URGENSI PENGUATAN MODERASI BERAGAMA DALAM MENGHADAPI PERANG PEMIKIRAN DI MEDIA (STUDI PADA PERSPEKTIF DOSEN UINSI SAMARINDA)
Abstract
Di era digital yang serba cepat, media menjadi arena interaksi dan persaingan berbagai ideologi, termasuk dalam konteks keagamaan. Media tidak hanya berfungsi sebagai saluran informasi,tetapi juga memiliki peran strategis dalam membentuk opini publik dan menyebarkan nilai-nilai moderasi beragama guna meredam perang pemikiran, terutama di media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis urgensi penguatan moderasi beragama dalam menghadapi tantangan perang pemikiran di media, serta merumuskan strategi yang dapat diterapkan untuk memperkuatnya. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini berfokus pada dosen UINSI Samarindasebagai subjek, dengan data utama diperoleh melalui wawancara dan data sekunder dari literatur yang relevan. Analisis data dilakukan melalui tiga tahap: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan serta verifikasi. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam mengenai pentingnya moderasi beragama di ruang publik digital, sekaligus menawarkan strategi yang aplikatif dalam memperkuat nilai-nilai moderasi dalam media yang semakin terintegrasi dengan teknologi.
References
Ardhana, A. I., & ... (2023). Peran Perempuan Dalam Mewujudkan Moderasi Beragama.
TA’LIM: Jurnal …, 2(1), 9–14.
Engkos Kosasih. (2019). Literasi Media Sosial dalam Pemasyarakatan Sikap Moderasi Beragama. Jurnal Bimas Islam, 12(1), 263–296.
Fitriani, F. (2022). Integrasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Persektif Al-Quran Melalui Penguatan Literasi Media. Al-Fikri: Jurnal Studi Dan Penelitian Pendidikan Islam, 4(2), 97–106. https://doi.org/10.30659/jspi.v4i2.18988
Hakim, Z., & Nurasiah, Y. (2023). Moderasi Beragama Berbasis Masjid. HAWARI : Jurnal Pendidikan Agama Dan Keagamaan Islam, 3(2), 193–204. https://doi.org/10.35706/hw.v3i2.8716
Hamdi, S., Munawarah, M., & Hamidah, H. (2021). Revitalisasi Syiar Moderasi Beragama di Media Sosial: Gaungkan Konten Moderasi untuk Membangun Harmonisasi. Intizar, 27(1), 1–15. https://doi.org/10.19109/intizar.v27i1.8191
Harahap, S. W. (2024). Book Chapter of Proceedings Journey-Liaison Academia and Society Moderasi Beragama dalam Berbangsa dan Bernegara di Indonesia Religious Moderation in the Nation and State in Indonesia. 3(1), 350–359.
Irwan Wibisono. (2022). Kampanye Moderasi Beragama di Instagram: Studi Narasi Lukman Hakim Saifuddin dan Yaqut Cholil Qoumas. International Conference on Cultures and Languages (ICCL), 120–131.
Jaharudin. (2021). Penyuluhan Sayuran Hijau Menggunakan teknik Aquaponik untuk Meningkatkan Gizi Masyarakat Kampung Maibo. Abdimasa, 5(1), 85–103.
Kenedi, A. (2022). Moderasi Pendidikan Islam Melalui Gerakan Literasi Digital Di Madrasah. Jurnal Mubtadiin, 8(1), 113–133. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPP/article/view/24762
Kurniawati, R., & Maemonah, M. (2021). Bimbingan Literasi Media dan Pengarus Utamaan Moderasi Beragama di PPM-PIN IAIN Surakarta. Quality, 9(2), 311. https://doi.org/10.21043/quality.v9i2.11255
Moderasi, A. I. (2019). moderasi beragama kemenak RI. In Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI Gedung Kementerian Agama RI Jl.MH. Thamrin No.6 Lt. 2 Jakarta Pusat.
Mubarok, A. R., & Sunarto, S. (2024). Moderasi Beragama di Era Digital: Tantangan dan Peluang. Journal of Islamic Communication Studies (JICoS), 2(1), 1–11. https://doi.org/10.15642/jicos.2024.2.1.1-11
Purnawati, N. W. (2021). Analisis Komunikasi Sosial Media Twitter sebagai Media Kampanye Moderasi Beragama. Prosiding Webinar Nasional IAHN-TP Palangka Raya, 4, 71–83. https://prosiding.iahntp.ac.id/index.php/seminar-nasional/article/view/147
Putri, S. N., & Budiman, A. (2022). Penguatan Moderasi Beragama Melalui Implementasi Pendidikan Multikultural pada Pendidikan Sekolah Dasar. Ikhtisar: Jurnal Pengetahuan Islam, 2(2), 241. https://doi.org/10.55062//ijpi.2022.v2i2.131
Rumata, F. ’Arif, Iqbal, M., & Asman, A. (2021). Dakwah digital sebagai sarana peningkatan pemahaman moderasi beragama dikalangan pemuda. Jurnal Ilmu Dakwah, 41(2), 172–
183. https://doi.org/10.21580/jid.v41.2.9421
Saumantri, T. (2023). Aktualisasi Moderasi Beragama Dalam Media Sosial. MODERATIO: Jurnal Moderasi Beragama, 3(1), 64. https://doi.org/10.32332/moderatio.v3i1.6534
Thadi, R. (2022). Kampanye Moderasi Beragama di Ruang Digital Indonesia. Manhaj: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 11(2), 171–186. https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/manhaj
Yusuf, M. Z., & Mutiara, D. (2022). Diseminasi Informasi Moderasi Beragama: Analisis Konten Website Kementerian Agama. Dialog, 45(1), 127–137. https://doi.org/10.47655/dialog.v45i1.535
							
							






