Pengaruh Kepemimpinan Kepala Madrasah Terhadap Peningkatan Kinerja Guru
Abstract
Pencapaian tujuan pendidikan memerlukan pengetahuan dan keterampilan profesional untuk menjamin terselenggaranya pendidikan yang berkualitas. Unsur utama dalam penyelenggaraan pendidikan yang berkualitas adalah adanya kepemimpinan yang kuat. Seorang pemimpin membutuhkan kemampuan untuk menciptakan kondisi dan lingkungan kerja yang menguntungkan dan memotivasi guru, sehingga dapat meningkatkan kinerjanya. kinerja guru memegang peran penting dalam pencapaian tujuan sekolah, karena kinerja guru diperhatikan oleh siswa dan orang tua siswa, sehingga kinerja guru menjadi perhatian semua pihak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala madrasah terhadap peningkatan kinerja guru di MI DDI Tani Aman Samarinda. Pendekatan penelitian menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan rumus korelasi product moment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru di MI DDI Tani Aman, dengan jumlah guru 24 orang sehingga dalam penelitian ini digunakan penelitian populasi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Uji persyaratan analisis yang dilakukan adalah uji normalitas dan linearitas. Uji hipotesis menggunakan analisis regresi sederhana. mengembangkan kemampuan logika matematika, pengetahuan ruang dan waktu, kemampuan memilih dan mengelompokkan serta kemampuan dalam berhitung permulaan. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: kepemimpinaan kepala madrasah berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kinerja guru di MI DDI Tani Aman Samarinda yang di tunjukkan dengan F hitung sebesar 2,847 dan F tabel sebesar 4,30 dengan hasil perbandingan 2,847 < 4,30. Kepemimpinan kepala madrasah sudah cukup memadai begitu pula tingkat kinerja guru di MI DDI Tani Aman juga sudah cukup memadai dengan tingkat pengaruh antara variabel X (kepemimpinan kepala madrasah) dan variabel Y (peningkatan kinerja guru) bernilai 0,33847 sehingga tingkat pengaruhnya masuk dalam kategori rendah. Hipotesis adanya pengaruh kepemimpinan kepala madrasah terhadap peningkatan kinerja guru di MI DDI Tani Aman diterima dengan hasil perhitungan T hitung lebih kecil dari T tabel atau 1,687 < 2,073 dan besarnya pengaruh kepemimpinan kepala madrasah terhadap peningkatan kinerja guru adalah sebesar 11,45%. Beberapa faktor penyebab rendahnya pengaruh kepemimpinan kepala madrasah terhadap peningkatan kinerja guru ialah kurangnya dalam menekankan disiplin yang tinggi dalam bekerja, kurang dalam memberikan apresiasi dan penghargaan atas kinerja guru, serta kurangnya kepercayaan terhadap bawahan. An ideal learning is effectively managed and focused on the learners.
References
Cece Wijaya, 1992, Upaya Pembaharuan Dalam Pendidikan dan Pengajaran, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Departemen Agama RI, 2012, Al-Qur’anul Karim Terjemah dan Tajwid Berwarna, Jakarta: Insan Media Pustaka.
Jerry H. Makawimbang, 2001, Kepemimpinan Pendidikan yang Bermutu, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mangkunegara, 2004, Manajemen Sumber Daya Kemanusiaan Perusahaan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyadi, 2010, Sistem Perencanaan dan pengendalian Manajemen, Yogyakarta: Aditya Media.
Mulyasa, 2012, Manajemen & Kepemimpinan Kepala Sekolah, Jakarta: Bumi Aksara.
Republik Indonesia, Peraturan pemerintah RI No.74 Tahun 2008, Tentang Guru.
Republik Indonesia, PMA No. 16 Tahun 2010 tentang Pengelolaan pendidikan Agama pada Sekolah.
Sugiyono, 2016, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R&D), Bandung: Alfabeta.
Suparlan, 2005, Menjadi Guru Efektif, Yogyakarta: Hikayat.
Tilar, 1990, Pendidikan Dalam Pembangunan Nasional Menyongsong Abad XXI, Jakarta: Balai Pustaka.
