MINAT PENGGUNA TIKTOK TERHADAP KONTEN DAKWAH SEJARAH (ANALISIS SWOT PADA AKUN ISLAMONPOINT)

  • Gadang Satria Permana UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Ardani Ade Rizqullah UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Nurhalidah - UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Rama Aditya Wijaya UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
Keywords: Analisis SWOT, IslamOnPoint, Konten Dakwah Sejarah, Minat Pengguna, Tiktok

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis minat pengguna TikTok terhadap konten dakwah sejarah
yang disajikan oleh akun IslamOnPoint menggunakan metode analisis SWOT. Pendekatan kualitatif
digunakan dengan metode analisis deskriptif. Populasi sampel terdiri dari pengguna TikTok yang
memiliki minat terhadap konten Islami dan konten sejarah, dengan menggunakan purposive sampling.
Pengumpulan data dilakukan melalui observasi terhadap konten dakwah sejarah, wawancara dengan
pengguna TikTok yang merupakan pengikut akun IslamOnPoint, dan analisis SWOT berdasarkan data
yang dikumpulkan. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa kekuatan akun IslamOnPoint
terletak pada konten berfokus pada dakwah sejarah dan penggunaan format TikTok yang menarik.
Kelemahan yang ditemukan meliputi keterbatasan durasi video dan persaingan dengan konten populer.
Peluang yang dapat dimanfaatkan adalah tren peningkatan minat pada konten Islami dan kolaborasi
dengan kreator populer. Ancaman yang dihadapi meliputi konten negatif atau tidak benar seputar Islam,
perubahan algoritma TikTok, dan konten populer yang tidak sesuai dengan minat pengguna.

References

Abdullah, M. Q., & Mubarak, D. F. (2019). Strategi Dakwah dalam Merawat Pluralitas di Kalangan Remaja. Anida: Aktualisasi Nuansa Ilmu Dakwah, 19(2).

Asdar, Muhammad. (2020). Strategi Dakwah Di Era New Normal

Fahrurrozi, Faizah, dan Kadri. (2019). Ilmu Dakwah. 1st ed. Mataram : Prenadamedia Group.

Habibi, M. (2018) “Optimalisasi Dakwah Melalui Media Sosial Di Era Milenial.” Al-Hikmah : Jurnal Dakwah 12(1) : 101-116

Hariansyah. (2019). Millenials Bukan Generasi Micin. Bandung: Guepedia Publisher.

Ilaihi, W. (2010). Komunikasi dakwah. Remaja Rosdakarya.

Kade, I Gusti Agung Ayu. (2017). Media Sosial dan Demokrasi.Yogyakarta: Penerbit PolGov, 15

Kaplan, Andreas M., and Michael Haenlein. (2010). "Users of the world, unite! The challenges and opportunities of social media." Business horizons 53.1 : 59-68.

Marini, Riska. (2019). Pengaruh Media Sosial TikTok terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Di SMPN 1 Gunung Sugih Lab. Lampung Tengah.

Musthofa. (2016). Prinsip Dakwah Via Media Sosial. Aplikasi, Jurnal Aplikasi Ilmu Agama, 16(1).

Parhan, Muhammad, and Sarah Alifa. (2020). “Analisis Metode Baru Dakwah Hanan Attaki Di Era Konvergensi Media (Studi Deskriptif Pada Akun Instagram @hanan_attaki)” Komunida : Media Komunikasi dan Dakwah 10(2):175-96.

Pratiwi, A. E., Ufairah, N. N., & Sopiah, R. S. (2021) “Utilizing TikTok Application as Media for Learning English Pronunciation.” In International Conference on Education of Suryakancana (Iconnects Proceedings).

Rustandi, R., dan S Sahidin. (2019). “Analisis Historis Manajemen Dakwah Rosulullah Saw Dalam Piagam Madinah” Tamaddun : Jurnal Sejarah dan Kebudayaan Islam 7 (2) : 362-87.

Ummah, A. H. (2020). Dakwah Digital dan Generasi Milenial. Tasâmuh, 18, 54–78.

Wibowo, Adi (2019). ‘Penggunaan Media Sosial Sebagai Trend Media Dakwah Pendidikan Islam Di Era Digital’, 03.02 339–56.

Wibowo, Adi. (2019). “Penggunaan Media Sosial Sebagai Trend Media Dakwah Pendidikan Islam Di Era Digital.” Jurnal Islam Nusantara 03(02):339-356.

Published
2023-08-26
How to Cite
Permana, G., Rizqullah, A., -, N., & Wijaya, R. (2023). MINAT PENGGUNA TIKTOK TERHADAP KONTEN DAKWAH SEJARAH (ANALISIS SWOT PADA AKUN ISLAMONPOINT). Nubuwwah : Journal of Communication and Islamic Broadcasting, 1(02), 14-25. Retrieved from https://journal.uinsi.ac.id/index.php/Nubuwwah/article/view/6719