NARASI IBU KOTA NEGARA DI KALIMANTAN TIMUR PADA AKUN INSTAGRAM SHERLY ANNAVITA

  • Nadhila Shabrina Ghaisani UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Sitti Syahar Inayah UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
Keywords: narasi, instagram, ibu kota negara, Sherly Annavita

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu urgensi mengenai pemindahan Ibu Kota Negara di Kalimantan Timur pada akun instagram Sherly Annavita yang menuai pro dan kontra dari berbagai pihak. Mendeskripsikan bagaimana hasil narasi dari postingan video instagram Sherly Annavita dalam keputusan Presiden Joko Widodo mengenai pemindahan Ibu Kota Negara. Adapun metode penelitian yang digunakan ialah kualitatif dengan pendekatan deskriptif,dan jenis penelitian analisis naratif. Pada postingan video Sherly Annavita, peneliti menggunakan teori naratif dan teori Vladimir Propp. Hasil temuan yang diperoleh dari penelitian ini menyatakan bahwa terdapat aspek-aspek analisis naratif, meliputi: (1) Cerita dan Plot Narasi Postingan Sherly Annavita berupa gambaran umum. (2)Tahapan-tahapan Struktur Narasi postingan Sherly Annavita. (3) Adapun tujuh Fungsi Narasi dalam Struktur Narasi. Serta terdapat juga karakter dalam narasi Ibu Kota Negara di Kalimantan Timur pada postingan Instagram Sherly Annavita ialah meliputi Penyanggah (Sherly Annavita), Pengirim (Tim dari Program TV ILC), Pendukung (Presiden Joko Widodo), dan Penolong (Masyarakat Daerah). Perolehan oposisi biner dalam penelitian ini terdapat pihak penyanggah atau baik dan pihak pendukung atau buruk. Pemaparan hasil di atas menunjukkan bahwa yang tertuju pada pihak penyanggah atau baik ialah pemilik akun instagram Sherly Annavita, sedangkan pihak pendukung atau buruk tertuju pada Presiden Joko Widodo.

References

Adisasmita, Rahardjo dan Adisasmita, Sakti Adji. (2011). Logika Pemindahan Ibu Kota Jakarta. Yogyakarta: Garaha Ilmu.
Alyusi, S. D. (2019). Media sosial: Interaksi, identitas dan modal sosial. Prenada Media.
Anggito, Albi dan Setiawan, Johan. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Sukabumi: Jejak.
Anggito, Albi dan Setiawan, Johan. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Sukabumi: Jejak.
Anom, Erman. (2016). Pemerintah, Media dan Masyarakat di Indonesia. Yogyakarta: ANDI.
Biagi, Shirley. (2010). Media/Impact: Pengantar Media Massa. Jakarta: Salemba Humanika.
Cahyono, A. S. (2016). Pengaruh media sosial terhadap perubahan sosial masyarakat di Indonesia. Publiciana, 9(1), 140-157.
Campbell, S. D. (2016). The planner's triangle revisited: sustainability and the evolution of a planning ideal that can't stand still. Journal of the American Planning Association, 82(4), 388-397.
Daulay, Hamdan. (2016). Jurnalistik dan Kebebasan Pers. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Endraswara, Suwardi. (2006). Metode, Teori, Teknik, Penelitian Kebudayaan. Tangerang: Pustaka Widyatama.
Eriyanto. (2013). Analisis Naratif: Dasar-dasar dan Penerapannya dalam Analisis Teks Berita Media. Jakarta: Kencana.
Kusumalestari, R. R. (2015). Wajah Politik Indonesia Awal Tahun 2015 (Analisis Struktur Naratif Seymour Chatman Pada Laporan Utama Majalah Tempo Edisi 09 –15 Februari 2015). Prosiding Jurnalistik, 61-67.
Miles, B. Mathew dan Huberman, Michael. (1992). Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru. Jakarta: UIP.
Mirdad, Z. H. (2018). KEBERPIHAKAN MEDIA MASSA DALAM PENYAJIAN BERITA (Analisis Isi Berita Pro-Kontra Serangan Balasan USA ke Suriah pada Portal Berita Kompas. com dan Detik. com edisi 07-13 April 2017) (Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang)..
Nabila, Dhifa et.al. (2022). Peradaban Media Sosial di Era Industri 4.0. Malang: Citra Intrans Selaras.
Nasrullah, Rulli. (2015). Media Sosial. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Nurrahman, A. (2017). Agenda media tentang isu-isu agama terkait pemilihan kepala daerah (studi analisis isi pemberitaan tentang pemilihan kepala daerah di kompas. com dan liputan6. com) (Bachelor's thesis, Fakultas Ilmu dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta)..
Putri, W. S. R., Nurwati, N., & Budiarti, M. (2016). Pengaruh media sosial terhadap perilaku remaja. Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 3(1).
Rayhaniah, S. A. (2022). Semiotika Komunikasi.
Romli, Asep Syamsul M. (2016). Jurnalistik Praktis Untuk Pemula. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sarosa, Samiaji. (2012). Penelitian Kualitatif: Dasar-Dasar. Jakarta: Indeks.
Siyoto, Sandu dan Sodik, M.Ali. (2015). Dasar Metodelogi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.
Sobur, Alex. (2014). Komunikasi Naratif: Paradigma, Analisis, dan Aplikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Thomas, Robert Julia. (2006). The New Media Theory Reader. New York: Mc Graw-Hill.
Wardhany, Corry dan Morrisan. (2009). Teori Komunikasi. Bogor: Ghalia Indonesia.
Yahya, M. (2018). Pemindahan ibu kota negara maju dan sejahtera. Jurnal Studi Agama dan Masyarakat, 14(1), 21-30.
Yulisti, Isti. (2009). Feminimisme Dalam Kartun Anak-anak Shrek The Third (Studi Kualitatif Mengenai Feminisme dalam Film Kartun Anaka-anak Shrek The Third dengan menggunakan Analaisis Naratif). Bandung: Universitas Islam.

Website :
Andika Prasetia “Jokowi: Pemindahan Ibu Kota Dikonsultasikan ke DPR hingga Tokoh Masyarakat, Detik.com, diakses melalui https://news.detik.com/berita/jokowi-pemindahan-ibu-kota dikonsultasikan-ke-dpr hingga-tokoh-masyarakat pada 20 november 2019.
Fadhila, Almira. “Urgensi Pemindahan Ibu Kota dan RUU IKN.” Indonews.id. https://indonews.id/mobile/artikel/28151/Urgensi-Pemindahan-Ibu-Kota-dan-RUU-IKN/
http://tekno.kompas.com/read/2014/01/26/1404307, Diakses pada tanggal 2 Desember 2017.
Published
2023-02-26
How to Cite
Ghaisani, N., & Inayah, S. (2023). NARASI IBU KOTA NEGARA DI KALIMANTAN TIMUR PADA AKUN INSTAGRAM SHERLY ANNAVITA. Nubuwwah : Journal of Communication and Islamic Broadcasting, 1(01), 1-11. Retrieved from https://journal.uinsi.ac.id/index.php/Nubuwwah/article/view/6112