REPRESENTASI METODE DAKWAH ISLAM (ANALISIS SEMIOTIKA PADA FILM BUYA HAMKA)
Abstract
Artikel jurnal ini ditulis untuk meneliti representasi metode dakwah yang diimplementasikan dalam film Buya Hamka. Agar lebih mudah memahaminya, peneliti fokus mengamati cuplikan scene pada trailer resmi film Buya Hamka yang berkaitan dengan metode dakwah Buya Hamka. Artikel ini menggunakan pendekatan kualitatif interpretatif. Peneliti berusaha menginterpretasikan data yang ditemukan dalam beberapa adegan menggunakan metode analisis semiotika Roland Barthes. Dengan mempelajari makna denotatif dan konotatif serta didukung dengan beberapa referensi ilmiah yang berkaitan, disimpulkan bahwa metode dakwah Buya Hamka adalah penerapan dari kandungan surah An-Nahl ayat 125. Film ini merepresentasikan keberhasilan metode dakwah Buya Hamka dengan Hikmah, Mauidzah Hasanah, dan Mujadalah.
References
Andi Fikra Pratiwi Afruddin, “Film sebagai Media Dakwah, dalam Jurnal Aqlam Journal of Islam and Plurality, edisi no. 2, Vol. II, 2017.
Ayu, R. (2022) “Representasi Pesan Dakwah Dalam Film ‘Tilik’ Melalui Pendekatan Roland Barthes.” Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung,
Destiara Anggita Putri, “Menilik Sinopsis Film Buya Hamka Beserta Fakta Menariknya”,https://katadata.co.id/amp/agung/lifestyle/642a8dd29ec46/menilik-sinopsis-film-buya-hamka-beserta-fakta-menariknya/.
Duyi. (2019). Inilah Macam-Macam Dakwah Dan Metodenya. https://sacict.net/macam-macam-dakwah/.
Ezalia, E., R, I. E., Elizabeth, G., My, W. A. N. H., Norhanim, A., Wahidah, A., Ym, C., Rahimah, A., Chin, J. G., Juliana, I., Hamid, A., Gunasagaran, K., Amir, J., John, P., Azmi, A., Mangantig, E., Hockham, C., Ekwattanakit, S., Bhatt, S., … Mary Anne Tan, J.-A. (2020). Karakteristik Dakwah Buya Hamka. In Orphanet Journal of Rare Diseases (Vol. 21, Nomor 1).
Fatah, A. (2019). Analisis Semiotika Rolland Barthes Tentang Ashabul Fiil. Al-Tadabbur: Jurnal Kajian Sosial, Peradaban dan Agama, 5(2).
Harryza, M. (2019). Pendidikan Akhlak Dalam Novel Di Bawah Lindungan Ka’bah Karya Hamka. Yayasan Pendidikan Islam Universitas Riau.
Hastini, L. Y., Fahmi, R., & Lukito, H. (2020). Apakah Pembelajaran Menggunakan Teknologi dapat Meningkatkan Literasi Manusia pada Generasi Z di Indonesia? Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA), 10(1), 12–28.
Husna, N. (2021). Metode Dakwah Islam Dalam Perspektif Al-Qur’an. Jurnal Selasar KPI : Referensi Media Komunikasi dan Dakwah, 1(1).
Ibrahim, H., Islam, U., & Dakwah, P. T. (2022). Pembaruan Dakwah Hamka : Islamisasi Diri , Pendidikan , dan Institusi. Al-Itqan : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman dan Studi Komparatif, 6.
Irfan, Sugandi, Wibowo, S. E. (2020). Representasi Pesan Moral Dalam Film Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck Extended. Ilmu Komunikasi, 8(4), 94.
Istiqomah. (2019). Metode dakwah dalam al-Quran surat Ali Imran 104 An-Nahl 125 dan Thaha ayat 43-44 menurut pandangan M. Quraish Shihab dan Hamka [skripsi].
Kusumo, R. (2022). Buya Hamka dan Perannya Ketika Memilih Bersahabat dengan Jepang. godnewsfromindonesia.id. https://www.goodnewsfromindonesia.id/2022/07/13/buya-hamka-dan-perannya-ketika-memilih-bersahabat-dengan-jepang.
Maghfira, G. A. (2023). Kisah Buya Hamka Ketika Dipenjara dan Difitnah, Ustadz Abdul Somad : Hamka Keras Berprinsip, Tapi Lunak Memaafkan. harianhaluan.com.
Mukminin, D. A. (2023). Resensi Film Buya Hamka, Perjalanan Hidup Sastrawan dan Ulama. ukhuwahnews.com. https://ukhuwahnews.com/resensi/resensi-film-buya-hamka-perjalanan-hidup-sastrawan-dan-ulama/.
MZM. (2021). Memahami Pesan dalam Surat Ar Ra’d ayat 11. Kumparan.com. https://kumparan.com/berita-update/memahami-pesan-dalam-surat-ar-rad-ayat-11-1x4OsJ11JZs/full.
Nurulita Danty Intan Pratiwi, & Ida Afidah. (2022). Analisis Semiotika Roland Barthes Pesan Dakwah dalam Film Merindu Cahaya De Amstel. Jurnal Riset Komunikasi Penyiaran Islam, 2(2).
Putri Kusumawati, S., Nihaya, atun, Nurhuda Avicena, H., & Alamsyah, D. (2022). Penyampaian Dakwah Islam di Media Sosial Bagi Generasi Z. Al-INSAN Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwah Islam , 3(1), 1–14.
Rismawati, Rahmawati, H., & Syamun. (2020). Representasi Nilai Dakwah Pada Film Ajari Aku Islam. Jurnal Washiyah, 1(3), 601–613.
Sukardi, W. A. (2023). Sejarah memanusiakan manusia Buya Hamka. antarababel. https://babel.antaranews.com/berita/348960/sejarah-memanusiakan-manusia-buya-hamka.
Wahab, A., & Nafi’ah, N. ’Ainin. (2020). Analisis Metode Dakwah Dalam Film Ayat-Ayat Cinta 2. An-Nida : Jurnal Komunikasi Islam, 12(1), 67–73.
Widyananda, R. . (2020). Pengertian Gen Z serta Karakteristiknya. Pendidikan, 1. https://www.merdeka.com/jatim/pengertian-gen-z-serta-karakteristiknya-ketahui-agar-tak-keliru kln.html%0Ahttps://www.merdeka.com/jatim/pengertian-gen-z-serta-karakteristiknya-ketahui-agar-tak-keliru-kln.html?page=2.
Zazin, N., & Zaim, M. (2020). Media Pembelajaran Agama Islam Berbasis Media Sosial Pada Generasi-Z. Proceeding Antasari International Conference, 1(1), 534–563.
Zis, S. F., Effendi, N., & Roem, E. R. (2021). Perubahan Perilaku Komunikasi Generasi Milenial dan Generasi Z di Era Digital. Satwika : Kajian Ilmu Budaya dan Perubahan Sosial, 5(1), 69–87.