## https://journal.uinsi.ac.id/index.php/JTIKBorneo/article/view/4896 Thu, 03 Feb 2022 00:00:00 +0800 Efektivitas Kegiatan Kolase dalam Menstimulus Perkembangan Kognitif Anak https://journal.uinsi.ac.id/index.php/JTIKBorneo/article/view/4894 <p>Latar belakang masalah penelitian ini yaitu pada observasi awal, penulis melihat penggunaan kegiatan ini berlangsung dengan menarik saat penggunaan kolase dilakukan untuk proses pembelajaran. Pada dasarnya banyak orang menilai bahwa kegiatan kolase cukup berkembang pada aspek motorik anak, namun peneliti melihat bahwa semua aspek mampu berkembang dengan bersama salah satunya yang menonjol yaitu pada aspek kognitif anak. Oleh karena itu, penulis ingin melihat lebih lanjut apakah penggunaan kegiatan kolase tersebut efektif untuk menstimulus perkembangan anak, khususnya pada perkembangan kognitif. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui seberapa efektivitas penggunaan kegiatan kolase dalam&nbsp; menstimulus perkembangan anak di TK Nurul Iman Samarinda. Penelitian ini menggunakan jenis kuantitatif ekperimen. Adapun lokasi penelitian di TK Nurul Iman Samarinda. Populasi sebanyak 19 dan menggunakan sampel jenuh maka sempel yang digunakan sebanyak 19 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Instrumen uji yang digunakan yaitu validitas, dan realibilitas. Teknik analisis data yang diguanakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan uji- t. Hasil dari uji instrumen data validitas pada pretest terdapat 11 butir valid dari 14 butir, dan uji validitas posttest terdapat 12 butir valid dari 14 butir maka hasil yang valid digunakan sebagai penilaian untuk guru terhadap perkembangan anak yang mewakili dari 7 indikator perkembangan kognitif untuk setiap anak. Pada uji normalitas pretest dengan sig 0,156, posttest dengan sig 0,200 dari kedua sig &gt; 0,05 maka data berdistribusi normal. Pada hasil uji homogenitas terdapat sig 0,288 &gt; 0,05 maka homogen untuk menjadi sampel penelitian. Hasil analisis statistik inferensial menggunakan korelasi <em>Product Moment</em> diperoleh r<sub>xy</sub> 0,808≥ r<sub>tabel</sub> 0,456 terdapat korelasi yang signifikan dengan tingkat korelasi yang tinggi dan t<sub>hitung</sub> 7,60 ≥ t<sub>tabel</sub> 1,7 dan n= 19 sehingga H<sub>0</sub> ditolak dan H<sub>1</sub> diterima dengan taraf kontribusi 65,2%. Maka arti dari H<sub>1 </sub>diterima yaitu adanya efektivitas pada kegiatan kolase dalam menstimulus perkembangan kognitif anak.</p> Lina Revilla Malik, Zakiyah Ulfah, Devi Yulia Wulandari ##submission.copyrightStatement## https://journal.uinsi.ac.id/index.php/JTIKBorneo/article/view/4894 Mon, 07 Feb 2022 00:00:00 +0800 Pengaruh Kegiatan Mencetak Dengan Pelepah Pisang Terhadap Kreativitas Mewarnai Anak https://journal.uinsi.ac.id/index.php/JTIKBorneo/article/view/4895 <p>Kegiatan mencetak adalah salah satu kegiatan karya dua dimensi yang bisa dilakukan oleh anak usia dini dengan menggunakan alat cetak membentuk gambar yang berasal dari bahan tertentu (bahan alam, daur ulang, dll) serta diberi tinta berupa cat air atau pewarna makanan. Kegiatan mencetak pada anak merupakan kesenangan dan penyaluran bakat kreatif pada anak. Kegiatan mencetak menggunakan bahan alam yaitu pelepah pisang sebagai salah satu cara untuk mengembangkan kreativitas mewarnai pada anak, karena melalui kegiatan mencetak anak dapat mengekspresikan imajinasinya dalam membuat suatu gambar, menyusun suatu bentuk gambar, anak mampu mengkombinasikan warna sesuai dengan keinginan anak, anak mampu melakukan gradasi warna pada saat kegiatan mencetak, anak juga tidak mudah bosan karena media yang digunakan jarang dilihat yaitu dengan media pelepah pisang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dan desain eksperimen yaitu <em>pre-test post-test one group design</em>. Populasi sebanyak 20 siswa dan menggunakan sampel jenuh maka sampel yang digunakan adalah 20 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Instrumen uji data yang digunakan adalah uji validitas dan uji reabilitas. Sedangkan, teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan uji-t. Hasil analisis statistik inferensial menggunakan uji <em>paired t-test </em>diperoleh yaitu t<sub>obs</sub> 18,982 &gt; t<sub>tabel</sub> 1,729 dan nilai signitifikansi sebesar 0,00 &lt; 0,05 sehingga H<sub>0</sub> ditolak dan H<sub>1</sub> diterima. Maka arti dari H<sub>1</sub> diterima yaitu adanya pengaruh pada kegiatan mencetak dengan pelepah pisang terhadap kreativitas mewarnai anak.</p> Robingatin Robingatin, Siti Nor Asiah, Arrum Alfianingsih ##submission.copyrightStatement## https://journal.uinsi.ac.id/index.php/JTIKBorneo/article/view/4895 Fri, 11 Feb 2022 00:00:00 +0800 Implementasi Pembinaan Muallaf Melalui Pendidikan Islam Di Kota Samarinda https://journal.uinsi.ac.id/index.php/JTIKBorneo/article/view/5008 <p>Based on the phenomena that occurred at Bina Mualaf Institute in Samarinda City, there were differences in improving the practice of Islam, including at the planning, implementation, and decision-making stages of deliberation and consensus among the converts. Therefore, this study aims to describe the strategy of Bina Mualaf Institute in planning the program for converting to Islam through daily, weekly, monthly, six-monthly, annual and various kinds of skills. Reality shows that religion does not belong only to the lower class but belongs to all levels of society without using the classification system. This research is qualitative with a case study approach. The subjects selected in this study were limited to the management of Bina Mualaf Institute for converting to Islam, converts to converts, and converts to Islam with the age limit criteria being 25 years of converts. The researcher chose Bina Mualaf Institute of Samarinda City based on the researcher's initial observations that there were some converts who returned to their previous religion. To get the data as a whole, the researcher used observation, documentation and interview techniques. While the data analysis technique, the researcher uses the Miles and Huberman technique in three stages, namely data condensation, data display, and verification. The data obtained will be tested through the persistence technique of observing source triangulation and technical triangulation. The results of this study revealed that; Planning for converting converts can be traced through daily, weekly, monthly, six-monthly and yearly recitations. The implementation carried out by Bina Mualaf Institute in coaching is at three location points, namely at the secretariat of Bina Mualaf of the Islamic Center Mosque, in sub-district of Loa Janan, and Cendarawasi Samarinda City.</p> Omik Bustomi, Suprapti Suprapti, Abem Ngisti, Annisa Khairani, Nurhalimah Nurhalimah, Fadzlullah Fadzlullah, Norlita Norlita ##submission.copyrightStatement## https://journal.uinsi.ac.id/index.php/JTIKBorneo/article/view/5008 Tue, 27 Sep 2022 13:45:48 +0800