Perbedaan Hasil Belajar Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Di MIN 2 Samarinda

  • rabiatul adawiyah UINSI Samarinda

Abstract

tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar ditinjau dari gaya belajar siswa pada mata pelajaran IPA di MIN 2 Samarinda. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode survei di mana dalam penelitiannya digunakan untuk mengumpulkan data dalam bentuk angket yang kemudian disebarluaskan kepada responden, dengan jumlah populasi sebanyak 126 siswa lalu sampel yang di gunakan sebanyak 115 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian angket dengan skala likert dengan dibantu dokumentasi, tempat penelitian yaitu MIN 2 Samarinda. Hasil yang diperoleh berdasarkan uji faktorial rancangan acak lengkap 3 faktor bahwa nilai sig yaitu sebesar 0,000 dimana 0,000 < 0.05. Sehingga hasil uji faktorial rancangan acak lengkap 3 faktor ada perbedaan hasil belajar. Yaitu adanya perbedaan hasil belajar ditinjau dari gaya belajar siswa pada mata pelajaran IPA di MIN 2 Samarinda. Dapat disimpulkan bahwa perbedaan hasil belajar yang diperoleh dari penelitian ini adalah gaya belajar visual sebesar 76.7073, gaya belajar auditori sebesar 84.4318, dan gaya belajar kinestetik sebesar 79.7000. Sehingga ketiga gaya belajar tersebut terdapat perbedaan dari hasil belajarnya.

References

Akhiruddin, Sujarwo, dkk, Belajar dan Pembelajaran, (Gowa: Cahaya Bintang Cemerlang, 2019)

Ahmad, Gaya Belajar Matematika Siswa SMP, (Bandung: Penerbit Cakra, 2020.

Arikunto Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Cet 15. (Jakarta: Rineka Cipta, 2013).

Shoimin Aris, Model Pembelajaran Inovatif , (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2017).

Indah Pratiwi , IPA, Untuk Pendidikan Guru Sekolah Dasar, (Medan: Umsu Press, 2021).

Ridwan Abdullah Sani, dan Kadri Muhammad, Pendidikan karakter Mengembangkan Karakter Anak yang Islami, (Jakarta: PT. Bumi Aksara, (2016).

Bire, dkk, “pengaruh Gaya Belajar Visual, Auditori, dan Kinestetik Terhadap Prestasi Belajar Siswa”. Jurnal Kependidikan, Vol. 44. No. 2. (2014).

Ikha Nur Jannah, dkk, “Efektivitas Penggunaan Multimedia Dalam Pembelajaran IPA di SD”, Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, Vol. 4. No. 1. (2020).

Mufida Nur Luk Luk, “Memahami Gaya Belajar untuk Meningkatkan Potensi Anak” Jurnal Perempuan dan Anak,Vol. 1 No. 2, 2017.

Mulabbiyah, dkk, “Penerapan Model Pembelajaran Fleming – Vak (Visual, Auditori, kinestetik),” untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV MI Thohir Yasin pada Muatan Pelajaran IPA”, Jurnal Jurusan PGMI, Vol. 10. No. 1. (2018).

Kusumaningrum Diana, “Literasi Lingkungan Dalam Kurikulum 2013 dan Pembelajaran IPA di SD”, Jurnal Indonesia Journal Of Natural Science Education (IJNSE), Vol. 1. No. 2. (2018).

Isnanto, “Hasil Belajar Siswa Ditinjau Dari Gaya Belajar”, Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal. Vol. 08. No. 1. 2022.

Gunawan, dkk,” Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa”, Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS (JPPI), Vol. 12, No. 1, 2020.

Helmi .M,dkk,”Peningkatkan Prestasi Belajar IPA Melalui Metode PBL di Madrasah Ibtidaiyyah Subulussalam Barong Tongkok”, Jurnal Pendidikan Profesi Guru (Sippg), Vol. 1, No. 2, 2023.

Masduki, Muhammad sadikul, dkk,” Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Alat Pernapasan Manusia Melalui Media Gambar di MI NURUL HIKMAH” Jurnal Pendidikan Profesi Guru (Sippg), Vol. 1, No. 2, 2023.


Aqli Fathul , dkk,” Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Kelas Iv Mi Darussu’ada Kecamatan Tatah Makmur Kabupaten Banjar”, Jurnal Sultan Idris Pendidikan Profesi Guru, Vol. 1, No. 1, 2022.

Yulaikah Siti, dkk,” Integrasi Scientific Inquiry Dengan Kompetensi Profesional Guru Biologi Pada Pembelajaran Biologi Di Abad Ke-21”, ”. Jurnal Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi, 2015.

Adawiyah, Rabiatul, Husni Idris, Kautsar Eka Wardahana, dan Qurrotu Ainii, ‘Pelatihan Pemanfaatan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Articulate Storyline 3 Dalam Pembelajaran PAI Di SMA’, 5.2 (2023), 62–68.

