ANALISIS SWOT DAKWAH DI MEDIA SOSIAL (STUDI PADA PRAKTIKUM DAKWAH MAHASISWA UINSI SAMARINDA)
Abstract
Dakwah sebagai media komunikasi umat Islam untuk menyampaikan pesan-pesan amar ma’ruf nahi munkar yang sesuai dengan syari’at tentu sudah menjadi hal yang tidak asing di masyarakat. Dakwah masa kini telah mengalami transformasi yang signifikan seiring dengan kemajuan teknologi dan perubahan zaman. Media sosial telah memberikan kesempatan baru bagi para da’i untuk menjangkau khalayak yang lebih luas dan beragam. Tak dipungkiri trend berdakwah ini juga menimbulkan banyak tantangan yang dihadapi para da’i. Penulis tertarik meneliti tantangan dakwah di media sosial. Artikel ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengambilan data berupa wawancara dan dokumentasi. Dakwah di media sosial seperti Instagram dan TikTok menghadapi sejumlah tantangan, seperti kurangnya akuntabilitas sumber materi dakwah karena siapapun bisa memposting konten di platform tersebut. Untuk menyampaikan pesan dakwah di media sosial, da’i harus memastikan bahwa konten dakwah mereka didasarkan pada sumber yang otentik dan dapat dipercaya.
References
Adel, L. A. (2022). Diperoleh dari qubisa.com: https://www.qubisa.com/microlearning/faktor-penyebab-konten-masuk-ke-fyp-tiktok
Ahmad, J. (2000). Hundred Great Muslims. Jakarta: Pustaka Firdaus.
Amalia, H. (2019). Wacana Islamophobia di Media Massa. Medium: Jurnal Ilmiah Fakultas Ilmu Komunikasi, 73.
Arman, H. A. (2019). Dakwah di Era Digital: Peluang dan Tantangan. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Fatimah, F. N. (2020). Teknik Analisis SWOT. Yogyakarta: Anak Hebat Indonesia.
Bungo, S. (2014). Pendekatan Dakwah Kultural dalam Masyarakat Plural. Jurnal Dakwah Tabligh.
Calvert. (2019). TikTok, Sensasi Media Sosial Baru: Bagaimana TikTok Mempengaruhi Aktivisme Media Sosial dan Politik Amerika Serikat. Jurnal Pendidikan Literasi Media, 28 - 47.
Chien, H. (2020). TikTok on The Clock: Menelusuri Motivasi Pengguna, Kekhawatiran Privasi, dan Perilaku Perlindungan Privasi. Jurnal Telematika dan Informatika, 55.
Kurniawan, A. (2022). Diperoleh dari merdeka.com: https://www.merdeka.com/jabar/pengertian-dakwah-beserta-jenis-dan-kaedahnya-dalam-islam-kln.html
Mardiana, R. (2020). Daya Tarik Dakwah Digital sebagai Media Dakwah untuk Generasi Milenial. Komunida: Media Komunikasi dan Dakwah, 155.
Menit, D. V. (2022). CNN Indonesia. Diperoleh dari https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20220301172707-185-765518/durasi-video-tiktok-diperpanjang-maksimal-10-menit
Muhtar. (2023). Diperoleh dari UICI: https://uici.ac.id/ini-7-media-sosial-paling-banyak-digunakan-di-indonesia/
Mustajab, R. (2023). Diperoleh dari dataIndonesia.id: https://dataindonesia.id/internet/detail/indonesia-miliki-9717-juta-pengguna-instagram-hingga-akhir-2022
Nazreen, B. (2019). Resisting Islamophobia: Muslims Seeking American Intergration Through Spiritual Growth, Community Organizing, and Political Activism By Nazreen S. Bacchus. America: American Journal of Islam and Society, 2.
Zannettou, B. D. (2020). The Web Centipede: Memahami Bagaimana Komunitas Web Mempengaruhi Satu Sama Lain Melalui Lemsa Sumber Berita Utama dan Alternatif. Jurnal Telekomunikasi, 46.