Pendidikan Karakter di Sekolah/Madrasah

  • Rosita Rosita UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
Keywords: Pendidikan Karakter, Sekolah, Madrasah

Abstract

Pendidikan karakter di sekolah/madrasah memiliki peran penting dalam membentuk generasi yang tidak hanya unggul secara akademis tetapi juga berakhlak mulia, beretika, dan bertanggung jawab sosial. Artikel ini mengkaji pendidikan karakter melalui pendekatan literatur, dengan tujuan untuk menganalisis tujuan, fungsi, landasan hukum, bentuk dan model pelaksanaan pendidikan karakter di sekolah/madrasah serta penanaman nilai dan upaya pendidikan karakter di sekolah/madrasah. Hasil kajian menunjukkan bahwa pendidikan karakter harus diintegrasikan ke dalam semua aspek pembelajaran, termasuk kegiatan akademik dan ekstrakurikuler, dengan dukungan penuh dari guru, orang tua, dan masyarakat. Implementasi pendidikan karakter juga dihadapkan pada berbagai tantangan seperti kurangnya pemahaman guru, keterbatasan sumber daya, serta dampak era digital. Untuk mengatasi tantangan ini, diperlukan inovasi yang mendalam, peningkatan kompetensi guru, serta sinergi antar pemangku kepentingan. Melalui pendidikan karakter yang efektif, yang diiringi dengan internalisasi nilai-nilai karakter serta dukungan yang kuat dari pemerintah dan lembaga sekolah/madrasah, peserta didik akan siap menghadapi tantangan global dengan moralitas dan integritas yang tangguh.

References

Referensi
A. Rachman, Pendidikan Karakter: Nilai Dan Etika Dalam Pembelajaran (Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kemenag RI, 2018)
A. Zubaedi, Desain Pendidikan Karakter: Konsep Dan Aplikasinya Di Sekolah/Madrasah (Yogyakarta: Kencana Prenada Media Group, 2011)
Agus Wibowo, Pendidikan Karakter, Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012)
Ahmad Muhaimin Azzet, Urgensi Pendidikan Karakter Di Indonesia, Revitalisasi Pendidikan Karakter Terhadap Keberhasilan Belajar Dan Kemajuan Bangsa (Yogyakarta: Arruz Media, 2011)
Akhmad Riadi, ‘Pendidikan Karakter Di Sekolah/Madrasah’, Ittihad Jurnal Kopertais Wilayah XI Kalimantan, Vol. 14, N (2016), 2
Al-Yamin, S, Pendidikan Karakter: Mewujudkan Generasi Unggul (Jakarta: Guepedia, 2020)
Ali, A.M., Pendidikan Karakter: Konsep Dan Implementasinya (Jakarta: Kencana, 2018)
Asri, S, and S Deviv, ‘Character Education: A Review of Implementation and Challenges in Schools’, Journal of Indonesian Scholars for Social Research, 4 (1) (2023), 1–6
Azyumardi Azra, Pendidikan Islam : Tradisi Dan Modernisasi Menuju Millenium Baru, Logos Waca (Jakarta, 1999)
Depdiknas RI, Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 3 (Jakarta, 2003)
Ditjen PSMP Kemdiknas, Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter Di Sekolah Menengah Pertama (Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010)
E Mulyasa, Manajemen Berbasis Sekolah Dan Madrasah (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007)
J. Phillippi, J. Lauderdale, Qualitative Health Research. A. Guide to Field Notes for Qualitative Research: Context and Conversation, 2018
Jamal, and Ma’mur Asmani, Buku Panduan Internalisasi Pendidikan KArakter Di Sekolah (Yogyakarta: Diva Press, 2011)
K.H Dewantara, Dewantara, K. H. (1961). Karya Ki Hadjar Dewantara Bagian Pertama: Pendidikan. (Yogyakarta: Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa, 1961)
Kemendiknas, Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter (Jakarta: Peneilitian dan Pengembangan Puskurbuk, 2011)
Lubis, Rahmat Rifai, and Miftahul Husni Nasution, ‘Implementasi Pendidikan Karakter Di Madrasah Ibtidaiyah’, JIP: Jurnal Ilmiah PGMI, Vol. 3, No (2017), 31
M. Isom Yusqi, ‘Outlook 2023 Pendidikan Madrasah: Tantangan Dan Peluang’, KSKK Madrasah (Kementerian Agama Republik Indonesia, 2023)
Maharani, Azzahra Syabilla, and Ade Akhmad Saputra, ‘Manajemen Pendidikan Islam Dalam Membentuk Karakter Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah’, Edumanajerial: Journal of Educational Management, Vol. 2, No (2024), 12
Mahardika, I Ketut, Nadia Mukarromah, Martha Septyaningtyas, and Dwika Citra Ayu Purnamasari, ‘Penerapan Pendidikan Karakter Sebagai Solusi Dalam Pertumbuhan Dan Perkembangan Peserta Didik Yang Baik’, Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Vol. 10, N (2024), 169
Masnur Muslich, Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional (Jakarta: Bumi Aksara, 2011)
Mochammad Ircham Maulana, ‘Teachers’ Enactments of Character Education: A Case Study from Indonesia’, Jurnal: Pendidikan Karakter, Vol. 13, N
Muhibbin Syah, Psikologi Belajar (Jakarta: Rajawali Pers, 2009)
Mulyasa, Manajemen Pendidikan Karakter (Jakarta: Bumi Aksara, 2016)
Mulyasa, E, Manajemen Pendidikan Karakter (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2012)
Ni Nengah Sri Armini, ‘Pelaksanaan Pendidikan Karakter Di Lingkungan Sekolah Sebagai Upaya Membentuk Pondasi Moral Generasi Penerus Bangsa’, Jayapangus PressMetta: Jurnal Ilmu Multidisiplin, Vol. 4, No (2024), 114–15
Ningsih, D. T., Implementasi Pendidikan Karakter (Purwokerto: STAIN Press Purwokerto, 2015)
Permendiknas, Peraturan Menteri Pendidikan Nasional, Nomor 23 Tahun 2010 Tentang Pendidikan Budaya Dan Karakter Bangsa (Jakarta, 2010)
Presiden Republik Indonesia, Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2017 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter (Jakarta, 2017)
Thomas Lickona, Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility (New York: Bantam Books, 1991)
Universitas Islam An-Nur Lampung, ‘Pendidikan Karakter Di Indonesia: Landasan, Implementasi, Tantangan, Dan Harapan’, Https://An-Nur.Ac.Id/Blog/Pendidikan-Karakter-Di-Indonesia-Landasan-Implementasi-Tantangan-Dan-Harapan.Html, 2023
Yofa Zebua, R.S., Model PembelajaranPendidikan Karakter: Panduan Operasional Untuk Pembelajaran Online Dan Dilengkapi Contoh Implementasi Pada Mapel PAI & BP (Makassar: PT. Nas Media Indonesia, 2021)
Zainal Ilmi, Hambatan Dan Solusi Pelaksanaan Pendidikan Karakter Di Sekolah/Madrasah (Banjarmasin: Publisher, 2023)
Zamroni, Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Sosial (Jakarta: Gramedia, 2011)
Published
2024-11-23
How to Cite
Rosita, R. (2024). Pendidikan Karakter di Sekolah/Madrasah. Borneo Journal of Primary Education, 4(2). https://doi.org/10.21093/bjpe.v4i2.5115