Pengaruh Penggunaan Schoology pada Model Pembelajaran The Power of Two Terhadap Self Regulated Learning dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Persamaan Reaksi
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan schoology pada model pembelajaran the power of two terhadap self regulated learning dan hasil belajar kognitif siswa pada materi persamaan reaksi. Penelitian ini dilakukan di kelas X TLM dan X DA SMK Negeri 17 Samarinda tahun ajaran 2017/2018. Metode pengumpulan data menggunakan validasi, observasi, tes, dan angket. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pendekatan Post Test-Only Control Group Design. Teknik pemilihan sampel yang digunakan adalah teknik Purposive Sampling dan analisis data menggunakan uji F dan uji t dengan taraf signifikansi 0,05 menggunakan aplikasi Microsoft Excel 2013. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) perolehan thitung = 2,083 lebih besar dari ttabel = 1,999 yang berarti terdapat pengaruh signifikan antara penggunaan schoology pada model pembelajaran the power of two terhadap self regulated learning siswa pada materi persamaan reaksi. (2) perolehan thitung = 6,957 lebih besar dari ttabel = 1,999 yang berarti terdapat pengaruh signifikan antara penggunaan schoology pada model pembelajaran the power of two terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi persamaan reaksi.
Kata-kata kunci : schoology, the power of two, self regulated learning
References
Allen, Michael. 2013. Michael Allen’s Guide to E-learning. (Online). Canada : John Wiley & Sons. Diakses pada 3 Juni 2017
Ardiansyah, Ivan. 2013. Eksplorasi Pola Komunikasi dalam Diskusi Menggunakan Moddle pada Perkuliahan Simulasi Pembelajaran Kimia, Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pengantar Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Basori. 2013. Pemanfaatan Social Learning Network Schoology dalam Membantu Perkuliahan Teori Bodi Otomotif di Prodi PTM JPTK FKIPUNS”. JIPTEK, Vol. No. 21
Bell Gredler, E. Margaret. 1991. Belajar dan Membelajarkan. Jakarta: CV. Rajawali
Chandrawati, Sri Rahayu. 2010. Pemanfaatan E-learning dalam Pembelajaran. Jurnal pendidikan. (Online), Vol. 8 No. 2. http://jurnal.untan.ac.id/, diakses 22 Mei 2017
Darmawan, Deni.2014. Pengembangan E-Learning Teori Dan Desain. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Epignosis. 2014. E-Learning Concepts, Trends, Applications. [Online] . San Fransisco: American Management Association, Inc diakses pada 28 Mei 2017.
Febryastuti Dias. 2016. Penggunaan Metode Blended Learning Dengan Media Schoology Untuk Meningkatkan Self Regulated Learning Siswa X RPL 1 SMKN 1 Tengaran. [Online]. Skripsi.Universitas Kristen Satya Wacana. Salatiga
Ferry, Kade. 2015. Pengembangan Portal E-Learning Berbasis Schoology pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII di SMPN 1 Banjarangkan. Jurnal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha. Vol.3 No.1
Filho, M.K.C. 2001. A review on theories of self-regulation of learning. Bull. Grad. Shool Educ. Hiroshima Univ, Part III, 50, 437-445. [Online]. http://ir.lib.hiroshimau.ac.jp/metadb/up/niikiyo/Kj00004253985.pdf diakses pada 2 Juni 2017
Ghufron, M. N., & Risnawati, R. S. 2011. Teori-teori Psikologi. Jogjakarta: Ar-ruzz Media.
Henderson, Allan J. 2003. The E-Learning Questions And Answer Book. [Online]. New York: American Management Association, Inc. diakses pada 28 Mei 2017.
Ishfaraini, Khansha dkk .2015. Efektifitas Penggunaan E-learning berbasis Schoology dengan menggunakan model discovery learning terhadap prestasi belajar siswa pada mata Pelajaran Sistem Komputer Tahun Pelajaran 2015/2016. [Online].JIPTEK Vol.10 No.2. Universitas Sebelas Maret. Surakarta
Isjoni. 2010. Cooperative Learning Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: ALFABETA
Juniarti R.D. 2014. Pengembangan Media Mobile Learning Dengan aplikasi schoology Pada Pembelajaran Geografi materi Hidrosfer Kelas X SMA Negeri 1 Karanganyar [Online]. GEADIDAKTIKA-Jurnal Pendidikan Geografi Vol.3 No.1. Universitas Sebelas Maret Surakarta diakses pada 2 Juni 2017