STRATEGI PENGUATAN LITERASI AL-QUR’AN BAGI SANTRIWATI MELALUI PROGRAM TAHSIN DI PONDOK PESANTREN DARUL HIJRAH PUTRI MARTAPURA
Abstract
Al-Qur’an sebagai sumber utama ajaran Islam memiliki peran sentral dalam kehidupan umat Muslim, namun kemampuan literasi Al-Qur’an di kalangan santriwati pesantren masih menghadapi kendala, terutama dalam aspek pelafalan dan pemahaman tajwid. Berdasarkan kondisi tersebut, Fakultas Tarbiyah UINSI Samarinda bersama Pondok Pesantren Darul Hijrah Putri Martapura melaksanakan program “Tahsin Al-Qur’an” sebagai upaya penguatan literasi Al-Qur’an. Tujuan kegiatan ini adalah memperbaiki dan memperindah bacaan santriwati agar sesuai dengan kaidah tajwid serta menumbuhkan kecintaan mereka terhadap Al-Qur’an. Metode pelaksanaan meliputi pengarahan, pembelajaran berbasis metode iqro’, pengajaran tajwid dan imla, evaluasi, serta peninjauan hasil belajar. Pendekatan yang digunakan menekankan praktik langsung, bimbingan intensif, dan pembelajaran interaktif. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan pada kemampuan membaca Al-Qur’an santriwati, baik dari segi makhraj, tajwid, maupun kelancaran bacaan. Antusiasme peserta, dukungan orang tua, serta suasana belajar yang kondusif turut memperkuat keberhasilan program. Secara keseluruhan, program Tahsin ini efektif dalam meningkatkan literasi Al-Qur’an sekaligus menjadi model pembelajaran keagamaan yang aplikatif dan menyenangkan di lingkungan pondok pesantren.
References
Ayu Diana, Nizar, Ratna Sari. ‘Evaluasi Program Pendidikan’, Jurnal Studi Islam Indonesia (JSII), no. 1, (2023): 159, https://ejournal.lapad.id/index.php/jsii
Fitria Dwi Lestari, Muslimin Ibrahim, Syamsul Ghufron, Pance Mariati. ‘Pengaruh Budaya Literasi terhadap Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar’, JURNALBASICEDU, no. 6, (2021):5089, https://jbasic.org/index.php/basicedu
Isnaini Rizky, Khairuddin Lubis, Hotni Sari Harahap. ‘Pelaksanaan Program Tahsin Dalam MeningkatkanKemampuan Belajar Membaca Tajwid Di MTs Islamiyah’, Tajribiyah : Jurnal Pendidikan Agama Islam, no. 1, (2022): 55
Laily Khoirun Nisa and Mujibur Rohman, Implementasi Metode Tasmi’ Dalam Menghafal Al-Qur’an Di MA Muhammadiyah Purwokerto, Merdeka Indonesia Journal International (MIJI), no. 1, (2025): 125-127.
M. Ustman Arif Fathah, Metode Tahsin dan Tahfidz Al-Qur’an di Pondok Pesantren SMP MBS Bumiayu, Jurnal Ilmu Ushuluddin, no. 2, (2021): 189.
Nur Amalia Putri and Fatkhur Rohman, ‘Evaluasi dampak program literasi al-qur’an terhadap penguatan karakter religius siswa sekolah menengah pertama’, Jurnal EDUCATIO (Jurnal Pendidikan Indonesia), no. 1 (2024): 766-767, https://doi.org/10.29210/1202424549.
Nur ‘Azah, Abdullah Aminuddin Aziz, Muhammad Al-Fatih, Masrokhin, Lik Anah. ‘Peningkatan Tahsin Al-Qur’an melalui Gerakan Pecinta Al-Qur’an di Taman Pendidikan Al-Qur’an Desa Carang Wulung Kecamatan Wonosalam Kabupaten Jombang’, PaKMas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), no. 2, (2024): 447-448, https://journal.yp3a.org/index.php/PaKMas
Riskal Fitri and Sayrifuddin Ondeng, ‘Pesantren Di Indonesia: Lembaga Pembentukan Karakter’, Jurnal Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, no. 1, (2022): 42, https://journal.unismuh.ac.id/index.php/alurwatul
Salim Said Daulay, Adinda Suciyandhani, Sopan Sofian, Juli Julaiha,
Ardiansyah. ‘Pengenalan Al-Qur’an’, Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, no. 9 (2023): 472, https://doi.org/10.5281/zenodo.7754505.
Qurrota A’yuni and Devy Habibi Muhammad, ‘Penguatan Budaya Literasi Santri Di Era Digital Pada Pondok Pesantren Zahrotul Islam’, AL-AFKAR: Journal for Islamic Studies, no. 1, (2023): 59-62, https://al-afkar.com.