DIGITALISASI DAKWAH FAKULTAS USHULUDDIN, ADAB, DAN DAKWAH UINSI SAMARINDA MELALUI PROGRAM YOUTUBE BERANDA DAKWAH
Abstract
Dalam era digital yang semakin maju, dakwah Islam telah mengalami transformasi signifikan dalam pendekatan dan penyampaian pesan-pesan agama. Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah UINSI Samarinda merespons perubahan ini dengan meluncurkan program "Beranda Dakwah" di platform YouTube. Program 
ini bertujuan untuk menyebarkan nilai-nilai Islam melalui konten-konten yang mendalam dan bervariasi, mencakup tafsir Al-Qur'an, hadis, dan kajian fiqh serta akhlak, yang relevan dengan kehidupan kontemporer. Penelitian ini mengevaluasi efektivitas program "Beranda Dakwah" dalam menjangkau audiens yang luas, menciptakan interaksi yang aktif, dan memberikan dampak positif dalam membentuk pemahaman agama di kalangan pemirsa. Metode penelitian yang digunakan mencakup analisis statistik dari data YouTube, studi literatur, dan survei respons audiens. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa "Beranda Dakwah" berhasil 
memenuhi tujuannya dengan baik meskipun dihadapkan pada tantangan persaingan konten digital dan manajemen sumber daya. Untuk menjaga keberlanjutan dan peningkatan, program ini memerlukan inovasi terus-menerus dalam konten dan strategi komunikasi, serta dukungan yang berkelanjutan dari berbagai pihak. 
Dengan demikian, "Beranda Dakwah" tidak hanya menjadi contoh sukses dalam dakwah digital di Indonesia, tetapi juga menyumbang dalam pembentukan pemahaman agama yang lebih mendalam dan inklusif di tengah perubahan zaman.
References
Era Digital (Doctoral dissertation, IAIN PONOROGO).
Faoziyah, S. (2023). NILAI-NILAI DAKWAH PADA KONTEN AKUN TIKTOK@
syam_elmarusy (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES) (Doctoral
dissertation, UIN Prof. KH Saifuddin Zuhri).
Febriana, A. (2021). Pemanfaatan Tik-Tok Sebagai Media Dakwah:(Studi Kasus
Ustad Syam, di akun@ syam_elmarusy). KOMUNIDA: Media Komunikasi
dan Dakwah, 11(02), 180-194.
Gustia, A. Y., Nabila, I. K., & Fitrah, A. (2022). Personal Competense Mahasiswa
Komunikasi Penyiaran Islam Terhadap Konten Dakwah di Youtube. Al
Munir, 13(1), 1-11.
Jansen, R. R. (2023). ANALISIS FRAMING VIDEO PEMBERITAAN#
BLOKIRKOMINFO PADA KANAL APLIKASI ATAU WEB
YOUTUBE.
Khasan, M. (2023). PESAN DAKWAH DALAM KOMIK AKUN INSTAGRAM@
REZAQURAN (ANALISIS ISI MODEL PHILIPP MAYRING) (Doctoral
dissertation, UIN Prof. KH Saifuddin Zuhri).
Laeli, S. (2022). DAKWAH MELALUI KOMIK (STUDI ETNOGRAFI VIRTUAL
PADA KOMIK DAKWAH DI AKUN INSTAGRAM@ IQOMIC) (Doctoral
dissertation, UIN Prof. KH Saifuddin Zuhri).
Lazuardi, M. (2022). Sikap mahasiswa terhadap tagar# percumalaporpolisi (studi
pada mahasiswa fakultas dakwah dan komunikasi UIN Ar-Raniry)
(Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry).
Nanda, P. S. (2022). PERAN BAPINDA DALAM MENYAMPAIKAN DAKWAH
ISLAM KEPADA MAHASISWA UIN RADEN INTAN LAMPUNG
MELALUI MEDIA YOUTUBE BAPINDA TV (Doctoral dissertation, UIN
RADEN INTAN LAMPUNG).
Purdiyaputri, D. A. (2024). Pemanfaatan Media Sosial Instagram@
fuadiainponorogo Sebagai Media Informasi Mahasiswa Fakultas
Ushuluddin, Adab dan Dakwah IAIN Ponorogo Angkatan 2020 (Doctoral
dissertation, IAIN Ponorogo).
Putri, H. P. (2022). ..(TAMBAHKAN WATERMARK, UPLOAD ULANG).. Analisis
Teknik Penulisan Berita dalam Meningkatkan Kualitas Berita pada Media
Sosial YouTube Jurnal 12 (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).
Putri, H. P. (2022). Analisis Teknik Penulisan Berita dalam Meningkatkan Kualitas
Berita pada Media Sosial YouTube Jurnal 12 (Doctoral dissertation, IAIN
Ponorogo).
Romlah, S. (2020). Strategi Dakwah Ustaz Sunandar Ibnu Nur Pada Akun
Facebook@ Sunan Ibnu Nur Ula (Bachelor's thesis, Fakultas Dakwah dan
Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta).
Ulfah, M. (2022). Aktivias Dakwah Program Muslim Travelers di NET TV Edisi
Sleman Jawa Tengah (Analisis Isi Kualitatif Deskriptif Menurut Holsti)
(Doctoral dissertation, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten).
Warnatiani, R. F. (2023). STRATEGI PENYAJIAN BERITA PADA PORTAL
KANAL INDONESIA (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).
WULANDARI, Q. A. (2021). KAJIAN TAFSIR YOUTUBE.
							
							






