PENGARUH IMPLEMETASI PENDEKATAN MIKiR (MENGALAMI, INTERAKSI, KOMUNIKASI DAN REFLEKSI) PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM MADRASAH IBTIDAIYAH DARUD DA’WAH WAL ISRYAD TANI AMAN LOA JANAN ILIR

  • ayona corolla UIN Sultan AJi Muhammad Idris Samarinda
  • Kanariah Kanariah UIN Sultan AJi Muhammad Idris Samarinda
Keywords: Implementasi, Pendekatan MIKiR, Mata Pelajaran IPA

Abstract

Implementasi pendekatan MIKiR dengan pembelajaran efektif dan menarik, merupakan langkah meningkatkan minat siswa terhadap proses pembelajaran serta guru menjadi kreatif dan inovatif.  Langkah penting agar pembelajaran yang monoton diharapkan berubah menjadi aktif. Penelitian ini bertujuan untuk : 1)Untuk mendeskripsikan Implementasi pendekatan MIKiR  pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) kelas V Madrasah Ibtidaiyah Darud Da’wah Wal Irsyad Tani Aman Loa Janan Ilir. 2)Untuk mendeskripsikan faktor penghambat dan pendukung dalam implementasi pendekatan MIKiR pada mata pelajaran IPA kelas V Madrasah Ibtidaiyah Darud Da’wah Wal Irsyad Tani Aman Loa Janan Ilir. Jenis Penelitian ini adalah penelitian deskriptif  dengan pendekatan kualitatif. Data penelitian ini diperoleh dari kepala sekolah, guru IPA dan  siswa. Adapun teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model yang dikembangkan oleh Matthew B. Miles, A. Michael Huberman dan Johnny Saldana yaitu pengumpulan, kondensasi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru MI DDI Tani Aman Loa Janan Ilir aktif dalam mengimplementasikan unsur pendekatan MIKiR yaitu melakukan perencanaan melalui RPP, pelaksanan memuat unsur pendekatan MIKiR yaitu mengalami dengan menggunakan media visual atau praktek, unsur interaksi dengan membentuk kelompok sehingga siswa dapat berdiskusi, unsur  komunikasi dengan meminta siswa mempresentasikan hasil kerja di depan kelas serta refleksi menuliskan perasaan serta kesimpulan. Kemudian evaluasi melalui LKPD merujuk pada hasil refleksi. Adapun faktor penghambat dalam implementasi pendekatan MIKiR yaitu kurangnya bahan ajar dan sarana prasana yang akan digunakan oleh guru. Kemudian faktor pendukung yakni guru antusias dalam meningkatkan kompentensi serta mampu untuk mensiasati keterbatasan sarana prasana dan siswa antusias dalam belajar sehingga pengimplementasian MIKiR pada mata pelajaran IPA kelas V mewujudkan pembelajaran yang aktif.

References

Budiarso, Aris Singgih, Sutarto, Dan Septya Rohmatillah, “Analisis Kemampuan Siswa Dalam Menjelaskanfenomena IPA Disekitar
https://www.kelaspintar.id/blog/inspirasi/7mata-pelajaran-sd-di-kurikulum-2013-605/amp/ diaskes pada tanggal 16 Agustus 2022 jam 09.18
Miles , Matthew B. A.Michael Huberman, dan Johnny Saldana, Qualitative Data Analysis A Methods Sourcebooks
Maryanti, Indra, Ismail Saleh Nasution, and Sri Wahyuni, ‘Pengembangan Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Pembelajaran Mengalami Interaksi Komunikasi Dan Refleksi (MIKIR)’, Jurnal Basicedu, 5.6 (2021), 6385–6400
Sa’adah, Sumiati, SAINS untuk Siswa Sekolah Dasar, (Bandung : Titian Ilmu, 2006)
Siregar, Eko Febri Syahputra, and Suci Perwita Sari, ‘Optimalisasi Pendekatan MIKiR Sebagai Solusi Pembelajaran Abad 21 Bagi Guru SD Muhammadiyah Kota Medan’, Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4.3 (2020), 550–56
Tanoto Foundation, Modul I-Praktik Yang Baik Dalam Manajemen Berbasis Sekolah, Desember 2018
Usman, Nurdin, ‘Implementasi Pembelajaran’, Yogyakarta: Rajawali Pers, 2011
Published
2022-02-15
How to Cite
corolla, ayona, & Kanariah, K. (2022). PENGARUH IMPLEMETASI PENDEKATAN MIKiR (MENGALAMI, INTERAKSI, KOMUNIKASI DAN REFLEKSI) PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM MADRASAH IBTIDAIYAH DARUD DA’WAH WAL ISRYAD TANI AMAN LOA JANAN ILIR. Borneo Journal of Science and Mathematics Education, 2(1), 37-47. https://doi.org/10.21093/bjsme.v2i3.6465