Perayaan Perlombaan 17 Agustus Dalam Rangka Memperingati HUT RI Ke-78 di Desa Tanjung Batu

  • Titi Aning Nur Azharoh UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Muhammad Saparuddin UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
Keywords: Perlombaan, Kemerdekaan HUT RI, Pengabdian

Abstract

Kuliah Kerja Nyata (KKN) pada dasarnya dilakukan di desa atau suatu wilayah yang memerlukan inovasi baru dalam melakukan perubahan, pengembangan, atau suatu kegiatan yang bermanfaat kepada masyarakat. Disinilah peran mahasiswa yang ditugaskan untuk mengabdi kepada masyarakat, sebagai mahasiswa KKN UINSI turut serta membantu dalam kegiatan perayaan hari kemerdekaan HUT RI ke
78. Hal ini dilakukan untuk memupuk rasa cinta tanah air, serta nasionalisme yang tinggi terhadap bangsa Indonesia yang telah melindungi seluruh rakyatnya selama 78 tahun. Dengan diadakannya
perlombaan-perlombaan tersebut bertujuan agar kita selalu mengenang perjuangan para pahlawan terdahulu dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat ini menggunakan metode peneltian kualitatif deskriptif yang dimana berarti menggambarkan situasi atau suatu peristiwa secara objektif.

References

Jurnal Rontal Keilmuan PKn. Dyah Indraswati, Deni Sutisna (2020). Implementasi Penanaman Nilai-Nilai Nasionalisme Di Sdn Karanganyar Gunung 02, Candisari, Semarang, Jawa Tengah. Vol.6, No.2.
Koesnadi Hardjasoemantri, Peran Pemuda Pelajar Indonesia Dałam Perjuangan Bangsa," dałam Jurnal Sejarah, Vol. 13, No. 13 (Yogyakarta Yayasan Masyarakat Sejarawan Indonesia & YOt 2007).
Chrismonica (2022) HUT RI ke-77: Tema, Logo, Filosofi Makna, dan Inspirasi Ucapan untuk Memeriahkan Perayaannya! (https://www.orami.co.id/magazine/a mp/hut-ri-ke77).
Syardiansah, “Peranan Kuliah Kerja Nyata Sebagai Bagian Dari Pengembangan Kompetensi Mahasiswa,” JIM UPB (Jurnal Ilmiah Manajemen Universitas Putera Batam) 7, no. 1 (2019): 57.)
Published
2024-03-06
How to Cite
Azharoh, T., & Saparuddin, M. (2024). Perayaan Perlombaan 17 Agustus Dalam Rangka Memperingati HUT RI Ke-78 di Desa Tanjung Batu. SIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 22-28. https://doi.org/10.21093/simas.v2i1.8264