PENGGUNAAN MEDIA BARU SEBAGAI PERSONAL BRANDING DALAM UPAYA PENGEMBANGAN KARIR

  • Noor Fatjriansyah Ramadani UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Bagus Setiawan UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Melisa Ref’ni Al-Khalifi UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
Keywords: penggunaan media baru, personal branding, perkembangan karir

Abstract

Media sosial adalah suatu platform daring yang memberikan kesempatan kepada pengguna untuk mengekspresikan diri, berinteraksi, berkomunikasi, berkolaborasi, dan membentuk hubungan virtual dengan pengguna lainnya. Penelitian ini bertujuan agar diharapkan individu dapat dengan mudah mengelola dan mendistribusikan konten-konten yang mencerminkan identitas mereka. Penggunaan foto, video, artikel, dan bahkan meme dapat membentuk citra personal yang unik dan menarik. Selain itu, interaksi aktif dengan pengikut, partisipasi dalam berbagai diskusi online, dan kolaborasi dengan sesama profesional juga dapat memperkuat daya tarik personal branding. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sesuai dengan yang menekankan perhatian pada prinsip umum yang mendasari pola atau gejala kehidupan manusia. Hasil Penelitian ini menyatakan bahwa pemanfaatan media baru oleh narasumber mencerminkan upaya yang efektif dalam mengelola personal branding untuk mendukung pengembangan karirnya. Narasumber berhasil membangun citra profesional yang kuat melalui konten kuliner yang unik dan kreatif. Meskipun dihadapkan pada beberapa tantangan teknis, pengguna tetap mampu mempertahankan daya tarik dan kualitas kontennya.

References

Afrilia, A. M. (2018). Personal Branding Remaja di Era Digital. Mediator: Jurnal Komunikasi, 11(1),
Asmar, A. (2020). Ekspresi Keberagaman Online: Media Baru Dan Dakwah. Jurnal Ilmu Dakwah, 40(1).
Bahri, S., & Nisa, Y. C. (2017). Pengaruh pengembangan karir dan motivasi kerja terhadap kepuasan kerja karyawan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis
Buana, T., & Maharani, D. (2020). Penggunaan Aplikasi Tik Tok (Versi Terbaru) dan Kreativitas Anak. Jurnal Inovasi, 14(1).
Damayanti, R. (2018). Diksi Dan Gaya Bahasa Dalam Media Sosial Instagram.
Debra Ruth, Pengaruh Motif Penggunaan Media Baru Tiktok Terhadap Personal Branding Generasi Milenial di Instagram, dalam Jurnal Untar, edisi No. II, Vol IV.
Dinata, C., & Aulia, S. (2022). Analisis Personal Branding Content Creator TikTok@ claramonica. Kiwari, 1(1), 156-163.
Febriana, E. M. P. P. Analisis Media Baru Tiktok sebagai Personal Branding (Studi Deskriptif Kualitatif pada Akun Tiktok@ Vmuliana) Tiktok New Media Analysis as Personal branding (Qualitative Description Study on Tiktok Account@ Vmuliana).
Hutamy, E. T., Swartika, F., Alisyahbana, A. N. Q. A., Arisah, N., & Hasan, M. (2021). Persepsi Peserta Didik Terhadap Pemanfaatan Tik Tok Sebagai Media Pembelajaran.) Kadarisman (2013). Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia, Edisi 1. Jakarta :
Rajawali Pers.
Mahendra, B. (2017). Eksistensi sosial remaja dalam Instagram (sebuah perspektif komunikasi). Jurnal Visi Komunikasi, 16(1).
Nasrullah, R. (2015). Perspektif Komunikasi, Budaya, Dan Sosioteknologi. Jakarta: Simbiosa Rekatama Media. Prenamedia Group. Rosdakarya.
Putri, P. K. (2016). Aplikasi pendekatan-pendekatan persuasif pada riset komunikasi pemasaran: iklan melibatkan penciptaan dan penerimaan pesan komunikasi persuasif mengubah perilaku pembelian. Jurnal The Messenger, 8(1), 1-16.
Rohimah, A. (2018). Era Digitalisasi Media Pemasaran Online Dalam Gugurnya Pasar Ritel Konvensional. KANAL: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(2),
Sari, Yuningsih Hanum (2018) Analisis Personal Branding Gany Rahman Melalui Media SosialInstagram.BinusUniversityhttps://library.binus.ac.id/Thesis/RelatedSubject/20 18-1-00425
Soraya, I. (2017). Personal Branding Laudya Cynthia Bella Melalui Instagram (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Akun Instagram@ Bandungmakuta). Jurnal Komunikasi, 8(2).
Published
2024-02-01
How to Cite
Ramadani, N., Setiawan, B., & Al-Khalifi, M. (2024). PENGGUNAAN MEDIA BARU SEBAGAI PERSONAL BRANDING DALAM UPAYA PENGEMBANGAN KARIR. Nubuwwah : Journal of Communication and Islamic Broadcasting, 2(01), 59-73. Retrieved from https://journal.uinsi.ac.id/index.php/Nubuwwah/article/view/8070