ANALISIS IKLAN PINJAMAN ONLINE DALAM MEMPENGARUHI POLA PIKIR KONSUMEN
Abstract
Teknologi semakin berkembang dalam era digital saat ini, bermacam-macam sektor kehidupan manusia sudah dimasuki oleh banyak produk teknologi yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya. Banyak perusahaan yang bergerak dibidang keuangan memanfaatkan perkembangan teknologi ini untuk memberikan kemudahan bagi para nasabahnya dalam bertransaksi. Salah satunya adalah munculnya layanan pinjaman online. Dengan menganalisis salah satu aplikasi penyedia jasa pinjaman online yaitu easycash. Pendekatan penelitian yang dipergunakan ialah pendekatan kualitatif serta penelitian pustaka. Hasil yang diperoleh, bahwa pinjaman online, merupakan sebuah bantuan finansial yang dikeluarkan oleh suatu lembaga keuangan yang beroperasi secara online. Selain itu, ada beberapa cara yang digunakan easycash untuk menyebarkan serta mempromosikan easycash dengan memanfaatkan media sosial dan game online sebagai sarana untuk mempromosikan jasa pinjaman online yang disediakan oleh easycash. Dari dua hal tersebut, diketahui bahwa iklan pinjaman online memiliki pengaruh yang besar terhadap pola pikir konsumen, dengan menampilkan gaya hidup sehari-hari dan menampilkan iklan tersebut secara terus- menerus. Kedua model iklan tersebut mempengaruhi pola pikir konsumen lewat tawaran kemudahan dan tanpa ada bunga pengembalian.
References
Cermati. (2023). Fitur Utama Easycash. Cermati.Com. https://www.cermati.com/pinjaman-kilat/easycash
Darwin. (2022). Ketahui Apa Itu Pinjaman Online di Sini! 20 Juni. https://www.julo.co.id/blog/apa-itu-pinjaman-online Easycash. (2023). Company History. Easycash.Id. https://easycash.id/about/us/management
Fajri, D. L. (2022). Studi Pustaka Adalah Referensi Penelitian, Ini Penjelasan Lengkapnya Artikel ini telah tayang di Katadata.co.id dengan judul “Studi Pustaka Adalah Referensi Penelitian, Ini Penjelasan Lengkapnya” ,https://katadata.co.id/agung/berita/62e773e3da762/studi-p. Katadata.Co.Id. https://katadata.co.id/agung/berita/62e773e3da762/studi-pustaka-adalahreferensi-penelitian-ini-penjelasan-lengkapnya
Hidayat, A. (n.d.). Penelitian Kualitatif (Metode): Penjelasan Lengkap. Statistikian.Com. https://www.statistikian.com/2012/10/penelitian-
kualitatif.html?amp
Isna Rifka Sri Rahayu, A. M. P. (2022). Iklan Pinjol Ajak Konsumen Berutang demi Gaya Hidup, OJK: Kami Terus Pantau. 19 Desember. https://money.kompas.com/read/2022/12/19/161000826/iklan-pinjol-ajakkonsumen-berutang-demi-gaya-hidup-ojk-kami-terus-pantau?page=all
Muhammad, M. M. (2020). Pengaruh Iklan Aplikasi Fintech Kredivo Terhadap Keputusan Pembelian Skripsi. Corporate Governance (Bingley), 10(1), 54–75.
Prawiro, M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif: Pengertian, Tujuan, Karakteristik, dan Jenisnya. Maxmanroe.Com. https://www.maxmanroe.com/vid/umum/penelitian-kualitatif.html.
Putra, D. A. K. (2022). Karakteristik Verba Dan Adjektiva Dalam Iklan Aplikasi Pinjaman Online. Adabiyyāt: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 6(1), 42. https://doi.org/10.14421/ajbs.2022.06103
Quiserto, R. (2021). Pinjaman EasyCash Review (2023) Apa Aman, Kelebihan Kekurangan. Duwitmu.Com. https://duwitmu.com/pinjaman-online/pinjamaneasycash-online-dana-tunai-izin-ojk
Ramli, M., Apriyanto, M., Azhar, A., Puspitasari, F., Novyar, S. F. K., & Fikri. (2023).
PaKMas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Dampak Konsumen Terhadap
Pinjaman Online (PINJOL). PaKMas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 3(1), 52–58. https://doi.org/10.54259/pakmas.v3i1.1638
Salehuddin, I. (2023). Bagaimana pinjol menjerat anak muda lewat mobile games. 11 Mei. https://theconversation.com/bagaimana-pinjol-menjerat-anak-muda-lewatmobile-games-205287
Septianita, B. (2021). Merasa Dirugikan oleh Pinjol Easy Cash dan Petugas CS yang Tidak Ramah. Mediakonsumen.Com.
https://mediakonsumen.com/2021/11/26/surat-pembaca/merasa-dirugikan-olehpinjol-easy-cash-dan-petugas-cs-yang-tidak-ramah
Triasih, D., Muryati, D. T., & Nuswanto, A. H. (2021). Perlindungan Hukum bagi Konsumen dalam Perjanjian Pinjaman Online. Seminar Nasional Hukum
Universitas Negeri Semarang , 7(2), 591-608. https://doi.org/10.15294/snhunnes.v7i2.732