FLEXING MELALUI INSTAGRAM (STUDI PADA PERSEPSI MAHASISWA UNSI SAMARINDA)

  • Raka Rizq Ramadhan UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Nanik Indarwati UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Nabillah H UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
Keywords: flexing, instagram, persepsi mahasiswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji persepsi mahasiswa UINSI Samarinda terkait fenomena “flexing melalui instagram”. Dewasa ini budaya flexing tengah melanda manusia melewati sosial media. Flexing sendiri mempunyai arti yaitu menunjukkan sesuatu yang bermaksud untuk memamerkan kemewahan supaya mendapatkan pengakuan dari khalayak ataupun demi eksistensi. Flexing juga merujuk pada perilaku menampilkan prestasi mereka secara berlebihan. Peristiwa flexing yang timbul tak lepas dari media sosial seperti Instagram yang membuat orang tertarik untuk mengekspos diri dan mendapatkan pengakuan. Penelitian ini juga untuk mengkaji persepsi mahasiswa UINSI Samarinda terhadap flexing melalui Instagram. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dan Teknik data sekunder untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari beberapa mahasiswa UINSI Samarinda mereka masih beranggapan bahwasannya antara mereka sulit membedakan antara flexing dengan personal branding. sehingga mereka memiliki kecendrungan terhadap perilaku flexing dan mereka melakukannya dalam berbagai bentuk, seperti mengunggah video atau foto yang menampilkan kekayaan mereka. Dari penelitian ini kita dapat menyimpulkan bahwa persepsi mahasiswa UINSI Samarinda terhadap flexing melalui Instagram sangat positif, dan mereka melakukannya dalam berbagai bentuk untuk menunjukkan kekayaan dan prestasi mereka.

References

Adinda, K. (2023). Flexing di Instagram: Antara Narsisisme dan Benefit. EMIK : Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Sosial .
Adjiwibowo, A. D., Fauziah, A. Z., Nurlayna, F., Loen, H. S., & Humaira, J. A. (2023). Fenomena Flexing dan Fomo di Instagram: Persepsi Generasi Z terhadap Akun Instagram @siscakohl, @zhafiraiha, dan @Jeromepolin. Jurnal Interaksi Sosiologi.
Aeni, D., Busro, & Fikra , H. (2023). Analysis of the Flexing Phenomenon in Social Media from a Hadith Perspective with a Psychological Approach. SYAIKHUNA : Jurnal Pendidikan dan Pranata Islam STAI Syichona Moh. Cholil Bangkalan.
Atmoko, B. D. (2012). Handbook Instagram. Jakarta: Media Kita.
Darmalaksana, W. (2022). Studi Flexing dalam Pandangan Hadis dengan Metode Tematik dan Analisis Etika Media Sosial. Gunung Djati Conference Series.
Hafidz, J. (2022). Fenomena Flexing di Media Sosial dalam Aspek Hukum Pidana. Jurnal Cakrawala Informasi.
Herman. (2023). PRAKTIK KOMUNIKASI FLEXING PUBLIK DI MEDIA. Jurnal Akbar
Juara.
Khayati, N., Apriliyanti, D., Sudiana, V. N., Setiawan, A., & Pramono, D. (2022). Fenomena Flexing Di Media Sosial Sebagai Ajang Pengakuan Kelas Sosial Dengan Kajian Teori Fungsionalisme Struktural. Jurnal Sosialisasi.
Mardiah, A. (2022). Fenomena Flexing: Pamer di Media Sosial dalam Persfektif Etika Islam.
International Conference on tradition and Religious Stuides.
Pohan, S., Munawwarah, P., & Sinuraya, J. S. (2023). Fenomena Flexing Di Media Sosial Dalam Menaikkan Popularitas Diri Sebagai Gaya Hidup. Jurnal Ilmu Komunikasi dan Media Sosial.
Pramuda, M. A., Wibowo, T. O., Indriani, M., Rahman, M. A., & Syafuddin, K. (2023). Flexing In Social Media: Between Confession And Conflict In An Islamic Perspective. Journal o Islamic Comunication.
Rosida, I., Az Zahra, F., Tuzzahrah, F., & Azzahrah, S. (2023). Flexing culture in the age of social media: From social recognition to self-satisfaction. Simulacra.
Salam, R., & Sundari, D. (2023). Pengaruh Flexing Di Sosial Media Dalam Perspektif Islam. AlSharf : Jurnal Ekonomi Islam.
Sari, P., Pautina, M. R., Lakadjo, M. A., Ardhian, N. L., & Prasetyo, A. (2023). Pandangan Teori Kebutuhan Dasar Abraham Maslow dan Willian Glasser tentang Fenomena Flexing.
Jambura Guidance and Counseling Journal.
Solikhah, P. (2023). The effect of flexing and personal branding on social media on the lifestyle of milenial Islamic students in Yogyakarta Indonesia. Nusantara Islamic Economic Journal.
Suryana, E., Lestari, A., & Harto, K. (2022). Teori Pemrosesan Informasi Dan Implikasi Dalam Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Mandala Education.
Published
2024-02-01
How to Cite
Ramadhan, R., Indarwati, N., & H, N. (2024). FLEXING MELALUI INSTAGRAM (STUDI PADA PERSEPSI MAHASISWA UNSI SAMARINDA). Nubuwwah : Journal of Communication and Islamic Broadcasting, 2(01), 74-90. Retrieved from https://journal.uinsi.ac.id/index.php/Nubuwwah/article/view/8103