Tingkat Depresi, Stres, dan Kecemasan Mahasiswa Teknik Elektro selama Pembelajaran Daring
Abstract
Pandemi covid-19 sangat berdampak pada dunia pendidikan. Pembelajaran yang semula dilakukan dengan tatap muka berubah menjadi jarak jauh (daring) atau yang biasa disebut dengan pembelajaran online. Tidak sedikit mahasiswa yang mengeluh akan adanya perubahan tersebut. Keterbatasan sinyal hingga tingkat kepahaman materi menjadi keluhan para mahasiswa tersebut. Kejenuhan yang dialami oleh mahasiswa akibat pembelajaran online dapat berdampak pada kondisi psikologi seseorang. Jika dibiarkan, maka dapat mengakibatkan adanya gangguan depresi, stress, maupun kecemasan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan tingkat depresi, stress, dan kecemasan mahasiswa Teknik Elektro selama pembelajaran daring. Metode penelitian menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner DASS 21. Sampel yang digunakan yaitu sebanyak 90 mahasiswa Teknik Elektro Universitas Islam Lamongan. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah accidental sampling, yaitu dengan cara meminta kesediaan responden untuk terlibat dalam penelitian ini. Analisis yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis regresi berganda untuk mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh terhadap depresi, stress, dan kecemasan pada mahasiswa selama dilakukannya pembelajaran online. Hasil penelitian menunjukkan 17,8% responden mengalami depresi, 25,6% mengalami stress, dan 21,2% mengalami kecemasan. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi depresi, stres, dan kecemasan pada mahasiswa selama pembelajaran online adalah sulitnya menikmati waktu luang dan kesulitan dalam pembelajaran online.
References
Atkinson, R., Richard, A., & Hilgard, E. (1996). Introduction to psychology. Harcourt Brace College Publishers.
Dirgayunita, A. (2016). Depresi: Ciri, Penyebab dan Penanganannya. Journal An-Nafs: Kajian Dan Penelitian Psikologi, 1(1), 1–13.
Faroh, R. A. (2022). Pengaruh Pembelajaran Online dan Motivasi Belajar Terhadap IPS Mahasiswa Teknik Elektro Universitas Islam Lamongan Selama Pandemi COVID-19. Prosiding Seminar Nasional MIPA UNIBA, 365–371.
Firmansyah. (2007). Kecemasan dan High Performance. Universitas Negeri Jakarta.
Gaite, G., Ingkiriwang, E., & Tania, E. (2022). Gambaran Tingkat Stress, Kecemasan dan Depresi Mahasiswa saat Adaptasi Tahun Kedua Pandemi COVID-19. Jurnal Kedokteran Meditek, 28(3), 289–294. https://doi.org/10.36452/jkdoktmeditek.v28i3.2381
Hamidy, A., & Lam, K.-F. T. (2022). Determinant factors of mathematics achievement in online learning during the covid-19 pandemic. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 9(1). https://doi.org/10.21831/JRPM.V9I1.48860
Henry, J. D., & Crawford, J. R. (2005). The short-form version of the Depression Anxiety Stress Scales (DASS-21): Construct validity and normative data in a large non-clinical sample. British Journal of Clinical Psychology, 44(2), 227–239. https://doi.org/10.1348/014466505X29657
Husdarta. (2010). Psikologi Olahraga. Alfabeta.
Islam, Md. A., Barna, S. D., Raihan, H., Khan, Md. N. A., & Hossain, Md. T. (2020). Depression and anxiety among university students during the COVID-19 pandemic in Bangladesh: A web-based cross-sectional survey. PLOS ONE, 15(8). https://doi.org/10.1371/journal.pone.0238162
Jamil. (2015). Sebab dan Akibat Stres, Depresi, dan Kecemasan Serta Penanggulangannya. Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu Dan Budaya Islam, 3(1), 123–138.
Jessica, I., & Sriningsih, N. (2021). Hubungan Pembelajaran Daring Terhadap Kecemasan Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Di Masa Pandemi COVID-19. Nusantara Hasana Journal, 1(7), 117–123.
Jiang, F., Deng, L., Zhang, L., Cai, Y., Cheung, C. W., & Xia, Z. (2020). Review of the Clinical Characteristics of Coronavirus Disease 2019 (COVID-19). Journal of General Internal Medicine, 35(5), 1545–1549. https://doi.org/10.1007/s11606-020-05762-w
Kumbara, H., Metra, Y., & Ilham, Z. (2018). Analisis Tingkat Kecemasan (Anxiety) dalam Menghadapi Pertandingan Atlet Sepak Bola Kabupaten Banyuasin pada Porprov 2017. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 17(2), 28–35.
