STRATEGI KOMUNIKASI DAKWAH DI KALANGAN GEN Z MELALUI KONTEN INSTAGRAM: STUDI KASUS PADA AKUN INSTAGRAM @fendirullah

  • Muhammad Ramanda Sofyan UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Siti Khofifah UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Mohammad Azzahri Putra UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Ira Restyana Wahyudi UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
Keywords: Dakwah, Instagram, Gen Z

Abstract

Media  sosial  telah  menjadi  kebutuhan  primer  dalam  kehidupan  digital  masyarakat  modern, termasuk dalam aktivitas dakwah. Dakwah melalui media sosial bukan lagi sekadar tren, tetapi telah menjadi gaya hidup, khususnya di kalangan Generasi Z. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) optimalisasi media digital, khususnya Instagram, dalam menyampaikan dakwah; dan (2) tantangan yang dihadapi da’i dalam  menjangkau  audiens  Gen  Z.  Metode  yang  digunakan adalah  pendekatan  kualitatif  naratif  dengan studi kasus pada akun Instagram @fendirullah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konten dakwah yang dikemas secara menarik, relevan, dan interaktif mampu meningkatkan efektivitas penyampaian pesan serta keterlibatan  audiens. Tantangan  utama bagi  da’i  antara  lain  adalah  pemahaman  mendalam  terhadap karakter Gen Z dan kemampuan beradaptasi terhadap dinamika tren digital. Penelitian ini menyimpulkan bahwa   strategi   komunikasi dakwah   yang   inovatif,   adaptif,   dan   responsif   sangat   diperlukan   untuk memperluas jangkauan dakwah di era media sosial.

References

Amal, K. (2021). Strategi Komunikasi Dakwah Ustadz Salim A. Fillah. Jurnal Studi Islam Dan Kemuhammadiyahan (JASIKA), 1(2), 114–126.

Azhari Harahap, I., Yusdi Arwana, N., & Wahyu Tami Br Rambe, S. (2020). Teori dalam Penelitian Media. Jurnal Edukasi Nonformal, 3(2), 136–140.

Budianto, W. (2017) Dakwah Era Digital Komunika, Vol. 11, No. 2,

Chanra, M., & Tasruddin, R. (2025). Peran Media Sosial sebagai Platform Dakwah di Era Digital : Studi Kasus pada Generasi Milenial The Role of Social Media as a Platform for Preaching in the Digital Era : A Case Study on the Millennial Generation. 8(1), 872–881.

Ismiati, I., Sofiatin, S., & Zuhriyah, L. F. (2024). Desain Dakwah Ustadz Hanan Attaki melalui Media Sosial Instagram @ayah_amanah. Anida (Aktualisasi Nuansa Ilmu Dakwah), 24(1), 21–42.

Kasir, A., & Awali, S. Peran Dakwah Digital dalam Menyebarkan Pesan Islam di Era Modern UNISA Universitas Islam Al Aziziyah Indonesia Vol 11 No. 1 2024

Kholis, N. "Dakwah virtual, generasi Z dan moderasi beragama." IQTIDA: Journal of Da'wah and Communication 1.2 (2021): 171-188.

Lestari, N. (2024). Optimalisasi Dakwah Di Era Modern Melalui Media Sosial. Qawwam : The Leader’s Writing, 5(1), 35–42.

Lestari, P. P., (2020) Dakwah Digitaluntuk Generasi Milenial Jurnal Dakwah, Vol. 21, No. 1Tahun 2020 .



Mardiana, R. "Daya tarik dakwah digital sebagai media dakwah untuk generasi milenial. Komunida: Media Komunikasi dan Dakwah, 10 (2), 148–158." 2020.

Nikmah, F. (2020). Digitalisasi Dan Tantangan Dakwah Di Era Milenial. Muẚṣarah: Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 2(1), 45.

Ridwan, A., (2022) Dakwah dan Digital Culture: Membangun Komunikasi Dakwah Di Era Digital, Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam, Vol 1 No. 1 UIN Sunan Djati Bandung.

Sari, F. A. (2020) Dakwah Online dan Perubahan Sosial di Era digital, Jurnal Pendidikan dan Konseling, Vol 4, No. 4, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai .


Srikandi, Melati Budi, S. I. Kom, and M. I. Kom. "Biografi Penulis." Transformasi Komunikasi Digital Menuju Indonesia Berkelanjutan: Komunikasi Digital Dan Dinamika Budaya (2025): 86.


Supriadi, D. "Inovasi Pembelajaran Pai Di Era Digital: Strategi Menumbuhkan Minat Belajar Gen-Z." Tadbiruna 4.2 (2025): 319-334.

Surbakti, A. F. M., Mutiawati, Ritonga, J. H., Membangun Koneksi Dengan Generasi Milenial: Strategi Dakwah Yang Efektif Dalam Era Digital UIN Sumatera Utara Medan Vol 2, No, 2, 2023.


Yusuf, F., Rahman, H., Rahmi, S., & Lismayani, A. (2023). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Komunikasi, Informasi, Dan Dokumentasi: Pendidikan Di Majelis Taklim Annur Sejahtera. JHP2M: Jurnal Hasil-Hasil Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2, 1–8.
Published
2025-08-31
How to Cite
Sofyan, M., Khofifah, S., Putra, M., & Wahyudi, I. (2025). STRATEGI KOMUNIKASI DAKWAH DI KALANGAN GEN Z MELALUI KONTEN INSTAGRAM: STUDI KASUS PADA AKUN INSTAGRAM @fendirullah. Nubuwwah : Journal of Communication and Islamic Broadcasting, 3(02), 95-109. https://doi.org/10.21093/nubuwwah.v3i02.11086