Pendampingan Pembelajaran Dua Kurikulum Yang Berbeda Dalam 1 Sekolah
Abstract
Pendidikan modern sering kali dihadapkan pada kebutuhan untuk mengatasi tantangan global dan keanekaragaman peserta didik. Salah satu pendekatan yang diadopsi oleh beberapa lembaga pendidikan adalah penerapan pembelajaran dua kurikulum yang berbeda dalam satu sekolah. Penelitian ini mengeksplorasi konsep pembelajaran dua kurikulum yang berbeda dalam satu sekolah, menganalisis dampaknya terhadap pengalaman belajar peserta didik, interaksi antar guru, serta
tantangan dan manfaat yang terkait. Dengan merangkum literatur terkait, penelitian ini mengidentifikasi beberapa keuntungan seperti peningkatan akses ke pengetahuan beragam, pilihan yang lebih luas untuk peserta didik dengan kebutuhan belajar yang beragam, dan peningkatan kerjasama antara guru. Namun, terdapat juga tantangan seperti integrasi materi antar kurikulum, manajemen waktu bagi guru, dan evaluasi yang adil terhadap prestasi peserta didik. Penelitian ini
menunjukkan perlunya perencanaan dan pengelolaan yang matang, serta komunikasi yang efektif di antara semua pemangku kepentingan untuk memastikan keberhasilan implementasi pendekatan pembelajaran ini. Dalam menghadapi dinamika pendidikan masa depan, pemahaman mendalam tentang implikasi dan manfaat dari pembelajaran dua kurikulum dalam satu sekolah akan membantu lembaga pendidikan dalam mengembangkan strategi yang sesuai
dengan tujuan pendidikan yang luas dan kualitas pembelajaran yang optimal
References
Basicedu 6, no. 4 (16 Mei 2022): 5877–89. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3149.
Firmansyah, Haris. “Proses Perubahan Kurikulum K-13 Menjadi Kurikulum Merdeka.” EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN 5, no. 3 (12 Juni 2023): 1230–40. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i2.4910.
Nasution, Suri Wahyuni. “Assesment Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar” 1 (2022).
Razak, Abdul, Siti Nasiah, Kautsar Eka Wardhana, Indriana Rahmawati, dan Diva Ramadhan. “Disiminasi Pembelajaran Mikir di Madrasah
Ibtidaiyah” 1, no. 1 (2023).
Sumar, Warni T. “IMPLEMENTASI KOMPETENSI GURU MENGELOLA
KURIKULUM K13 DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI SDN SE KECAMATAN TELAGA KABUPATEN GORONTALO.” PEDAGOGIKA 9, no. 1 (4 April 2018): 71–87. https://doi.org/10.37411/pedagogika.v9i1.28.
Susilowati, Evi. “Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pembentukan Karakter Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam,” t.t.