CHANNEL YOUTUBE UMAR & HANNA SEBAGAI EDUKASI ANAK (ANALISIS PERSPEKTIF IBU MUDA DI SAMARINDA)

  • Aqilatul Munawaroh Khoiriyah UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Fairuz Phinasthika Syafira UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Mayang Wulan UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Fahira Iritifaur Rizki Ali UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
Keywords: pendidikan YouTube, konten animasi anak, perspektif ibu muda

Abstract

Penelitian ini menyoroti pandangan ibu muda di Samarinda terhadap Channel YouTube "Umar & Hanna sebagai Edukasi Anak." Dalam era animasi YouTube, anak-anak aktif mengeksplorasi konten animasi dengan potensi pembelajaran interaktif dan nilai moral positif. Channel ini dianggap sebagai solusi pendidikan di era digital, menyajikan edukasi yang sesuai dengan tuntutan zaman dan nilai-nilai tradisional. Penelitian ini membahas kebutuhan edukasi anak-anak, persepsi terhadap konten animasi, serta dampak dan solusi yang diberikan dalam konteks lokal di Samarinda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode fenomenologi. Hasil penelitian ini mengeksplorasi persepsi ibu muda di Samarinda terhadap Channel YouTube "Umar & Hanna." Durasi video singkat menjadi daya tarik utama. Konten melibatkan aspek keagamaan, moral, sosial, dan karakter. Anak-anak menunjukkan ketertarikan tinggi dan mengekspresikan kreativitas setelah menonton. Hasilnya memperkuat bahwa "Umar & Hanna" bukan hanya hiburan tetapi juga alat pendidikan positif bagi anak-anak. Rekomendasi pengembangan konten termasuk inovasi cerita, perbaikan grafis, dan peningkatan materi keagamaan. Penelitian menunjukkan bahwa Channel YouTube "Umar & Hanna" berdampak positif sebagai sumber hiburan dan pendidikan bagi anak-anak. Video singkat menarik minat dengan menyampaikan nilai-nilai keagamaan dan moral. Rekomendasi melibatkan inovasi konten untuk meningkatkan kualitas visual dan materi keagamaan.

References

Adilla, A. (2022). Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Bagi Anak Dalam Film Kartun Animasi Omar dan Hana. An-Nuha: Jurnal Pendidikan Islam, 2(3), 463–478. http://annuha.ppj.unp.ac.id
Dewi Arini, W., & Helmi Baharauddin, B. (2022). ANALISIS NILAI-NILAI RELIGIUS DALAM FILM OMAR & HANA. TRANSFORMASI Jurnal Kepemimpinan & Pendidikan Islam, 5(2), 130–170.
Hermawan, I. (2019). Metodologi penelitian pendidikan (kualitatif, kuantitatif dan mixed method). Hidayatul Quran.
Indah, wulan S. (2022). Analisis Pesan Dakwah dalam Tayangan Kartun Omar dan Hana. At Tabsyir Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam IAIN Kudus, 9(1), 73–88.
Julia, M. (2021). PENGARUH MENONTON FILM ANIMASI OMAR DAN HANA TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN KEAGAMAAN ANAK DI KELURAHAN GROGOL UTARA JAKARTA SELATAN.
Khairunnisa, F. (2023). KEBUDAYAAN ISLAM DALAM SERIAL ANIMASI OMAR DAN HANA DI YOUTUBE [Skripsi]. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Mahmud, N., Arifin, A. A., & Tomia, M. (2020). Analisis Perkembangan Bahasa Anak Melalui Media Pembelajaran Video Interaktif Kelompok A Di TK Al-Khairat Skep Kota Ternate Tengah. Jurnal Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 1–14.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook. sage.
Muning, O., Pendidikan Guru, S., & Dasar, S. (2019). Film Animasi “Nussa dan Rara Episode Baik Itu Mudah” sebagai Sarana Penanaman Karakter pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 8(2), 164–171.
Nor Athirah, S. B., Nur Izzati, J. J., & Syed Najhuddin, H. S. (2023). ANIMASI “OMAR & HANA” SEBAGAI MEDIUM PENYEBARAN GAYA HIDUP ISLAM KEPADA KANAK-KANAK. Jurnal Penyelidikan Islam Dan Kontemporari, 6, 29–41. https://doi.org/10.55573/JOIRC.061103
Putra, A., & Patmaningrum, D. A. (2018). Pengaruh Youtube di Smartphone Terhadap Perkembangan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Anak. Jurnal Penelitian Komunikasi, 21(2), 159–172. https://doi.org/10.20422/jpk.v21i2.589
Putri, E. W., Kunci, K., Dakwah, :, Hana, O. &, Imam, A. L., & Dakwah, J. M. (2022). Analisis Konten Dakwah dalam Channel Youtube Omar & Hana Islamic Cartoons for Kids pada Awal Ramadhan 1443 H. AL IMAM Jurnal Manajemen Dakwah, 5(1), 1–9. https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/alimam/index
Rahmayanti, R. D., Yarno, Y., & Hermoyo, R. P. (2021). Pendidikan karakter dalam film animasi Riko The Series produksi garis sepuluh. KEMBARA Journal of Scientific Language Literature and Teaching, 7(1). https://doi.org/10.22219/kembara.v7i1.15139
Umrah, Us. Djuko, R., & Juniarti, Y. (2023). Pengaruh Youtube Terhadap Perilaku Sopan Santun Anak Usia 5-6 Tahun di TK Negeri Pembina KI Hajar Dewantoro Kecamatan Dungingi Kota Gorontalo. Jurnal Pelita PAUD, 7(2), 416–422. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v7i2.2962
Wardani, N. A., Hasanah, L., Farichah, A., Safitri, I., Putri ’, N., & Wardah, A. (2023). Nilai Moral dalam Film Kartun Animasi Omar dan Hana. Jurnal Ilmiah PESONA PAUD, 10(1). http://ejournal.unp.ac.id/index.php/paud/index
Yusliani, H., & Rosnidarwati. (2021). PEMANFAATAN ANIMASI NUSSA DAN RARA SEBAGAI MEDIA PEMBINAAN KARAKTER ANAK DI DESA LAMDINGIN BANDA ACEH. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3).
Published
2024-02-01
How to Cite
Khoiriyah, A., Syafira, F., Wulan, M., & Rizki Ali, F. (2024). CHANNEL YOUTUBE UMAR & HANNA SEBAGAI EDUKASI ANAK (ANALISIS PERSPEKTIF IBU MUDA DI SAMARINDA). Nubuwwah : Journal of Communication and Islamic Broadcasting, 2(01), 107-121. Retrieved from https://journal.uinsi.ac.id/index.php/Nubuwwah/article/view/8117