Lazarus, R. , S., & Folkman, S. (1984). Stress, Appraisal, and Coping. Springer Publishing Company.
Lindasari, S. W., Nuryani, R., Siti, N., & Sukaesih. (2021). Dampak Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Psikologis Siswa Pada Masa Pandemik Covid 19. Journal of Nursing Care, 4(2).
Lovibond, S., & Lovibond, PF. (1995). Manual for the Depression Anxiety & Stress Scales (2nd ed.). Psychology Foundation.
Lubis, N. L. (2016). Depresi Tinjauan Psikologis. Kencana.
Malfasari, E., Devita, Y., Erlin, F., & Filer. (2018). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kecemasan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Tugas Akhir di Stikes Payung Negeri Pekanbaru. Jurnal Ners Indonesia, 8(2), 124–131.
Maulida, S. R. (2016). Hubungan Tingkat Gejala Depresi dan Indeks Prestasi (IP) pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Tanjungpura Angkatan 2014. Universitas Tanjungpura.
Musa, R., Fadzil, A., & Zain, Z. (2007). Translation, validation and psychometric properties of Bahasa Malaysia version of the Depression Anxiety and Stress Scales (DASS). ASEAN Journal of Psychiatry, 8(2), 82–89.
Musthafa Fahmi. (1977). Kesehatan Jiwa Dalam Keluarga Sekolah dan Masyarakat (3rd ed.). Bulan Bintang.
Muyasaroh, H. (2020). Kajian Jenis Kecemasan Masyarakat Cilacap dalam menghadapi Pandemi Covid 19. LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT (LP2M) UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA AL GHAZALI (UNUGHA). https://repository.unugha.ac.id/858/1/Riset%20Kecemasan%20Masyarakat%20Cilacap%20Menghadapi%20Pandemi%20Covid-19.pdf
Nurwulan, N. R., & Selamaj, G. (2020). Working University Students in Riau Archipelago: Dual Role and Depression. Jurnal Educative: Journal of Educational Studies, 5(2), 123. https://doi.org/10.30983/educative.v5i2.3330
Pertiwi, S. T., Fransiska Moeliono, M., Kendhawati, L., Studi Magister Profesi Psikologi, P., Psikologi, F., Padjadjaran Jl Raya Bandung-Sumedang, U. K., -Sumedang, J., Barat, J., & untuk Korespondensi, P. (2021). Depresi, Kecemasan, dan Stres Remaja selama Pandemi Covid-19. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, 6(2). https://doi.org/10.36722/sh.v%vi%i.497
Ph, L., Fatkhul Mubin, M., & Basthomi, Y. (2020). “TUGAS PEMBELAJARAN” PENYEBAB STRES MAHASISWA SELAMA PANDEMI COVID-19. Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa, 3(2), 203–208.
Potter, D. F., & Perry, A. G. (2005). Buku Ajar: Fundamental Keperawatan, Konsep, Proses, dan Praktik (4th ed.). EGC.
Rahardjo, W., Qomariyah, N., Mulyani, I., & Andriani, I. (2020). Social media fatigue pada mahasiswa di masa pandemi COVID-19: Peran neurotisisme, kelebihan informasi, invasion of life, kecemasan, dan jenis kelamin. Jurnal Psikologi Sosial, 19(2), 142–152. https://doi.org/10.7454/jps.2021.16
Rahmi, S., Sovayunanto, R., & Fadilah, N. (2020). Stres Belajar Mahasiswa Universitas Borneo Tarakan di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Konseling Andi Matappa, 4(2), 125–129.
Sahu, P. (2020). Closure of Universities Due to Coronavirus Disease 2019 (COVID-19): Impact on Education and Mental Health of Students and Academic Staff. Cureus. https://doi.org/10.7759/cureus.7541
Sukadiyanto, S. (2010). STRESS DAN CARA MENGURANGINYA. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(1), 55–66. https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.218
Suwartika, I., Nurdin, A., Ruhmadi, E., Politeknik, D., & Kemenkes Tasikmalaya, K. (2014). Analisis Faktor Yang Berhubungan Dengan Tingkat Stress Akademik Mahasiswa Reguler
Program Studi D Iii Keperawatan Cirebon Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya. The Soedirman Journal of Nursing), 9(3).
Yanti, M. P., & Nurwulan, N. R. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Depresi, Stres, Dan Kecemasan Mahasiswa. Jurnal Muara Pendidikan, 6(1).