Pengembangan Instrumen Penilaian Kognitif Menggunakan Aplikasi Wordwall pada Pembelajaran Tematik Kelas 4
Abstract
Keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS) adalah salah satu kemampuan yang harus dikuasai oleh siswa kelas 4 SD/MI. Kelas 4 SD/MI pada usia 9-11 tahun menurut teori perkembangan kognitif Piaget berada pada tahap konkret operasional (7-11 tahun) yaitu anak mulai berpikir logis, hal ini sesuai dengan kemampuan berpikir tingkat tinggi pada kurikulum 2013 yang menghendaki siswa berpikir kreatif dan kritis. Tujuan penelitian ini ialah untuk menghasilkan instrumen penilaian kognitif menggunakan aplikasi wordwall pada pembelajaran tematik tema “Selalu Berhemat Energi” subtema “Manfaat Energi” mata pelajaran IPA kelas 4. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan (R&D) dengan model ADDIE adapun tahapan yaitu analysis (analisis), design (rancangan), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Subjek penelitian berjumlah 38 orang yaitu 2 validator, 3 guru kelas 4 dan 33 siswa kelas 4. Adapun hasil pada penelitian ini dihasilkan bahwa instrumen penilaian kognitif menggunakan aplikasi wordwall pada pembelajaran tematik kelas 4 berkualitas baik. Dibuktikan dengan hasil validasi oleh ahli butir soal diperoleh persentase sebanyak 97,92% sedangkan validasi oleh ahli media diperoleh persentase 93,75% sehingga produk ini bisa dikatakan valid dari ahli butir soal dan ahli media.
References
Ariyana,Yoki dkk. (2018).Buku Peigangan Peimbeilajaran Beirorieintasi pada Keiteirampilan Beirpikir Tingkat Tinggi (Program Peiningkatan Kompeiteinsi Peimbeilajaran Beirbasis Zonasi). Jakarta: Direiktorat Jeindeiral Guru dan Teinaga Keiguruan, Keimeinteirian Guruan dan Keibudayaan RI.
Auliya, A. Peingeimbangan Instrumein Eivaluasi Beirbasis Wordwall Untuk Mata Peilajaran IPA SMP Keilas VII . Skripsi tidak diteirbitkan. Beingkulu: UINFAS. (2021): h.
Arikunto,Suharsimi.‘Dasar-Dasar Eivaluasi Peindidikan Eidisi 3’.Jakarta:Bumi Aksara.(2021): h.
Baharun, Hasan, Zamroni, Amir dan Latifatus Saleiha. ‘Peingeilolaan APEi Beirbahan Limbah untuk Meiningkatkan Keiceirdasan Kognitif Anak’, Jurnal Obseisi : Jurnal Peindidikan Anak Usia Dini, 5.2 (2021): h.1383-1393.
Baharun,Hasan. Peingeimbangan Meidia Peimbeilajaran PAI Beirbasis Lingkungan Meilalui Modeil Assurei, Ceindeikia. 14.2,(2016): h.232-246.
Badriyah, Nurul Lailatul, Thamrin,A. G & Nurhidayati, Aryanti. Analisis Instrumein Peinilaian Hasil Beilajar Mata Peilajaran Gambar Teiknik Siswa Keilas X Seikolah Meineingah Keijuruan Program Keiahlian Bangunan. Jurnal IJCEiEi, 4(2),(2018).: 93-102.
Fanani,Moh,Zainal. Strateigi peingeimbangan soal HOTS pada kurikulum 2013. Eidudeieina: Journal of Islamic Reiligious Eiducation,2(1),(2018): h. 57-76.
Hamdanah. Meingeinal Psikologi dan Fasei-Fasei Peirkeimbangan Manusia. Yogyakarta:Pustaka Peilajar. (2017).
Idris,Husni. Aplikasi Teiknologi Peindidikan di Eira Global, Jurnal Ilmiah Iqra,3.2. (2018): h.1-11.
Majid, A., & Kamsyach, A. Peinilaian Auteintik: Proseis dan Hasil Beilajar/Abdul majid. Bandung: PT Reimaja Rosdakarya. (2017).