Asiah, Siti N O R, Adam Bin, Haji Jait, and Mohammad Salehudin, ‘The Implementation of Rewards in Creating Discipline for Early Childhood Group Ages 5-6 Years’, 2.1 (2022), 43–51
Bontang, Kanak-kanak A L Ihsan, ‘S y a m i L’, 7 (2019)
Bontang, Yabis, and Lina Revilla Malik, ‘FENOMENA : Jurnal Penelitian’, 11.1 (2019), 67–90
Eka, Siti Nor Asiah, and Livita Magfiratul Laili, ‘Strategi Dan Hambatan Manajemen Pengelolaan Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini’, Dirasat: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 8.1 (2022), 90–101
Hanim, Zaenab, Masyni Masyni, Rahmad Soe`oed, and Siti Nor Asiah, ‘Learning Innovation Management on Effective Classes at SMPIT Cordova Samarinda’, Dinamika Ilmu, 19.2 (2019), 225–36
Hasanah, Naomi, and Wildan Saugi, ‘Fenomena Ketidakpercayaan Diri Mahasiswa IAIN Samarinda Ketika Berbicara Di Depan Umum’, Borneo Journal of Islamic Education, I.1 (2021), 1–12
Hidayati, Sri Robingatin Saugi Wildan, ‘Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna Melalui Kegiatan Mencampur Warna Di TK Kehidupan Elfhaluy Tenggarong’, Pendidikan Anak Usia Dini, 4.1 (2020), 24
Khadijah, Robingatin, ‘AL ATHFAAL: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Uisa Dini KEMITRAAN ORANGTUA DAN MASYARAKAT DALAM PROGRAM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI’, 2.1 (2019), 35–57
Logika, Kecerdasan, Matematika Anak, Usia Dini, and Zakiyah Ulfah, ‘Efektivitas Permainan Maze Angka Dalam Meningkatkan’, 1 (2021), 103–14
Maryam, Siti, Ahmad Riyadi, and Wildan Saugi, ‘Implementasi Pendidikan Berbasis Sistematika Wahyu’, El-Buhuth: Borneo Journal of Islamic Studies, 2.1 (2019), 9–23
Mujahidah, ‘Implementasi Teori Ekologi Bronfenbrenner Dalam Membangun Pendidikan Karakter Yang Berkualitas’, Lentera, IXX.2 (2015), 171–85
Mujahidah Mujahidah, ‘Faktor Situasional, Orientasi Tujuan, Dan Locus of Control Sebagai Prediktor Praktek Menyontek: Penyusunan Dan Pengujian Model’, Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 16.1 (2013), 35–52
Nor, Siti, and Asiah Rizky, ‘Penerapan Kegiatan Finger Painting Pada Kemampuan Motorik Halus’, 1.c (2022), 87–92
Robingatin, R, S N Asiah, and E Ekawati, ‘Kemampuan Motorik Halus Anak Laki-Laki Dan Perempuan’, BOCAH: Borneo Early …, 1.c (2021), 55–63
Salsabila, Urwatul Wusqo Nur, and Wildan Saugi, ‘Pengaruh Bimbingan Al-Qur’an Terhadap Pemahaman Hukum Tajwid Pada Bacaan Al-Qur’an Mahasiswa Kelas Khusus Internasional’, Jurnal Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Borneo, 1.2 (2020), 139–48
Saugi, Wildan, ‘Peningkatan Kemampuan Berhitung Melalui Permainan Tradisional Dakon Di Raudhatul Athfal Al Kamal 1 Palaran Samarinda Developing Arithmetic Skills Through Traditional Game Dakon At Raudhatul Athfal Al Kamal 1 Palaran Samarinda’, Jurnal Ilmiah PESONA PAUD, 7.1 (2020), 1–14
Saugi, Wildan, Zurqoni Zurqoni, Syarifaturrahmatullah Syarifaturrahmatullah, Muhamad Hasan Abdillah, Sri Susmiyati, and Ibnu Sutoko, ‘Cinta Dan Kehangatan: Studi Kualitatif Pembentukan Nilai Toleransi Anak Usia Dini Di Papua’, Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6.6 (2022), 5630–40
Secara, Diperam, Tradisional Dengan, and Diperam Menggunakan, ‘Jurnal Tarbiyah & Ilmu Keguruan (JTIK) Borneo’, I.2 (2020), 63–71
Sunanik, ‘Penguatan Ekonomi Kreatif Dan Inovatif’, J-Adimas, 1.1 (2015), 20–27
Sunanik, Sunanik, ‘Pelaksanaan Terapi Wicara Dan Terapi Sensori Integrasi Pada Anak Terlambat Bicara’, Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 7.1 (2013), 19–44
———, ‘Pembelajaran Berbasis Alam Untuk Anak Usia Dini Di Tk Alam Alazhar Kutai Kartanegara’, Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 3.1 (2018), 81–110
———, ‘Perkembangan Anak Ditinjau Dari Teori Konstruktivisme’, SYAMIL: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education), 2.1 (2014), 14
Tadjuddin, Nilawati, Robingatin, Meriyati, Eti Hadiati, Rifda El-Fiah, Ahmad Walid, and others, ‘Emotional Intelligence of Elementary Scholar: Instructional Strategy and Personality Tendency’, European Journal of Educational Research, 9.1 (2020), 203–13
Widyastuti, Laras Retno, Lina Revilla Malik, and Abdul Razak, ‘Efektivitas Permainan Tradisional Engklek Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika’, Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 9.1 (2020), 19–24
Xc, F-, and F- Xc, ‘PEMANFAATAN JEJARING SOSIAL (FACEBOOK) SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI Mujahidah *’, XV.1 (1876), 101–14
Zainuddin, Zainuddin, Ananiah Ananiah, and Wildan Saugi, ‘Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kualitas Kinerja Guru Di Madrasah Tsanawiyah Darul Ihsan Anggana’, Jurnal Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Borneo, 1.2 (2020), 179–87