Engineering Design Process pada STEM melalui Authentic PBL dan Asesmen Formatif : Meninjau Desain Argumentasi Ilmiah Siswa Terkait Termodinamika
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggali kemampuan argumentasi ilmiah siswa pada materi Termodinamika melalui EDP-authentic PBL dan asesmen formatif. Metode yang digunakan yaitu mixed method dengan sampel 32 siswa kelas XI IPA di Sumba Barat (NTT). Instrumen tes Argumentasi Ilmiah terdiri dari 5 butir soal essay dengan reliabilitas 0,728. Analisis kuantitatif berdasarkan data pretest dan posttest menggunakan uji Paired Samples Test, N-gain, dan effect size. Data kualitatif dari hasil jawaban siswa, wawancara dan observasi. Argumentasi ilmiah siswa dikategorikan berdasarkan level 1 (sangat lemah), level 2 (lemah), level 3 (cukup kuat), level 4 (kuat), dan level 5 (sangat kuat). Hasil kemampuan argumentasi ilmiah siswa menunjukkan peningkatan yang signifikan, dengan N-gain = 0,60 (kategori sedang), dan effect size = 3,86 (kategori kuat). Rata-rata tingkat argumentasi ilmiah siswa dari sangat lemah (pretest) menjadi cukup kuat (posttest). Selain itu, siswa masih mengalami kesulitan dalam membuat komponen-komponen argumentasi saling berkaitan. Penelitian selanjutnya sebaiknya menambahkan aspek “Seni” dan “Agama”, menjadi pendekatan STREAM dalam upaya membangun kemampuan argumentasi ilmiah yang lebih baik.
References
Andersson, C., & Palm, T. (2017a). Characteristics of improved formative assessment practice. Education Inquiry, 8(2), 104–122. https://doi.org/10.1080/20004508.2016.1275185
Andersson, C., & Palm, T. (2017b). The impact of formative assessment on student achievement : A study of the effects of changes to classroom practice after a comprehensive professional development programme. Learning and Instruction, 49, 92–102. https://doi.org/10.1016/j.learninstruc.2016.12.006
Aulia, D. M., Parno, & Kusairi, S. (2021). Pengaruh E-moduleeBerbasis TPACK-STEMterhadap Literasi Sains Alat Optik dengan Model PBL-STEM Disertai Asesmen Formatif. Jurnal Riset Pendidikan Fisika, 6(1), 7–12. http://journal2.um.ac.id/index.php/jrpf/article/view/16404/8028
Bao, T. Q., Khoa, C. T., Ngoc, N. T., Thu Ha, N. T., Hoan, V. Q., Quang, P. H., & Ha, C. V. (2019). Teaching and Learning about Magnetic field and Electromagnetic Induction Phenomena integrated Science, Technology, Engineering and Mathematics (STEM) Education in Vietnamese high schools. Journal of Physics: Conference Series, 1340(1), 0–12. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1340/1/012031
Barrows, H. S., & Lynda, W. K. N. (2007). Principles and Practice of authentic Problem-based Learning. Pearson Education South Asia.
Bezen, S., Aykutlu, I., & Bayrak, C. (2016). Conceptual comprehension of pre-service physics teachers towards 1st law of thermodynamics. Journal of Turkish Science Education, 13(1), 55–75. https://doi.org/10.12973/tused.10157a
Black, P., & Wiliam, D. (1998). Assessment and classroom learning. In International Journal of Phytoremediation (Vol. 21, Issue 1). https://doi.org/10.1080/0969595980050102