Hubungan Motivasi Dan Hasil Belajar Pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Mukomuko Provinsi Bengkulu
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa yang disebabkan siswa kurangnya perhatian dalam mengikuti pembelajaran, siswa kurang aktif dalam mengikuti proses pembelajaran, kurangnya tanggung jawab siswa dalam mengerjakan tugas. dan memahami materi ajar yang disampaikan guru, sebagian siswa kurang antusias atau mengantuk saat belajar. Dalam pembelajaran, ada siswa yang menyontek dari temannya ketika mengerjakan tugas tanpa berusaha mengerjakannya secara mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi dengan hasil belajar siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Mukomuko Provinsi Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Mukomuko Provinsi Bengkulu. Sampel dalam penelitian ini adalah 50 siswa kelas XI IPA 1, XI IPA 2 dan XI IPA 3 dengan menggunakan random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket yang terdiri dari 54 item pernyataan. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling. Data penelitian ini dianalisis menggunakan Pearson Product Moment kemudian dilakukan uji t untuk mengetahui korelasinya. Hasil penelitian menunjukkan persentase motivasi intrinsik rata-rata sebesar 75% dengan kriteria cukup dan rata-rata motivasi ekstrinsik sebesar 80% dengan kriteria baik. Dan nilai r hitung sebesar 4,01 lebih besar dari t tabel yaitu 1,673 artinya ada hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Mukomuko Provinsi Bengkulu. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi dengan hasil belajar.