STRATEGI KOMUNIKASI DAKWAH DI KALANGAN GEN Z MELALUI KONTEN INSTAGRAM: STUDI KASUS PADA AKUN INSTAGRAM @fendirullah
Abstract
Media sosial telah menjadi kebutuhan primer dalam kehidupan digital masyarakat modern, termasuk dalam aktivitas dakwah. Dakwah melalui media sosial bukan lagi sekadar tren, tetapi telah menjadi gaya hidup, khususnya di kalangan Generasi Z. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) optimalisasi media digital, khususnya Instagram, dalam menyampaikan dakwah; dan (2) tantangan yang dihadapi da’i dalam menjangkau audiens Gen Z. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif naratif dengan studi kasus pada akun Instagram @fendirullah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konten dakwah yang dikemas secara menarik, relevan, dan interaktif mampu meningkatkan efektivitas penyampaian pesan serta keterlibatan audiens. Tantangan utama bagi da’i antara lain adalah pemahaman mendalam terhadap karakter Gen Z dan kemampuan beradaptasi terhadap dinamika tren digital. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi komunikasi dakwah yang inovatif, adaptif, dan responsif sangat diperlukan untuk memperluas jangkauan dakwah di era media sosial.
References
Azhari Harahap, I., Yusdi Arwana, N., & Wahyu Tami Br Rambe, S. (2020). Teori dalam Penelitian Media. Jurnal Edukasi Nonformal, 3(2), 136–140.
Budianto, W. (2017) Dakwah Era Digital Komunika, Vol. 11, No. 2,
Chanra, M., & Tasruddin, R. (2025). Peran Media Sosial sebagai Platform Dakwah di Era Digital : Studi Kasus pada Generasi Milenial The Role of Social Media as a Platform for Preaching in the Digital Era : A Case Study on the Millennial Generation. 8(1), 872–881.
Ismiati, I., Sofiatin, S., & Zuhriyah, L. F. (2024). Desain Dakwah Ustadz Hanan Attaki melalui Media Sosial Instagram @ayah_amanah. Anida (Aktualisasi Nuansa Ilmu Dakwah), 24(1), 21–42.
Kasir, A., & Awali, S. Peran Dakwah Digital dalam Menyebarkan Pesan Islam di Era Modern UNISA Universitas Islam Al Aziziyah Indonesia Vol 11 No. 1 2024
Kholis, N. "Dakwah virtual, generasi Z dan moderasi beragama." IQTIDA: Journal of Da'wah and Communication 1.2 (2021): 171-188.
Lestari, N. (2024). Optimalisasi Dakwah Di Era Modern Melalui Media Sosial. Qawwam : The Leader’s Writing, 5(1), 35–42.
Lestari, P. P., (2020) Dakwah Digitaluntuk Generasi Milenial Jurnal Dakwah, Vol. 21, No. 1Tahun 2020 .
Mardiana, R. "Daya tarik dakwah digital sebagai media dakwah untuk generasi milenial. Komunida: Media Komunikasi dan Dakwah, 10 (2), 148–158." 2020.
Nikmah, F. (2020). Digitalisasi Dan Tantangan Dakwah Di Era Milenial. Muẚṣarah: Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 2(1), 45.
Ridwan, A., (2022) Dakwah dan Digital Culture: Membangun Komunikasi Dakwah Di Era Digital, Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam, Vol 1 No. 1 UIN Sunan Djati Bandung.
Sari, F. A. (2020) Dakwah Online dan Perubahan Sosial di Era digital, Jurnal Pendidikan dan Konseling, Vol 4, No. 4, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai .
Srikandi, Melati Budi, S. I. Kom, and M. I. Kom. "Biografi Penulis." Transformasi Komunikasi Digital Menuju Indonesia Berkelanjutan: Komunikasi Digital Dan Dinamika Budaya (2025): 86.
Supriadi, D. "Inovasi Pembelajaran Pai Di Era Digital: Strategi Menumbuhkan Minat Belajar Gen-Z." Tadbiruna 4.2 (2025): 319-334.
Surbakti, A. F. M., Mutiawati, Ritonga, J. H., Membangun Koneksi Dengan Generasi Milenial: Strategi Dakwah Yang Efektif Dalam Era Digital UIN Sumatera Utara Medan Vol 2, No, 2, 2023.
Yusuf, F., Rahman, H., Rahmi, S., & Lismayani, A. (2023). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Komunikasi, Informasi, Dan Dokumentasi: Pendidikan Di Majelis Taklim Annur Sejahtera. JHP2M: Jurnal Hasil-Hasil Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2, 1–8.







