NILAI-NILAI KEISLAMAN DALAM WEBSERIES MUTIARA RAMADHAN “SETAPAK”

  • A. Al Faris Malikusysyarqiy UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Hairullah Fajri UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
Keywords: Nilai-nilai Islam, Mutiara Ramadhan, webseries

Abstract

Artikel ini mengkaji beberapa nilai keislaman yang bermakna tersirat dalam webseries Setapak, nilai keislaman yang terkandung seperti keiklasan dan ketabahan, nilai kejujuran dan birrul walidayan, serta nilai kesederhanaan atau qanaah yang disampaikan melalui alur cerita, dan krakter. Webseries Setapak telah menjadi salah suatu hal yang efektif untuk menyampaikan pesan moral dan nilai-nilai keislaman kepada siapa saja yang menonton. Melalui pendekatan kualitatif, dengan pendekatan konten analisis, penelitian ini mengidentifikasi dan mengkaji makna tersirat yang mengandung nilai islam. Selain itu artikel ini juga memberikan penerapan nilai-nilai keislaman tersebut dalam kehidupan sehari-hari oleh individu dan masyarakat. Hasl analisis menunjukkan bahwa webseries Setapak berhasil mengintergrasikan nilai keislaman secara efektif, sehingga daoat menjadi referensi positif bagi penonton dalam kehidupan sehari-harinya untuk selalu mengamalkan segala hal yang baik dan meminimalisir  penyesalan disetiap kejadian yang kita cuptakan sendiri. Webseries Setapak ini menyajikan alur cerita yang relate dengan kehidupan sebagai seorang mahasiswa. Temuan ini memberikan kontribusi penting bagi studi  media  dan  agama,  serta  menawarkan  wawasan  bagi pembuat  konten  dalam mengembangkan karya yang mendidik dan bermanfaat serta relate dengan kehidupan nyata.

References

Amri Wahyudi (2017), “Pesan Dakwah Pada Web Series Ramadhan Halal
2016 Karya Muhammad Amrul Ummami Episode 1-4 Di Youtube Dalam Analisis
Semiotika Roland Barthes” Raden Intan, Lampung.
Lutfi Icke Aggaraini (2019), “Nilai-nilai Dalam Animasi Serial Animasi
Nussa” IAIN Purwokwerto
Ahmad Syauqii Abda’u (2022), “Analisis Dimensi Religius Tokoh Utama
Webseries Islami Satu Amin dua Iman Tahun 2021 Dan Relevansinya dengan
Pendidikan Agama Islam”, Yogyakarta
Fatimah (2023), “Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Web Series ‘Atap
Padang Mahsyar’ Karya Dedy Vansophi”, Purwekerto
Maya Nurjanah (2021), “Integrasi Nilai-Nilai Islam Dalam Pembelajaran
Matematiaka Di Madrasah Ibtidaiyah” UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta
Desiana Nur Hidayah (2012),“Presepsi Mahasiswa Tentang Harapan Orang
Tua Terhadap Pendidikan Dan Ketakutan Akan Kegagalan”, Unnes, Semarang
Kartini Leidy prilly Rorong (2021) ”Kehidupan Sosial dan Spiritual
Formation Mahasiswa Indekos Di Lingkungan Kampus”, jurnal peneliti, Manado
Eva Oktavini “Analisis Dampak Perilaku Keuangan Terhadap Tekanan
Finansial Mahasiswa”, Jurnal Akutansi, Indonesia
Suara Muhammadiyah. (2024). “Mutiara Ramadhan: Spiritualitas
Ramadhan untuk Peradaban yang Berkemajuan”.
Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumatera Utara. (2023). Jurnal Al-Kaffah:
Jurnal Kajian Nilai-Nilai Keislaman.
LPIT Mutiara Hikmah. (2024). Mengintegrasikan Keterpaduan
Pembelajaran Nilai-Nilai Keislaman dalam Mata Pelajaran Umum.
Badara, A. (2014). “Analisis Wacana. Teori, Metode, dan Penerapannya
pada Wacana Media”. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Ida, R. (2014). “Metode Penelitian, Studi Media dan Kajian Budaya”.
Jakarta: Prenada Media Group.
Wacana Kritis. “Landasan Teori, Metodologi, dan Penerapan”. Jakarta:
PT RajaGrafindo Persada.
Haryatmoko(2017). “Critical Discourse Analysis (Analisis Wacana
Kritis). Landasan Teori, Metodologi, dan Penerapan”. Jakarta: PT RajaGrafindo
Persada
Published
2025-02-26
How to Cite
Malikusysyarqiy, A., & Fajri, H. (2025). NILAI-NILAI KEISLAMAN DALAM WEBSERIES MUTIARA RAMADHAN “SETAPAK”. Nubuwwah : Journal of Communication and Islamic Broadcasting, 3(01), 76-89. https://doi.org/10.21093/nubuwwah.v3i01.9059