(LITERARTURE REVIEW) PENGEMBANGAN SISTEM MANAJEMEN PENELITIAN PENDIDIKAN BERKELANJUTAN MELALUI KOLABORASI INTERNASIONAL
Abstract
Pendidikan merupakan pilar utama dalam pembangunan suatu bangsa yang menghadapi tantangan global, seperti ketidaksetaraan akses pendidikan, perubahan iklim, kemajuan teknologi, dan dampak sosial-ekonomi. Untuk menghadapi tantangan tersebut, inovasi dalam pengelolaan dan penerapan penelitian pendidikan sangat diperlukan. Salah satu pendekatan yang efektif adalah pengembangan sistem manajemen penelitian pendidikan berkelanjutan melalui kolaborasi internasional. Kolaborasi ini memungkinkan berbagai negara dan lembaga pendidikan bekerja sama untuk mengatasi masalah pendidikan secara lebih efektif. Dalam pengembangan sistem manajemen penelitian pendidikan, tujuan utamanya adalah menghasilkan penelitian yang tidak hanya relevan dan berkualitas, tetapi juga dapat diterapkan secara efektif di berbagai negara dan memberikan dampak positif bagi masyarakat global. Kolaborasi internasional dalam penelitian pendidikan memiliki banyak manfaat, antara lain peningkatan kualitas penelitian melalui perspektif beragam, peningkatan kapasitas penelitian di negara berkembang, serta diseminasi hasil penelitian secara global. Beberapa bentuk kolaborasi internasional yang umum adalah program penelitian bersama, jaringan peneliti internasional, dan kemitraan pengembangan kapasitas. Selain itu, komponen penting dalam sistem manajemen penelitian pendidikan berkelanjutan mencakup perencanaan penelitian yang efektif, dengan melibatkan perencanaan dan kesepakatan antara negara-negara terkait mengenai tujuan, metodologi, dan sumber daya yang dibutuhkan. Melalui kolaborasi internasional, sistem manajemen penelitian pendidikan dapat lebih efektif dan berkelanjutan, memberikan solusi yang lebih komprehensif untuk tantangan pendidikan global.
References
Amelia, Mia, Irene Muflikh Nadhiroh, Rizka Rahmaida, Ria Hardiyati, and Tri Handayani. “Kolaborasi Penulis Indonesia Dalam Publikasi Ilmiah Internasional Keanekaragaman Hayati Indonesia.” In Forum Tahunan Pengembangan IPTEK Dan Inovasi Nasional Ke-7, Tahun, 177–80, 2017. https://osf.io/3u9kh/download.
Anggryni, Meri, Wiwi Mardiah, Yanti Hermayanti, Windy Rakhmawati, Gusgus Graha Ramdhanie, and Henny Suzana Mediani. “Faktor Pemberian Nutrisi Masa Golden Age Dengan Kejadian Stunting Pada Balita Di Negara Berkembang.” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5, no. 2 (2021): 1764–76.
Diana, Diana, and Luqman Hakim. “Strategi Kolaborasi Antara Perguruan Tinggi, Industri Dan Pemerintah: Tinjauan Konseptual Dalam Upaya Meningkatkan Inovasi Pendidikan Dan Kreatifitas Pembelajaran Di Perguruan Tinggi.” Prosiding Konferensi Nasional Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi (KNEMA) 1, no. 1 (2021). https://jurnal.umj.ac.id/index.php/KNEMA/article/view/9063.
Handoko, Yudo, Hansein Arif Wijaya, and Agus Lestari. Metode Penelitian Kualitatif Panduan Praktis Untuk Penelitian Administrasi Pendidikan. PT. Sonpedia Publishing Indonesia, 2024. https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=G_HvEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR1&dq=Pelaksanaan+penelitian+merupakan+tahap+yang+paling+menantang+dalam+manajemen+penelitian&ots=Aluqnmd_Br&sig=35AOpjclR5aVd4t60z3A6hrFRd0.
Hovland, Ingie. “Membuat Perbedaan: Pemantauan Dan Evaluasi Penelitian Kebijakan.” Overseas Development Westminster London UK, 2007. http://www.trainingadvokasi.smeru.or.id/ngo/files/116.pdf.
Husin, Husin, and Syahabuddin Nur. “Program Diseminasi Hasil Penelitian Serta Pendampingan Penelitian Dosen Pemula Se-Kalimantan Selatan.” JCES (Journal of Character Education Society) 3, no. 1 (2020): 78–85.
Jazeri, Mohamad, and Siti Zumrotul Maulida. “Hambatan Dan Harapan Pemartabatan Bahasa Indonesia.” Indonesian Language Education and Literature 4, no. 1 (2018): 52–61.
Krisnanik, Erly, Qinthara Saphira, and Intan Hesti Indriana. “Desain Model MBKM Dan Kolaborasi Kerja Sama Model Pentahelix Guna Meningkatkan Daya Saing Lulusan.” Proceeding KONIK (Konferensi Nasional Ilmu Komputer) 5 (2021): 138–42.
Marlina, Leny. “Manajemen Sumber Daya Manusia (Sdm) Dalampendidikan.” Istinbath 15, no. 1 (2015): 123–39.
Naibaho, Lamhot, and Djoys Anneke Rantung. “Peran Teknologi Dalam Proses Pembelajaran.” Jurnal Kolaboratif Sains 7, no. 1 (2024): 444–48.
Sanga, Laurensius Dihe, and Yvonne Wangdra. “Pendidikan Adalah Faktor Penentu Daya Saing Bangsa.” In Prosiding Seminar Nasional Ilmu Sosial Dan Teknologi (SNISTEK), 5:84–90, 2023. https://ejournal.upbatam.ac.id/index.php/prosiding/article/view/8067.
Setiyati, Setiyati, Tarman Tarman, Metta Metta, and Warman Warman. “Perencanaan Strategik Dalam Membangun Mutu Pendidikan Di Madrasah Syaichona Kholil Teluk Pandan.” Jurnal Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Borneo 5, no. 2 (2024): 267–81.
Sonia, Labiba, and Komarudin Sassi. “Menjelajahi Kesenjangan Gender Dalam Pendidikan: Studi Perbandingan Antara Swedia Dan Afghanistan.” Inspirasi Edukatif: Jurnal Pembelajaran Aktif 5, no. 4 (2024). https://ejurnals.com/ojs/index.php/jpa/article/view/436.
Supriandi, Supriandi, Tera Lesmana, Iman Subasman, Arief Yanto Rukmana, and Pria Mitra Purba. “Analisis Produktivitas Penelitian Pendidikan Di Negara Berkembang: Perbandingan Antara Negara Di Asia Tenggara.” Jurnal Pendidikan West Science 1, no. 07 (2023): 449–59.
Suryadi, Irwan, R. Wisnu Prio Pamungkas, and Fajar Satriyawan Wahyudi. “Peran Kepemimpinan Efektif Dalam Meningkatkan Kualitas Manajemen Pendidikan.” Journal of International Multidisciplinary Research 1, no. 2 (2023): 129–45.
Taufik, Ali. “Perspektif Tentang Perkembangan Sistem Pembelajaran Jarak Jauh Di Kabupaten Kutai Kartanegara Kalimantan Timur.” Jurnal Pendidikan&Konseptual 3, no. 2 (2019): 88–98.
Yetti, Salma, Aldri Frinaldi, and Syamsir Syamsir. “Implementasi Kebijakan Pendidikan Terhadap Kebijakan Publik.” JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah 8, no. 2 (2023): 545–51.