PANDANGAN MAHASISWA TERHADAP PERAN DA’I DALAM AKTUALISASI DAKWAH DI ERA SIBER
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pandangan mahasiswa terhadap peran da’i dalam aktualisasi dakwah di era siber, serta untuk memahami dampak teknologi digital terhadap praktik dakwah dan respons mahasiswa terhadap perubahan ini. Penelitian ini menggunakan metode kualitatifdengan pendekatan deskriptif, yang melibatkan wawancara mendalam dan observasi partisipatif untuk mengumpulkan data dari mahasiswa di berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa memiliki pandangan yang kritis dan konstruktif terhadap peran da’i, yang mereka anggap perlu menguasai teknologi digital dan media sosial untuk menyampaikan dakwah secara efektif. Mahasiswa menekankan pentingnya kehadiran da’i di platform digital dan kemampuan mereka untuk menyaring informasi yang valid untuk mengatasi maraknya hoaks yang dapat merusak reputasi dakwah Islam. Selain itu, mahasiswa juga melihat pentingnya moderasi dalam beragama dan pendekatan dakwah yang inklusif serta adaptif terhadap kebutuhan dan gaya komunikasi generasi milenial. Mereka berharap dakwah tidak hanya fokus pada aspek spiritual, tetapi juga mencakup isu-isu sosial yang relevan seperti keadilan sosial, kesetaraan gender, dan tanggung jawab lingkungan. Kesimpulannya, mahasiswa mengharapkan dakwah di era siber yang dinamis, adaptif, dan relevan dengan perkembangan zaman, serta yang mampu memberikan kontribusi nyata bagi perbaikan masyarakat. Penelitian ini memberikan wawasan yang berharga bagi pengembangan strategi dakwah yang lebih efektif di era digital, dengan menekankan pentingnya da’i untuk terus belajar, beradaptasi, dan menjaga integritas dalam menyampaikan ajaran Islam.
References
Perguruan Tinggi Islam di Bandung Jawa Barat. Jurnal SMART (Studi
Masyarakat, Religi, Dan Tradisi), 6(2), 245-259.
Mundakir, A. (2021). Moderasi Beragama di Tengah Cyber-Religion dan COVID
19:(Studi terhadap Mahasiswa Fakultas Ushuluddin IAIN Kudus). Dalam
Fikrah: Jurnal Ilmu Aqidah Dan Studi Keagamaan, 9.
Parhan, M., Khaerunnisa, A., Umar, M. S., & Hanifa, S. (2022). Pengaruh
Penggunaan Aplikasi Tiktok Sebagai Media Dakwah di Kalangan
Mahasiswa Muslim UPI. HIKMAH: Jurnal Ilmu Dakwah Dan Komunikasi
Islam, 16(1), 113-30.
Ridwan, R., Abdul, M., Encep, T. R., Chatib, S., & Tata, S. Pengembangan bahan
ajar retorika melalui publikasi di channel youtube sebagai upaya
membangun kepercayaan diri mahasiswa tampil di depan publik.
Sholihul Huda, S. H. I., & Fil, M. (2022). Dakwah Digital Muhammadiyah (Pola
Baru Dakwah Era Disrupsi). Samudra Biru.
Somantri, K. (2024). Komunikasi Persuasif Media Siber dalam Pembinaan Mualaf
pada Grup Whatsapp Mualaf Center Indonesia Regional Jawa Barat
(Doctoral dissertation, UIN Sunan Gunung Djati Bandung).
Sumarlan, I. (2020). CYBER PUBLIC RELATIONS MUHAMMADIYAH
MELALUI MEDIA SOSIAL. DAKWAH MUHAMMADIYAH DALAM
MASYARAKAT DIGITAL: PELUANG DAN TANTANGAN, 157.
Sutrisno, E. (2022). Dakwah Digital Di Era Milenial. GUEPEDIA.
Ummah, A. H. (2020). Dakwah digital dan generasi milenial (menelisik strategi
dakwah komunitas arus informasi santri nusantara). Tasâmuh, 18(1), 54-78.
 
							 
							







