Stimulasi Spirit Akademik Mahasiswa Universitas Nahdhatul Ulama Sumatera Utara (UNUSU) Melalui Kegiatan Penulisan Artikel Ilmiah

  • Radinal Mukhtar Harahap Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Ar-Raudlatul Hasanah Medan
  • Imamul Authon Nur Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Ar-Raudlatul Hasanah Medan
  • Nash Rizal Ghani Piliang Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Ar-Raudlatul Hasanah Medan
  • Harun Rizky Ramadhan Hia Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Ar-Raudlatul Hasanah Medan
Keywords: Pengabdian kepada Masyarakat, Penulisan Artikel Ilmiah, Syarat Peringkat Akreditasi

Abstract

Inisiasi kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat yang diberi nama Stimulasi Spirit Akademik Mahasiswa Universitas Nahdhatul Ulama Sumatera Utara (UNUSU) Melalui Kegiatan Penulisan Artikel Ilmiah ini memiliki tujuan mengimplementasikan kerjasama lembaga dan untuk membentuk suasana akademik yang berhujung pemenuhan beberapa syarat pemeringkatan akreditasi. Inisiasi ini secara khusus juga diperlukan guna meningkatkan kemampuan literasi, berpikir kritis, maupun berkomunikasi secara efektif bagi mahasiswa. Melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dijalankan dalam tiga persiapan, pelaksanaan dan pembelajaran berkelanjutan, stimulasi spirit akademik di lingkungan UNUSU berhasil dimunculkan. Spirit itu terlihat dalam keaktifan peserta mengikuti program untuk kemudian menindaklanjutinya sebagai pemenuhan beberapa syarat akreditasi. Meskipun begitu, program ini akan maksimal kebermanfaatannya jika dilengkapi dengan pemaparan tentang etika penulisan ataupun pengunaan artificial intelegence yang belum terlalu banyak disinggung.

References

Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi. (2021). Instrumen Akreditasi Program Studi pada Program Sarjana Lingkup Kependidikan—Peraturan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi No.10 Tahun 2021. Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi.
Franco, R. S., dos Santos Franco, C. A. G., Severo, M., Ferreira, M. A., & Karnieli-Miller, O. (2022). Reflective writing in the teaching of communication skills for medical students—A systematic review. Patient Education and Counseling, 105(7), 1842–1851.
Sabrina, R., Sulasmi, E., & Saragih, M. (2022). Student Critical Thinking Skills and Student Writing Ability: The Role of Teachers’ Intellectual Skills and Student Learning. Cypriot Journal of Educational Sciences, 17(7), 2493–2510.
Tim Penyusun. (2018). Panduan Pengembangan Kurikulum PTKI Mengacu pada KKNI dan SN-Dikti. Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia.
Yu, S., & Liu, C. (2021). Improving student feedback literacy in academic writing: An evidence-based framework. Assessing Writing, 48, 100525.
Published
2025-01-31
How to Cite
Harahap, R., Nur, I., Piliang, N. R., & Hia, H. R. (2025). Stimulasi Spirit Akademik Mahasiswa Universitas Nahdhatul Ulama Sumatera Utara (UNUSU) Melalui Kegiatan Penulisan Artikel Ilmiah. SIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 1-7. https://doi.org/10.21093/simas.v3i1.9572