PANDANGAN MAHASISWA TERHADAP PERAN DA’I DALAM AKTUALISASI DAKWAH DI ERA SIBER

  • Alda Shafrina UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Fakhrin Ripani UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Nur Maidy UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
Keywords: Dakwah di Era Siber, Pandangan Mahasiswa, Teknologi Digital

Abstract

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengeksplorasi  pandangan  mahasiswa  terhadap  peran  da’i dalam aktualisasi  dakwah  di  era  siber,  serta  untuk  memahami  dampak  teknologi  digital terhadap  praktik dakwah  dan  respons  mahasiswa  terhadap  perubahan  ini.  Penelitian  ini menggunakan  metode kualitatifdengan  pendekatan  deskriptif,  yang  melibatkan  wawancara mendalam  dan  observasi partisipatif  untuk  mengumpulkan  data  dari  mahasiswa  di  berbagai perguruan  tinggi  di  Indonesia. Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  mahasiswa  memiliki pandangan  yang  kritis  dan  konstruktif terhadap  peran  da’i,  yang  mereka  anggap  perlu menguasai  teknologi  digital  dan  media  sosial untuk  menyampaikan  dakwah  secara  efektif. Mahasiswa  menekankan  pentingnya  kehadiran  da’i di  platform  digital  dan  kemampuan mereka  untuk  menyaring  informasi  yang  valid  untuk mengatasi  maraknya  hoaks  yang  dapat merusak  reputasi  dakwah  Islam.  Selain  itu,  mahasiswa juga  melihat  pentingnya  moderasi dalam beragama dan pendekatan dakwah  yang inklusif serta adaptif terhadap kebutuhan dan gaya  komunikasi  generasi  milenial.  Mereka  berharap  dakwah tidak  hanya  fokus  pada  aspek spiritual, tetapi juga mencakup isu-isu sosial yang relevan seperti keadilan sosial, kesetaraan gender, dan tanggung jawab lingkungan. Kesimpulannya, mahasiswa mengharapkan dakwah di  era  siber  yang  dinamis,  adaptif,  dan  relevan  dengan  perkembangan zaman,  serta  yang mampu memberikan kontribusi nyata bagi perbaikan masyarakat. Penelitian ini memberikan wawasan yang berharga bagi pengembangan strategi dakwah yang lebih efektif di era digital, dengan menekankan pentingnya da’i untuk terus belajar, beradaptasi, dan menjaga integritas dalam menyampaikan ajaran Islam.

References

Dulkiah, M., & Setia, P. (2020). Pola Penyebaran Hoaks pada Kalangan Mahasiswa
Perguruan Tinggi Islam di Bandung Jawa Barat. Jurnal SMART (Studi
Masyarakat, Religi, Dan Tradisi), 6(2), 245-259.
Mundakir, A. (2021). Moderasi Beragama di Tengah Cyber-Religion dan COVID
19:(Studi terhadap Mahasiswa Fakultas Ushuluddin IAIN Kudus). Dalam
Fikrah: Jurnal Ilmu Aqidah Dan Studi Keagamaan, 9.
Parhan, M., Khaerunnisa, A., Umar, M. S., & Hanifa, S. (2022). Pengaruh
Penggunaan Aplikasi Tiktok Sebagai Media Dakwah di Kalangan
Mahasiswa Muslim UPI. HIKMAH: Jurnal Ilmu Dakwah Dan Komunikasi
Islam, 16(1), 113-30.
Ridwan, R., Abdul, M., Encep, T. R., Chatib, S., & Tata, S. Pengembangan bahan
ajar retorika melalui publikasi di channel youtube sebagai upaya
membangun kepercayaan diri mahasiswa tampil di depan publik.
Sholihul Huda, S. H. I., & Fil, M. (2022). Dakwah Digital Muhammadiyah (Pola
Baru Dakwah Era Disrupsi). Samudra Biru.
Somantri, K. (2024). Komunikasi Persuasif Media Siber dalam Pembinaan Mualaf
pada Grup Whatsapp Mualaf Center Indonesia Regional Jawa Barat
(Doctoral dissertation, UIN Sunan Gunung Djati Bandung).
Sumarlan, I. (2020). CYBER PUBLIC RELATIONS MUHAMMADIYAH
MELALUI MEDIA SOSIAL. DAKWAH MUHAMMADIYAH DALAM
MASYARAKAT DIGITAL: PELUANG DAN TANTANGAN, 157.
Sutrisno, E. (2022). Dakwah Digital Di Era Milenial. GUEPEDIA.
Ummah, A. H. (2020). Dakwah digital dan generasi milenial (menelisik strategi
dakwah komunitas arus informasi santri nusantara). Tasâmuh, 18(1), 54-78.
Published
2025-02-26
How to Cite
Shafrina, A., Ripani, F., & Maidy, N. (2025). PANDANGAN MAHASISWA TERHADAP PERAN DA’I DALAM AKTUALISASI DAKWAH DI ERA SIBER. Nubuwwah : Journal of Communication and Islamic Broadcasting, 3(01), 65-75. https://doi.org/10.21093/nubuwwah.v3i01.9058