Pengentasan Degradasi Minat Belajar pada Siswa Remaja
Keywords:
Degradasi, Minat Belajar, Remaja
Abstract
Permasalahan yang sering terjadi pada siswa remaja yaitu degradasi minat belajar, kebanyakan dari siswa mempunyai minat belajar yang tinggi pada saat masih duduk di bangku sekolah dasar sampai sekolah menengah pertama yang pada saat itu masih memikirkan belajar saja, Berbeda dengan siswa pada usia remaja yang sudah mulai terpengaruh oleh beberapa faktor. Kajian dari studi literature ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang apa saja yang menyebabkan degradasi minat belajar pada siswa remaja dan bagaimana upaya pengentasan yang akan dilakukan agar minat belajar pada siswa remaja dapat meningkat sehingga menghasilkan prestasi yang lebih baik. Dari kesimpulan studi literatur ini, faktor-faktor penyebab degradasi minat belajar yang berasal dari faktor internal seperti tingkat intelegensi dan panca indra, kesehatan jasmani dan rohani, dan adanya sifat malas, Sedangkan faktor eksternal seperti faktor lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat. Selain dari faktor degradasi minat belajar, ada juga dampak yang diperoleh dari degradasi minat belajar siswa sehingga hasil belajar siswa menurun, selain itu juga, peran orang tua juga sangat penting dalam kegiatan belajar yang berhubungan dengan psikologi siswa, dan adapula beberapa pembahasan terkait upaya atau motivasi yang dilakukan dalam pengentasan degradasi minat belajar siswa pada lingkungan sekolah.References
Andriyani, Juli. “Korelasi Peran Keluarga Terhadap Penyesuaian Diri Remaja”, Jurnal Al-Bayan, Vol. 22, No. 34, (2016).
Ansori, Ilham, dkk. “Analisis Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Prestasi Belajar Pada Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama”, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiw, Vol. 5, No. 10, (2016).
Arnawan, Gede. “ Faktor Penyebab Kurangnya Minat Remaja Desa Terhadap Pendidikan di Perguruan Tinggi”, Jurnal Sosialisasi Pendidikan sosiologi-FIS UNM, Vol. 3, (2017).
Aunur Rohman, Ahmad dan Sayyidatul Karimah, “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Motivasi Belajar Pada Siswa Kelas XI”, Jurnal At-Taqaddum, Volume 10, Nomor 1, Juli 2018.
Batubara, Jose RL. “Adolescent Development (Perkembangan Remaja)”, Jurnal Sari Pediatri, Vol. 12, No.1, Juni 2010
Juniarti, Nia, dkk. “Faktor Penyebab Menurunnya Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Sosiologi di SMA”, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiw, Vol. 4, No. 2 (2018).
Kartini, Tien. “Penggunaan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa...”, Jurnal Pendidikan Dasar, NO. 8, Oktober 2007.
KBBI Online
Kemala Nasution, Indri. “Stres Pada Remaja”, 2007.
Lusiana Feronita, Yesinta dkk. “Hubungan Antara Kenakalan Remaja,Minat Bealajar dan motivasi Belajar”. Jurnal Ustjogja, (2018).
Melfianora. “Penulisan Karya Tulis Ilmiah Dengan Studi Literatur”. (2019)
Nurhasanah, Siti. “Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa”, Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, Vol. 1, No. 1 (2016), 128-135.
Sriyono, Heru dan Wahyudin. “Peran Tingkat Intelegensi dan Motivasi Belajar”, Research and Development Journal of Education, Vol. 3 No.1 Oktober 2016
Suprihatin, Siti. “Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa”, Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, Vol. 3, No. 1, (2015), 73-82.
Umar, Munirwan. “Peranan Orang Tua Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Anak”, Jurnal Ilmiah Edukasi, Vol.1 No. 1, (2015).
Ansori, Ilham, dkk. “Analisis Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Prestasi Belajar Pada Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama”, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiw, Vol. 5, No. 10, (2016).
Arnawan, Gede. “ Faktor Penyebab Kurangnya Minat Remaja Desa Terhadap Pendidikan di Perguruan Tinggi”, Jurnal Sosialisasi Pendidikan sosiologi-FIS UNM, Vol. 3, (2017).
Aunur Rohman, Ahmad dan Sayyidatul Karimah, “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Motivasi Belajar Pada Siswa Kelas XI”, Jurnal At-Taqaddum, Volume 10, Nomor 1, Juli 2018.
Batubara, Jose RL. “Adolescent Development (Perkembangan Remaja)”, Jurnal Sari Pediatri, Vol. 12, No.1, Juni 2010
Juniarti, Nia, dkk. “Faktor Penyebab Menurunnya Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Sosiologi di SMA”, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiw, Vol. 4, No. 2 (2018).
Kartini, Tien. “Penggunaan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa...”, Jurnal Pendidikan Dasar, NO. 8, Oktober 2007.
KBBI Online
Kemala Nasution, Indri. “Stres Pada Remaja”, 2007.
Lusiana Feronita, Yesinta dkk. “Hubungan Antara Kenakalan Remaja,Minat Bealajar dan motivasi Belajar”. Jurnal Ustjogja, (2018).
Melfianora. “Penulisan Karya Tulis Ilmiah Dengan Studi Literatur”. (2019)
Nurhasanah, Siti. “Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa”, Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, Vol. 1, No. 1 (2016), 128-135.
Sriyono, Heru dan Wahyudin. “Peran Tingkat Intelegensi dan Motivasi Belajar”, Research and Development Journal of Education, Vol. 3 No.1 Oktober 2016
Suprihatin, Siti. “Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa”, Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, Vol. 3, No. 1, (2015), 73-82.
Umar, Munirwan. “Peranan Orang Tua Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Anak”, Jurnal Ilmiah Edukasi, Vol.1 No. 1, (2015).