Pengembangan Pembelajaran Matematika Think Talk Write Berorientasi pada Kemampuan Matematis

  • Ishmatul Maula State Islamic Institute of Samarinda
Keywords: matematika, think talk write, kemampuan matematis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan rancangan pembelajaran matematika Think Talk Write (TTW) yang berorientasi pada kemampuan matematis siswa. Rancangan pembelajaran ini diwujudkan dalam bentuk perangkat pembelajaran berupa Rencana Pelakasanaan Pembelajaran (RPP) yang dikembangkan menggunakan model Plomp (2010) yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Dalam pelaksanaan pengembangan ini menggunakan tiga tahapan Plomp, yaitu Preliminary Research, Prototyping Phase, dan Assessment Phase. Hasil penelitian pengembangan menunjukkan bahwa rancangan pembelajaran matematika Think Talk Write telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif yang mampu menumbuhkan kemampuan matematis berupa kemampuan pemecahan masalah, komunikasi dan refresentasi.

References

Germain, Jesse L. 2014. Guided discovery: A Twentieth Century Model Proves useful in the Twenty-First Century Classroom. United States Military Academy. Vol. 20 No. 12.

Hobri. 2010. Metodologi Penelitian Pengembangan. Jember: Pena Salsabila.

Hudojo, Heman. (2003). Teori Belajar dalam Proses Belajar Mengajar Matematika. Jakarta: Depdikbud

Huinker & Laughlin. (1996). Talk your way into writing. New York: Year Book.

National Council of Teacher of Mathematatics. (2000). Principle of mathematics. Virginia: National Council of Teacher of Mathematics.

Plomp, Tjeerd dan Nieveen Nienke. (2010). An Introduction to Educational Desaign Research. Netherlands: SLO.

Published
2021-02-23
How to Cite
Maula, I. (2021). Pengembangan Pembelajaran Matematika Think Talk Write Berorientasi pada Kemampuan Matematis. Borneo Journal of Science and Mathematics Education, 1(1), 1-6. https://doi.org/10.21093/bjsme.v1i1.3129