Pembentukan Karakter dan Etika Anak Melalui Pengabdian Masyarakat Berbasis Nilai-nilai Lokal Di Desa Emplasmen Kwala Mencirim

  • Azzuhro Azzuhro Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Farah Mutia Putri Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Evi Nurjannah Siregar Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Nuraini Tarigan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Ammamiarihta Ammamiarihta Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
Keywords: Pembentukan, karakter, etika, anak, Pengabdian Masyarakat

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan agar peneliti dapat mendeskripsikan bagaimana pembentukan karakter dan etika anak-anak melalui kegiatan Pengabdian Masyarakat yang diadakan oleh Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, serta dokumentasi. Pembentukan karakter dan etika anak-anak sangatlah penting untuk dibentuk sejak dini. Dengan membiasakan anak-anak untuk bersikap jujur adalah contoh hal kecil yang harus dibiasakan oleh anak-anak di desa Emplasmen Kwala Mencirim. Dengan hadirnya mahasiswa Pengabdian Masyarakat Universitas Islam Negeri Sumatera Utara di kabupaten Langkat dapat menciptakan perubahan sedikit demi sedikit tentang pembentukan karakter serta etika anak-anak di desa Emplasmen Kwala Mencirim. Dengan memanfaatkan nilai-nilai lokal yang ada, para mahasiswa turut serta dalam hal membimbing serta mengarahkan anak-anak untuk tetap terus melakukan kegiatan yang bersifat positif.

References

Ainissyifa, H. (2017). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan UNIGA , 1-26.
Ali Ramdhani, M. (2014). Lingkungan Pendidikan dalam Implementasi Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Universitas Garut: Volume 08, No 1 , 28-37.
Citra, Y. (2012). Pelaksanaan Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus , 237-249.
Fitriani, R. (2017). Perilaku Peduli Lingkungan Pada Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Teknik Boga , 1-11.
Insani, G. N. (2021). Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan untuk Mengembangkan Karakter Siswa Sekolah Dasar . Jurnal Pendidikan Tambusai , 84-92.
Koesoema, D. (2007). Pendidikan Karakter: strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Grasindo.
Kosim, M. (2011). Urgensi Pendidikan Karakter. Karsa: Journal of Social and Islamic Culture , 85-97.
Masnur, M. (2011). Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multimesional. Bumi Aksara.
Ramdhani, M. A. (2017). Lingkungan Pendidikan dalam Implementasi Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan UNIGA , 28-37.
Rohendi, E. (2016). Pendidikan Karakter di Sekolah. EduHumanioral Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru , 3(1).
Setiawati, N. A. (2017). Pendidikan Karakter sebagai Pilar Pembentukan Karakter Bangsa. Jurnal Pendidikan , 350.
Sudarsana, I. (2016). Membentuk Karakter Siswa Sekolah Dasar melalui Pendidikan Alam Terbuka. Prosiding Nasional , 22-30.
Sudaryanti. (2013). Pentingnya Pendidikan Karakter bagi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak , 11-20.
Sudrajat, A. (2011). Mengapa Pendidikan Karakter? Jurnal Pendidikan Karakter , 1(1).
Sumarno, U. (2011). Pembelajaran Matematika Berbasis Pendidikan Karakter. Cimahi: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika.
Suprayitno, A. (2020). Pendidikan Karakter di Era Milienial. Deepublish.
Published
2024-03-07
How to Cite
Azzuhro, A., Putri, F., Siregar, E., Tarigan, N., & Ammamiarihta, A. (2024). Pembentukan Karakter dan Etika Anak Melalui Pengabdian Masyarakat Berbasis Nilai-nilai Lokal Di Desa Emplasmen Kwala Mencirim. SIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 13-22. https://doi.org/10.21093/simas.v2i1.8266