DAKWAH MELALUI KONTEN HIBURAN (ANALISIS AKUN INSTAGRAM @NUNUZOO)

  • Jalia - UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Muhammad Ali Mubarok UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Muhammad Fadlullah Bilal UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Rilo Ihksan Fadil UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
Keywords: dakwah, komedi, media sosial

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan teknik analisis SWOT. Sumber data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dengan mengamati interaksi virtual antara pembuat konten dan audiens, dan data sekunder yang diperoleh dari buku, jurnal, dan dokumen terkait. Hasil penelitian ini mendeskripsikan kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dari akun @nunuzoo. Pemilik akun @nunuzoo Nurul Azka menggunakan Instagram sebagai sarana dakwah dengan membagikan video khotbah komedi lucu. Konten yang dibagikan juga mengikuti acara terkini dan menerima umpan balik positif dari pengikut. Penelitian ini menemukan bahwa konten komedi dakwah akun @nunuzoo mengandung pesan dakwah akhlak, aqidah dan syariah yang dibalut dengan unsur komedi. Wawasan dari menonton dua video dakwah dari akun @nunuzoo menunjukkan manfaat penyampaian pesan dakwah melalui konten komedi yang menghibur. Namun, penelitian ini juga menunjukkan adanya kelemahan dan tantangan dalam penyampaian konten kepada anak muda yang belum tertarik. Instagram sebagai media dakwah menawarkan peluang untuk menjangkau khalayak yang lebih luas, terutama di kalangan milenial dan generasi penerus yang aktif menggunakan media sosial. Kajian ini memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dalam mengkomunikasikan dakwah melalui konten komedi di platform Instagram. Hasil penelitian ini dapat menjadi tolok ukur pengembangan strategi dakwah yang lebih efektif di era digital.

References

Amin, M., & Santoso, P. (2019). Kreativitas Konten Dakwah di Media Sosial Instagram: Studi Analisis Akun @nunuzoo. Jurnal Ilmu Dakwah

Fitriana, I. (2021). Komunikasi Dakwah Melalui Humor: Analisis Konten Akun @Nunuzoo di Instagram. Malang : Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Hamka. (2008). Dakwah Islam. Jakarta : Bumi Aksaea.H

Hasmy, Ali. (2004). Dustur Dakwah Menurut Alqur’an. Jakarta : Bulan Bintang.

Isnaini, Afifah Nur Hidayah. (2018). Efektifitas Media Dakwah Pad Followers Akun Instagram @Nunuzoo Di Kalangan Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Yogyakarta : Universitas Islam Negri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Khairul. (2019). Pesan Dakwah Pada Episode Jangan Kecanduan Main Mobile Legend Akun Instagram @Nunuzo. Palangka Raya : Institut Agama Islam Negeri.

Kurniawan, A., & Nugraha, Y. (2016). Pemanfaatan Media Sosial Instagram dalam Dakwah: Studi Analisis Akun @nunuzoo. Jurnal Penelitian Agama dan Kemasyarakatan.

Pane, Hemas Praschua. (2019). Humor Dalam Dakwah (Analisis Isi Video Komedi Pada Akun @Nunuzoo). Surabaya : Universitas Islam Negeri Sunan Ampel.

Riyadi, Muhammad Wahyu. (2020). Video Instagram Sebagai Media Dakwah (Studi Akun @Shiftmedia.Id). Semarang : Universitas Islam Negeri Walisongo.

Setiawan, A., & Arifin, Z. (2018). Pengaruh Konten Humor dalam Dakwah di Media Sosial Instagram: Studi Kasus pada Akun @nunuzoo. Jurnal Penelitian Komunikasi dan Opini Publik.

Siska, Andi. (2020). Pesan-Pesan Dakwah Hanan Attaki Di Instagram, Bone : Institut Agama Islam Negeri Bone.

Sjahrir, H., & Nurhidayah, N. (2020). Strategi Komunikasi Humor dalam Dakwah di Media Sosial Instagram: Analisis Akun @nunuzoo. Jurnal Komunikasi Islam.

Wulandari, R., & Surya, H. (2017). Pengaruh Gaya Bahasa Humor dalam Dakwah di Media Sosial Instagram: Analisis Konten Akun @nunuzoo. Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam.

Yuliasih, Muzayyanah. (2021). Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Dakwah Bagi Generasi Millenial, Jurnal Da’wah.

Published
2023-08-26
How to Cite
-, J., Mubarok, M., Bilal, M., & Fadil, R. (2023). DAKWAH MELALUI KONTEN HIBURAN (ANALISIS AKUN INSTAGRAM @NUNUZOO). Nubuwwah : Journal of Communication and Islamic Broadcasting, 1(02), 26-36. Retrieved from https://journal.uinsi.ac.id/index.php/Nubuwwah/article/view/6728