Pelatihan Gerakan Pandai Computational Thingking

  • Umar Fauzan UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Mohamad Muklis UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Siti Hadijah UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Aufa Ihsan UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Tiara Diasti UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Nina Pebriarni UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Ilham Adha UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Windai Rukiyah UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
Keywords: Gerakan Pandai Computational Thingking

Abstract

Pendidikan merupakan upaya peningkatan kapasitas manusia melalui pembelajaran pengetahuan, ketrampilan dan kecakapan yang dapat dilakukan secara formal, informal dan nonformal. Tingkat pengetahuan atau literasi akan meningkat seiring dengan tuntutan pada masanya. Literasi Digital merupakan salah satu literasi utama saat ini sebagai kemampuan untuk memahami dan menggunakan informasi dalam berbagai bentuk dari berbagai sumber yang sangat luas yang diakses melalui piranti komputer. Literasi digital merupakan kecakapan (life skills) yang tidak hanya melibatkan kemampuan menggunakan perangkat teknologi, informasi, dan komunikasi, tetapi juga kemampuan bersosialisasi, kemampuan dalam pembelajaran, dan memiliki sikap, berpikir kritis, kreatif, serta inspiratif sebagai kompetensi digital (Gilster & Watson, 1999). Dengan demikian, kemampuan dalam hal literasi digital mencakup bukan hanya ketrampilan mengoptimalkan segala bentuk perangkat digital untuk mencapai produktivitas namun juga kemampuan untuk memahai bagaimana dunia digital bekerja.

References

Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah Open-Ended Untuk Memfasilitasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa’. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika 11, no. 1 (2022): 342–54.
Dr. Julhadi, M. A., and M. S. I. Nur Kholik. Hasil Belajar Peserta Didik: Ditinjau Dari Media Komputer dan Motivasi. EDU PUBLISHER, 2021. https://books.google.co.id/books?id=BfclEAAAQBAJ.
Muhammad Rohan Saputra, Kautsar Eka Wardhana, Rahmad Effendy, Rahmatul Muthmainnah, and Trianisa Ayu Anastasya. ‘Penggunaan Video Animasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar’. EDUCASIA: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, Dan Pembelajaran 6, no. 3 (31 December 2021). https://doi.org/10.21462/educasia.v6i3.126.
Razak, Abdul, Siti Nasiah, Kautsar Eka Wardhana, Indriana Rahmawati, Diva Ramadhan, and Munirohwati Munirohwati. ‘Diseminasi Pembelajaran Mikir di Madrasah Ibtidaiyah’. SIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat 1, no. 1 (2022): 13–16.
Safitri, Nur, Nurul Latifatul Inayati, and Zaenal Abidin. ‘Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Pada Masa Pandemi di SMP Muhammadiyah 7 Surakarta’. Tajdida: Jurnal Pemikiran Dan Gerakan Muhammadiyah 18, no. 1 (2020): 59–66.
Sandika, I. Kadek Budi, I. Kadek Agus Bisena, and Maria Osmunda Eawea Monny. ‘Implementasi Pembelajaran TIK Dalam Peningkatan Literasi Digital Siswa SDN 6 Desa Pecatu: Implementation of Learning ICT in Improving Digital Literature Students of Sdn 6 Pecatu Village’. Jurnal Pendidikan Dan Sastra Inggris 2, no. 2 (2022): 1–5.
Published
2023-08-07
How to Cite
Fauzan, U., Muklis, M., Hadijah, S., Ihsan, A., Diasti, T., Pebriarni, N., Adha, I., & Rukiyah, W. (2023). Pelatihan Gerakan Pandai Computational Thingking. SIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 35-40. https://doi.org/10.21093/simas.v1i1.7126

Most read articles by the same author(s)