DAMPAK KOMUNIKASI MEDIA SOSIAL TERHADAP PERSEPSI BODY IMAGE MAHASISWA YAYASAN SAAN MUSTOPA CENTAR

  • wahyudi aldiansyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Puji Asriani UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Keywords: Body Image, Citra Diri, Kesehatan Mental, Media Sosial, Mahasiswa

Abstract

Perkembangan media sosial telah mengubah cara individu memaknai citra diri, termasuk body image. Platform seperti Instagram dan TikTok sering menampilkan standar kecantikan yang tidak realistis, sehingga memengaruhi cara mahasiswa melihat penampilan merekasendiri. Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui  bagaimana  media  sosial  memengaruhi body  imagemahasiswa  Yayasan  Saan Mustopa Centar. Melalui pendekatan kualitatif fenomenologis dan wawancara mendalam terhadap 10 mahasiswa, ditemukan bahwa media sosial berperan besar dalam membentuk persepsi tubuh. Sebagian besar informan mengalami tekanan sosial, rasa minder, dan kecemasan akibat perbandingan sosial di media sosial. Meskipun ada yang merasa termotivasi untuk hidup sehat, mayoritas justru terdampak secara psikologis. Penelitian ini menekankan pentingnya literasi digital dan pendidikan penerimaan diri untuk membantu mahasiswa membangun citra diri yang sehat

References

Bachdar, Z. A., Putra, M., Rusdi, P., & Putra, M. I. (n.d.). Self presentation lelaki feminim di media sosial. 1–16.
Dwistia, H., Sajdah, M., Awaliah, O., & Elfina, N. (2022). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Ar-Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 78–93.
Hendariningrum, R., & Susilo, M. E. (2008). FASHION DAN GAYA HIDUP : IDENTITAS DAN KOMUNIKASI. 6(2), 25–32.
Kosasih, E. (n.d.). “Literasi Media sosial dalam pemasyarakatan sikap moderasi beragama.” " Jurnal Bimas Islam Vol 12.2 (2019): 264.
Pratiwi, P. S., Seytawati, M. P., Hidayatullah, A. F., Ismail, I., & Tafsir, T. (2021). Moderasi Beragama dan Media Sosial (Studi Analisis Konten Instagram & Tik-Tok). Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 6(1), 83–94.
Sari, A. C., Hartina, R., Awalia, R., Irianti, H., & Ainun, N. (2018). Komunikasi dan media sosial. Jurnal The Messenger, 3(2), 69.
Ushuluddin, F., & Harani, A. (2022). ETIKA KOMUNIKASI DI MEDIA SOSIAL DALAM PERSPEKTIF AL- QUR ’ AN PROGRAM STUDI ILMU AL- QUR ’ AN DAN TAFSIR FAKULTAS USHULUDDIN , ADAB , DAN DAKWAH ETIKA KOMUNIKASI DI MEDIA SOSIAL DALAM PERSPEKTIF AL- QUR ’ AN FAKULTAS USHULUDDIN , ADAB , DAN DAKWAH.
Watie, E. D. S. (2016). Komunikasi dan media sosial (communications and social media). Jurnal The Messenger, 3(2), 69–74.
Zaman, R. K., & Misnan, M. (2021). Infrastruktur Politik Menuju Pilpres 2024 Dalam Konstruksi Media Sosial. Petanda: Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Humaniora, 4(1), 41–53.
Published
2025-08-31
How to Cite
aldiansyah, wahyudi, & Asriani, P. (2025). DAMPAK KOMUNIKASI MEDIA SOSIAL TERHADAP PERSEPSI BODY IMAGE MAHASISWA YAYASAN SAAN MUSTOPA CENTAR. Nubuwwah : Journal of Communication and Islamic Broadcasting, 3(02), 17-29. https://doi.org/10.21093/nubuwwah.v3i02.10830