Optimalisasi Media Dakwah Visual di TV Islamic Center
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan media dakwah visual di TV Islamic Center Samarinda. Pengelolaan TV ini dibantu oleh jamaah dan dukungan dari UPT Perpustakaan, dimana pengurus fokus pada pengelolaan konten berbasis dakwah melalui kanal YouTube dan Facebook, sementara tim ta'mir bertanggung jawab atas pembuatan video pendek. Tantangan utama meliputi keterbatasan sumber daya manusia, yang diatasi dengan dukungan anak muda, dan adaptasi terhadap perkembangan industri media. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan menggali informasi mendalam melalui wawancara dengan pengurus TV Islamic Center Samarinda. Hasil penelitian menunjukkan potensi optimalisasi media dakwah visual melalui peningkatan kualitas produksi video, diverifikasi platform media sosial, dan pelatihan bagi tim produksi untuk meningkatkan kemampuan dalam mengikuti perkembangan teknologi terkini. TV Islamic Center Samarinda memiliki peran penting dalam dakwah visual, namun perlu strategi optimalisasi yang berkelanjutan untuk meningkatkan jangkauan dan efektivitas dakwah.
References
Anderson, K. E. (2017) Getting Acquainted with Social Networks and Apps: The Current State of Digital Media. Journal of Communication and Media Research.
Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII). (2021). Laporan Survei Internet APJII 2020-2021. Retrieved from APJII website.
Baroya, Mochamad Vesfairo (2024). Optimalisasi Media Dakwah di Masjid Agung Jawa Tengah. Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Fandy, T. (2014). Dakwah dan Perubahan Sosial: Studi Dakwah Digital di Indonesia. Jakarta: Gema Insani Press.
Habibi M. 2018. Optimalisasi dakwah melalui media sosial di era milenial. Al-Hikmah: Jurnal Dakwah, 12(1)
Islamy, Mohammad Rindu Fajar (2021). Optimalisasi Dakwah Media Sosial di Kalangan Mahasiswa di Masa Pandemi Dalam Dimensi Globalisasi. Bengkulu: Jurnal Dakwah dan Komunikasi.
Kamilah, S., Ibdalsyah, I., & Rivani, F. (2024). Pengaruh Komunikasi Visual Dalam Konten Dakwah Terhadap Kepuasan Informasi Followers Instagram. Arkana : Jurnal Komunikasi Dan Media, 3(1)
Khairullah, Rachmi, Recha Mardianty (2024). Utilisasi Media Dan Komunikasi Visual Dalam Dakwah di Era 5.0. Lampung: Jurnal Komunikasi dan Dakwah Islam
Khumaedi T., dan S. Fatimah. (2019). Urgensi dakwah melalui media sosial. Jurnal Al-Mubin, 2(2)
Mulyana D. 2005. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: Rosdakarya
Nasrullah, R. Komunikasi Antarbudaya di Era Digital. (Bandung: Simbiosa Rekatama Media. 2017).
Rafi’udin, dan M.A. Djaliel. (1997). Prinsip dan Strategi Dakwah. Bandung: Pustaka Setia
Sakareeya Bungo. (2014). Pendekatan Dakwah Kultural Dalam Masyarakat Plural. Jurnal Dakwah Tabligh. 15 (2).
Saputra W. (2011). Pengantar Ilmu Dakwah. Jakarta: Rajawali Press
Syifa Aulia Rahmadhani, Dhamar Indra Pratama, Rifada Nur Az Zahra Putri, Ziana Nur Rochimah, & Ahmad Rahman Ludiansyah. (2024). Potensi Dakwah Di Media Sosial Tiktok: Peluang Tantangan Islam Di Era Digital. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Ilmu Pendidikan, 3(2).