Internalisasi Prinsip Dakwah Multikultural dalam Pembelajaran Islam dan Moderasi Beragama: Studi Kasus pada Mahasiswa KPI Universitas Samarinda
Abstract
Studi ini mendalami internalisasi prinsip dakwah multikultural dan moderasi
beragama di kalangan mahasiswa Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
(KPI) Universitas Samarinda. Pendekatan kualitatif digunakan dengan
mendasarkan pada landasan teori dari penelitian terkait. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa mahasiswa KPI mampu menginternalisasi nilai-nilai moderasi
beragama melalui partisipasi aktif dalam kegiatan akademik yang mempromosikan
dialog antaragama dan toleransi. Kurikulum dan metode pembelajaran di KPI
Universitas Samarinda berperan penting dalam mendukung proses ini dengan
mengintegrasikan aspek moderasi beragama dalam pengajaran Islam. Mahasiswa
juga mampu mengimplementasikan nilai-nilai ini dalam kehidupan sehari-hari di
luar kampus, mencerminkan kontribusi positif dari pendidikan moderasi beragama.
Temuan ini memberikan gambaran yang komprehensif tentang peran pendidikan
tinggi Islam dalam membentuk generasi muda yang toleran dan inklusif dalam
masyarakat multikultural.
References
Internalisasi Moderasi Beragama Perspektif KH. Djamaluddin Ahmad.
Jurnal Ilmu Agama: Mengkaji Doktrin, Pemikiran, dan Fenomena Agama,
24(2), 215-227.
Anwar, A. S., Leo, K., Ruswandi, U., & Erihadiana, M. (2022). Internalisasi Nilai
Nilai Moderasi Beragama Abad 21 Melalui Media Sosial. JIIP-Jurnal
Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(8), 3044-3052.
Arifin, S. (2023). Internalisasi Moderasi Beragama dalam Kurikulum Pesantren.
EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(2), 1991-1998.
8
Budiman, A. (2020). Internalisasi Nilai-Nilai Agama Di Sekolah Dalam
Menumbuhkan Moderasi Beragama (Studi Kasus SMA Negeri 6 Kota
Tangerang Selatan, Banten, Indonesia) (Master's thesis, Jakarta: FITK UIN
Syarif Hidayatullah Jakarta).
Firdiansyah, F., & Hendrawati, T. (2023). INTERNALISASI NILAI-NILAI
MODERASI BERAGAMA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN
AGAMA ISLAM MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING.
At-Tajdid: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 7(2), 292-303.
Hanafi, Y., Hadiyanto, A., Abdussalam, A., Munir, M., Hermawan, W., Suhendar,
W. Q., ... & Yani, M. T. (2022). Internalisasi nilai-nilai moderasi beragama
dalam perkuliahan pendidikan agama Islam pada perguruan tinggi umum.
Delta Pijar Khatulistiwa.
Hidayati, A. (2020). Internalisasi nilai moderasi beragama melalui pendidikan
agama Islam untuk para Z generation. guepedia.
Juhaeriyah, S., Jamaludin, U., & Ilmiaah, W. (2022). Internalisasi nilai moderasi
beragama sebagai upaya pencegahan radikalisme pada santri di pondok
pesantren al-qur’an ath-thabraniyyah. Pendekar: Jurnal Pendidikan
Berkarakter, 5(1), 21-26.
Khotimah, H. (2020). Internalisasi Moderasi Beragama Dalam Kurikulum
Pesantren. Rabbani: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 62-68.
Kusnawan, A., & Rustandi, R. (2021). Menemukan Moderasi Beragama dalam
Kaderisasi Dakwah: Kajian pada Pemuda Persatuan Islam Jawa Barat.
NALAR: Jurnal Peradaban dan Pemikiran Islam, 5(1), 41-61.
Lessy, Z., Widiawati, A., Himawan, D. A. U., Alfiyaturrahmah, F., & Salsabila, K.
(2022). Implementasi Moderasi Beragama Di Lingkungan Sekolah Dasar.
Paedagogie: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 3(02), 137-148.
Lutfiyani, L., & Ashoumi, H. (2022). Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama
Melalui Pembelajaran Aswaja dan Implementasinya Terhadap Sikap Anti
Radikalisme Mahasiswa. Dar el-Ilmi: jurnal studi keagamaan, pendidikan
dan humaniora, 9(2), 1-26.
Muhtarom, A., Fuad, S., & Latif, T. (2020). Moderasi beragama: konsep, nilai, dan
strategi pengembangannya di pesantren. Yayasan Talibuana Nusantara.
Nashohah, I. (2021). Internalisasi Nilai Moderasi Beragama melalui Pendidikan
Penguatan Karakter dalam Masyarakat Heterogen. Prosiding Nasional, 4,
127-146.
Nurhidin, E. (2021). Strategi Implementasi Moderasi Beragama M. Quraish Shihab
Dalam Pengembangan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Kuttab:
Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 5(2), 115-129.
Rahmat, A. (2023). Internalisasi Moderasi Beragama dalam Pendidikan Agama
Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 55-66.
Rosyada, H. (2022). Internalisasi nilai-nilai moderasi beragama dalam
pembelajaran PAI di sekolah. Al-Khos: Jurnal Pendidikan Agama Islam,
2(2), 55-64.
Shobah, R. N. F. (2021). Ketahanan Moderasi Beragama melalui Internalisasi Nilai
Sosial Pesantren. Prosiding Nasional, 4, 287-296.
Suryanto, D. (2023). Internalisasi Nilai Moderasi Beragama Pada Kurikulum
Pendidikan Agama Islam Di Perguruan Tinggi Kota Dumai (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM
RIAU).
Werdiningsih, W., & Umah, R. Y. H. (2022, April). Internalisasi Nilai Moderasi
Beragama di Sekolah Melalui Ekskul Rohis. In Proceedings of Annual
Conference for Muslim Scholars (Vol. 6, No. 1, pp. 146-155).