STRATEGI PENGEMASAN DAKWAH PADA AKUN INSTRAGRAM @DAKWAH_CAMP

  • Mohammad Rafinda Tri Saputra UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Yuni Nur Sholihah UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Rinta Yuana UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Firman Sidik UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
Keywords: Strategi, dakwah, instagram

Abstract

Berdakwah merupakan kegiatan yang selalu dilakukan oleh umat Islam secara sengaja
maupun tidak sengaja. Seperti pengertian dari berdakwah adalah mengajak. Berdakwah sering
kali diidentikkan dengan ulama, ustadz, atau para da’i. Perkembangan teknologi yang sangat
pesat membuat kegiatan dakwah tidak lagi hanya dilakukan secara tatap muka tetapi bisa juga
dilakukan secara daring. Hal ini sudah dibuktikan selama masa pandemi, di mana semua
kegiatan dilakukan secara daring. Kegiatan dakwah dilakukan melalui media, salah satunya
media sosial instagram sebagai sarana dakwah. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui
dan mendeskripsikan strategi pengemasan dakwah pada akun instagram @dakwah_camp.
Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif deskriptif, dengan mengumpulkan data
melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini
adalah POAC (planning, organizing, actuating, controlling). Hasil penelitian strategi
pengemasan dakwah pada akun @dakwah_camp, walaupun tidak 100% menggunakannya,
tetapi akun instagram @dakwah_camp sudah menerapkan sistem manajeman POAC itu
sendiri dengan baik. Terbukti dengan konten-konten yang mereka buat tetap mempertahankan
prinsip dan mengedepankan ide bersama.

References

Akbar, Khairul. (2021). Manajemen POAC pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus BDR di SMP Negeri 2 Praya Barat Daya). Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran. Vol. 7, No. 1
Aminudin, A. (2018). Media Dakwah. Al Munzir. 9(2). 192-210.
Dakhi, Yohannes. (2016). IMPLEMENTASI POAC TERHADAP KEGIATAN ORGANISASI DALAM MENCAPAI TUJUAN TERTENTU. Jurnal Warta Edisi : 50. 1829-7463
Hananindya Karina. (2022). STRATEGI PEMBUATAN KONTEN KREATIF INSTAGRAM YAUMI INDONESIA SEBAGAI SARANA DAKWAH. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia. 2548-1398
Karim, A. (STAIN K. (2016). Dakwah Melalui Media: Sebuah Tantangan Dan Peluang. At-Tabsyir, 4(1,Juni), 157–172
Luttrell, R. (2018). Social Media : How to engage, share, and connect. Rowman & Littlefield.
Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif. UIN Antasari Banjarmasin. 17(33), 81–95.
Roosaryatama, G. (2019). Penggunaan Media Sosial sebagai Sumber Informasi dalam Berita bagi Jurnalis Media Online (Studi Kasus pada Media Online Tribunnews.com) (Doctoral dissertation, Universitas Multimedia Nusantara).
Rustanto, Bambang. (2015),Penelitian Kualitatif Pekerjaan Sosial. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Suhandang, K. (2013). Ilmu Dakwah. Remaja Rosdakarya.
Terry, G. R. (2006). Asas-Asas Manajemen. Bandung: Aluni
Zahra, U. F., Sarbini, A., & Shodiqin, A. (2016). Media Sosial Instagram sebagai Media Dakwah. Tabligh: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam.
Published
2023-08-26
How to Cite
Tri Saputra, M., Sholihah, Y., Yuana, R., & Sidik, F. (2023). STRATEGI PENGEMASAN DAKWAH PADA AKUN INSTRAGRAM @DAKWAH_CAMP. Nubuwwah : Journal of Communication and Islamic Broadcasting, 1(02), 1-13. Retrieved from https://journal.uinsi.ac.id/index.php/Nubuwwah/article/view/6715