Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Berbantu Media Question Box Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Ranah Kognitif Kelas X Di Sman 1 Lembah Gumanti
Abstract
Penelitian dengan model pembelajaran Group Investigation (GI) berbantu media Question Box telah dilakukan pada Agustus 2022 di SMAN 1 Lembah Gumanti yang bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada ranah kognitif. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, menggunakan rancangan Randomized Control Group Only Design. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling sehingga terpilih kelas eksperimen XE.4 dan kelas kontrol XE.2. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar observasi yang bertujuan untuk melihat sikap siswa selama proses pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada ranah afektif memiliki rata-rata kelas eksperimen 78,35 dan 72 untuk kelas kontrol. Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh thitung 1,74 > ttabel 1,67, H1 diterima. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Group Investigation (GI) berbantu media Question Box berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa.
References
Arifin, Z., & Tjetjep, A. . . (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok ( GroupInvestigation ) Dan Strategi Student Team Achievement Division ( STAD ) Terhadap Keterampilan Proses Dan HASILBELAJAR AKUNTANSI SISWA SMK DI KOTA KEDIRI. Jurnal Nusantara, 02 (01)(April), 10–25. https://doi.org/http:// efektor.unpkediri.ac.id
Asrida, Aziz, M., & Tahir, T. (2021). Pengaruh Pemberian Reward Dan Punishment Terhadap motivasi Belajar Peserta Dididk Pada Mata pelajaran Akuntansi. Phinisi Integration Review, 4(3). https://doi.org/https://doi.org/10.26858/pir.v4i3.24403
Basri. (2013). Signifikansi Desain Pembelajaran dalam Menunjang Kesuksesan Mengajar. NIZHAM, 1(2). https://doi.org/https://e- journal.metrouniv.ac.id
Budiarti, Y. (2019). PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SMP MUHAMMADIYAH 1 METRO. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 7(1), 71–76. https://doi.org/http://ojs.fkip.ummetro.ac.id
Endah, E. N., & Eviliyanto. (2017). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INVESTIGASI KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR MAHASISWA. Jurnal Edukasi, 15(1), 82–90. https://doi.org/https://journal.ikippgriptk.ac.id
Fauzi, A. (2019). INOVASI PEMBELAJARAN AKTIF MELALUI PENGGUNAAN STRATEGI READING GUIDEDAN MIND MAPPING PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MADRASAH ALIYAH. Jurnal Kependidikan, Fakultas Tarbiyah IAIN Bone, 13 (2), 131–145. https://doi.org/https//jurnal iain-bone.ac.id
Hafizah, Y., & Hartati, S. (2021). Analisis Strategi Pembelajaran Active Learning Terhadap Perkembangan Sains Anak Di Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Golde Age, Universitas Hamzanwadi, 5(02), 238–254. https://doi.org/https://doi.org/10.29408/jga.v5i01.3769
Hidayah, M. U., Lumowa, S. V. T., & Boleng, D. T. (2018). Developing the archaebacteria and eubacteria web-based learning media for high school students. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 4(2), 179–188.
Istarani. (2014). 58 Model Pembelajaran Inovatif. Media Persada.
Kholifah, N., Slamet, A., & Santri, D. J. (2018). PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION ( GI ) TERHADAP HASIL BELAJAR. JURNAL PEMBELAJARAN BIOLOGI, 5 (2)(November). https://doi.org/http://ejournal.unsri.ac.id
Marinda, L. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget Dan Problematikanya Pada Anak Usia Sekolah Dasar. An-Nisa’: Journal of Gender Studies, 13(1), 116–152.
Mulyadinata, I. P. L. (2020). Peran Model Pembelajaran Group Investigation Berbasis Media Lingkungan Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal EDUTECH, 8, 102–111. https://doi.org/https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU
Nisa, H., & Dahlan, D. (2018). PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF TEKNIK GROUP INVESTIGATION TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR ANALISIS THE EFFECT OF IMPLEMENTATION COLLABORATIVE LEARNING MODEL OF GROUP INVESTIGATION TECHNIQUES ON ANALITICAL THINKING SKILLS OF STUDENTS. Manajerial, 3(5), 157–166. https://doi.org/http://ejournal.upi.edu/index.php/manajerial
Sari, N. M., & Eurika, N. (2016). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA APLLICATION OF GROUP INVESTIGATION LEARNING. Jurnal Biologi Dan Pembelajaran Biologi, 1, 29–41. https://doi.org/http://jurnal.unmuhjember.ac.id
Sari, S. P., & Bermuli, J. E. (2021). Pembentukan Karakter Tanggung Jawab Siswa pada Pembelajaran Daring Melalui Implementasi Pendidikan Karakter. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(1), 110. https://doi.org/10.33394/jk.v7i1.3150
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R& D). Alfabeta.
Sultan, M. A., Asad, N. M., & Kadir, A. (2022). Hasil Belajar dengan Model Pembelajaran Kooperatife Tipe Talking Stick Berbantuan Media Question Box. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6, 9511–9514. https://doi.org/https://jptam.org
Wayan, N., Suprianingsih, S., Agung, I. G., & Wulandari, A. (2020). Model Problem Posing Berbantuan Media Question Box Berpengaruh Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika Siswa SD. Jurnal Mimbar Ilmu, 25(3), 308–318. https://doi.org/http://ejournal.undiksha.ac.id
Wicaksono, B., Laela, S., & Wisnu, N. (2017). MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION ( GI ) DAN THINK PAIR SHARE ( TPS ) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS. Aksioma, 8(2), 1–8. https://doi.org/http://Journal.upgris.ac.id
Y, N. A. A., & Ysh, S. (2020). Keefektifan Model Pembelajaran Talking Stick Berbantu Media Question Box Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas III SD. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(3), 449–456. https://doi.org/https://ejournal.undiksha.ac.id
Yuanita, O., Ismaya, H., & Mayasari, N. (2020). PENGARUH NHT BERBANTU MEDIA QUESTION BOX GAMES. JURNAL PENDIDIKAN EDUTAMA, 1–8. https://doi.org/http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id