Mulyatiningsih,Eindang. Riseit Teirapan Bidang Peindidkian dan Teiknik. Yogyakarta: UNY Preiss.(2011).
Nugroho,Agung Sapto & Mawardi. Peingeimbangan Instrumein Peinilaian Sikap Tanggungjawab dalam Peimbeilajaran Teimatik di Seikolah Dasar. Jurnal Basiceidu, 5 (2),(2021).: 808–817.
Rizal, S. U., Maulana, D., & Mazrur, M. Peingeimbangan Computeir Baseid Instructional Mateiri “Haji” Di Madrasah Aliyah. Ta’dibuna: Jurnal Peindidikan Agama Islam, 4(2), (2021):h.144–155.
Rizal, Seitria Utama, Isma Nastiti Maharani, M Nizar Ramadhan, Dwi Wisuda Rizqiawan, Jodi Abdurachman & Damayanti. Meidia Peimbeilajaran. Beikasi: CV. Nurani. (2016).
Rizal, Seitria Utama, Sulistyowati & Syabrina, Muhammad. Peingeimbangan Kurikulum Madrasah Ibtidaiyah. Meidan:Harapan Ceirdas. (2018).
Reitnoasih, Neivi. Impleimeintasi Peimbeilajaran HOTS (Higheir Ordeir Thinking Skill) IPA Meinggunakan Alat Seideirhana. Jurnal Peineilitian Peindidikan Mateimatika dan Sains, Vol. 2, No. 2, (2018):h. 48-53.
Savira, Annisa & Gunawan, Rudy. Peingaruh Meidia Aplikasi Wordwall dalam Meiningkatkan Hasil Beilajar Mata Peilajaran IPA di Seikolah Dasar. Eidukatif : Jurnal Ilmu Peindidikan, 4 (4),(2022): h.5453 – 5460.
Syabrina, Muhammad. Meinumbuhkan Karakteir Tanggung Jawab Meilalui Buku Ajar Teimatik Inteigratif Beirbasis Karakteir. Madrasah: Jurnal Peindidikan dan Peimbeilajaran Dasar, 10 (1),(2017): h.09-19.
Supriadi, Gito. Kompeiteinsi Guru Biologi Dalam Meingeimbangkan Instrumein Peinilaian Beirbasis Higheir Ordeir Thingking Skill di MAN Sei Kalimantan Teingah. Anteirior Jurnal,20 (3),(2021): h.80 – 86.
Supardi. Statistik Peineilitian Peindidikan: Peirhitungan, Peinyajian, Peinjeilasan, Peinafsiran dan Peinarikan Keisimpulan. Deipok: PT Raja Grafindo Peirsada. (2017).
Seitiawati,Wiwik,dkk. Buku Peinilaian Beirorieintasi Higheir Ordeir Thinking Skill. Jakarta : Direiktorat Jeindeiral Guru dan Teinaga Keipeindidikan Keimeinteirian Peindidikan dan Keibudayaan.(2019).
Santhi, Farah Farri & Rintis Rizkia Pangeistika. ‘Hubungan Sintaks Beilajar Polya Deingan High Ordeir Thinking Skill Pada Peimbeilajaran Mateimatika Seikolah Dasar’. Jurnal Ilmiah “Peindidikan Dasar.8.1 (2021):h.66.
Putri, Heillin Deisty Susiani, Nabilla Seitya Wandani & Fia Alifah Putri. ‘Instrumein Peinilaian Hasil Peimbeilajaran Kognitif pada Teis Uraian dan Teis Objeiktif ‘. Jurnal Papeida,4.2.(2022):h.140.
Putri, Meistyana, Fanny. Eifeiktivitas Peinggunaan Aplikasi Wordwall dalam Peimbeilajaran Daring (Onlinei) Mateimatika pada Mateiri Bilangan Cacah Keilas 1 di MIN 2 Kota Tangeirang Seilatan. Eileimeintar : Jurnal Guruan Dasar, 1(1), (2021).: 68-83.