Peningkatan Pemahaman Guru terhadap Pendidikan Inklusif melalui Seminar Sekolah Ramah Anak Inklusi di Pondok Pesantren Darul Hijrah Putri Martapura

  • Dian Octaviani Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Muhammad Anshari STAI Al-Falah Banjarbaru
Keywords: pendidikan inklusif, guru, pesantren

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilatarbelakangi oleh pentingnya peningkatan pemahaman guru terhadap konsep pendidikan inklusif di lingkungan pesantren. Pendidikan inklusif menjadi isu strategis dalam dunia pendidikan modern, terutama untuk menciptakan lingkungan pesantren yang ramah bagi semua anak, termasuk santri berkebutuhan khusus. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman guru terhadap konsep dan implementasi pendidikan inklusif melalui seminar Sekolah Ramah Anak Inklusi di Pondok Pesantren Darul Hijrah Putri Martapura. Metode pelaksanaannya menggunakan pendekatan partisipatif dengan melibatkan 86 peserta yang terdiri atas guru dan pengasuh pesantren melalui kegiatan seminar, diskusi, dan refleksi bersama. Materi yang disampaikan mencakup konsep dasar pendidikan inklusif, prinsip sekolah ramah anak, serta strategi pembelajaran adaptif bagi peserta didik dengan perbedaan kemampuan. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pemahaman peserta terhadap konsep pendidikan inklusif, yang terlihat dari antusiasme dalam diskusi serta komitmen untuk menerapkan nilai-nilai inklusif di lingkungan pembelajaran pesantren. Kegiatan ini memberikan kontribusi nyata dalam membangun kesadaran guru terhadap pentingnya pendidikan yang ramah terhadap semua anak.

References

Anisah, A. S., Holis, A., Usman, A. T., Amirudin, J., Marwah, S. S., & Komariah, I. (2025). Pelatihan Guru dalam Implementasi Pendidikan Inklusif di Madrasah Ibtidaiyyah At-Tarbiyah dan At Thohitiyah. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1). https://doi.org/10.52434/jpm.v4i1

Departemen Agama Republik Indonesia. (2019). Al-Qur’an dan Terjemahannya. Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2009). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 70 Tahun 2009 tentang Pendidikan Inklusif bagi Peserta Didik yang Memiliki Kelainan dan Memiliki Potensi Kecerdasan dan/atau Bakat Istimewa. Kemendikbud.

Maulidiyah, H. K., & Arrochmah, S. (2024). Konsep Pendidikan Inklusif dalam Perspektif Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 15(1), 20–29.

Patampang, C., Tandiangga, P., Palinoan, F. F., Arnoltus, C., & Dama, A. (2024). Implementation of Inclusive Education in School Environment for Children with Special Needs. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 15(2), 502–508. https://doi.org/10.31932/ve.v15i2.4255

Pratiwi, N. R., & Wulandari, S. (2021). Efektivitas Seminar Pendidikan Inklusif dalam Meningkatkan Pengetahuan dan Sikap Guru Sekolah Dasar di Surabaya. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(3), 211–219.

Setiawan, E., & Apsari, N. C. (t.t.). Pendidikan Inklusif: Upaya Mewujudkan Kesetaraan dan Non Diskriminatif di Bidang Pendidikan Bagi Anak dengan Disabilitas (AdD). Sosio Informa, 5(3). https://doi.org/10.33007/inf.v5i3.1776

UNESCO. (2020). Inclusion and Education: All Means All – Global Education Monitoring Report. UNESCO Publishing.

Uzorka, A., Kalabuki, K., & Odebiyi, O. A. (2024). The effectiveness of in-service teacher training programs in enhancing teaching quality and student achievement. Forum for Education Studies, 2(3), 1465. https://doi.org/10.59400/fes.v2i3.1465

Yuliana, R., & Mulyono, S. (2020). Implementasi Model In-Service Training untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Pendidikan Inklusif. Jurnal Inovasi Pendidikan, 7(4), 329–338.

Published
2025-10-12
How to Cite
Octaviani, D., & Anshari, M. (2025). Peningkatan Pemahaman Guru terhadap Pendidikan Inklusif melalui Seminar Sekolah Ramah Anak Inklusi di Pondok Pesantren Darul Hijrah Putri Martapura. SIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 107-115. https://doi.org/10.21093/simas.v3i3.11720