Adawiyah, Rabiatul, ‘Analysis The Mastery of Process and Product Cognitive of Students in Biology Learning Class XI Senior High School in Terms of School Favorability’, 2.1 (2016), 437–47.

Adawiyah, Robiatul, and Dwi Purbowati ‘Optimalisasi Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Pada Tingkat Sekolah Menengah Atas(Sma) Di Yogyakarta’, Borneo Jounal of Science Andmathematics Education, 1.2 (2021), 83–91.

Adawiyah, Rabiatul, Pendidikan Biologi, Program Pascasarjana, and Universitas Negeri, ‘PENGEMBANGAN BUKU AJAR BIOLOGI BILINGUAL SMA KELAS XI SEMESTER 1’, 2015, 561–70.

Agil, Muhamad, ‘Identifikasi Tumbuhan Famili Leguminosae Sebagai Penyusun Struktur Vegetasi Hutan Kayu Putih’, Borneo Jurnal Of Science And Mathematic Education, 1.1 (2021), 7–18.

Agil, Muhamad, Rabiatul Adawiyah, and Lely Salmitha, ‘Pembelajaran Sains Berbasis Budaya Lokal’, 1.1 (2023), 1–6.

Ariyani, Neni, Khairul Saleh, and Maulida Ulfa Hidayah, ‘Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Kemampuan Menghafal Al- Qur ’ an Juz 30 Peserta Didik Di Madrasah Ibtidaiyah’, Borneo Journal of Islamic Education, 2.1 (2022), 1–11.

Devi, Lusiana, Bahrani, and Hidayah Maulida Ulfa, ‘Efektivitas Pembelajaran Online Menggunakan Media Whatsapp Dalam Pembelajaran Ipa Kelas Iv Madrasah Ibtidaiyah At-Tarbiyah’, Borneo Journal of Science and …, 1.3 (2021), 117–25.

Didik, Peserta, D I Madrasah, Ibtidaiyah Ma, Arif Nu, and Muchamad Eka Mahmud, ‘Borneo Journal of Islamic Education PROBLEMATIKA GURU KELAS DALAM KEGIATAN KEAGAMAAN PESERTA DIDIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF NU 02 SAMARINDA Maulida Ulfa Hidayah’, 287–96.

Fadil, Fuad, Nur Kholik Afandi, Hanif Sukriyanto, Taufan Yusuf, Munirah Munirah, and Rabiatul Adawiyah, ‘Efektivitas Metode Diskusi Berdasarkan Kepribadian Pada Masa Pandemi’, Southeast Asian Journal of Islamic Education, 3.2 (2021), 213–27.

Hidayah, Maulida Ulfa, ‘Filsafat Pedagogi Kritis Dalam Pendidikan IPA’, 2023.

Hidayah, Maulida Ulfa, Sonja V. T. Lumowa, and Didimus Tanah Boleng, ‘Developing the Archaebacteria and Eubacteria Web-Based Learning Media for High School Students’, JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 4.2 (2018), 179–88.

Hidayah, Maulida Ulfa, Lina Revilla Malik, and Nurul Annikmah, ‘Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah Sullamul Hidayah Pada Masa Pandemi Covid-19’, Borneo Journal of Primary Education, 1.3 (2021), 185–94.

Hidayah, Maulida Ulfa, Zakiyah Ulfah, Marniati Kadir, Experiential Learning, and A Introduction, ‘Development of an Experiential Learning Model Based On Dedication To Society’, 6.1 (2023), 99–113.

Idris, Husni, Rabiatul Adawiyah, and Nur Kholik Afandi, ‘Online Learning Model Implemented in Islamic Education in Post Covid-19 Pandemic : Case of Multicultural Students in Indonesia’, 23.December (2023), 217–29.

Idris, Husni, Fathur Rahman, and Rabiatul Adawiyah Syarief, ‘Pengembangan Multimedia Pembelajaran Autoplay Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di MTS Kota Samarinda’, 04.01 (2021), 97–107.

Kelas, Siswa, I V Mi, and Sullamul Hidayah, ‘Jurnal Tarbiyah & Ilmu Keguruan (JTIK) Borneo’, 3.3 (2022)

Khotimah, Khusnul, and Utami Sri Hastuti, ‘The Development of a Microbiology Digital Handout Based on an Experimental Research to Improve Critical Thinking Skills’, 25.4 (2021), 18239–46

Khotimah, Khusnul, Utami Sri Hastuti, Ibrohim Ibrohim, and Suhadi Suhadi, ‘Korelasi Antara Keterampilan Proses Sains Dan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Pada Matakuliah Bioteknologi Industri’, Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi, 9.2 (2021), 326.

Maulida Ulfa Hidayah, Marniati Kadir, Kristi Budianti, ‘Pengaruh Penggunaan Media Sosial Youtobe Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alama Materi Suhu Dan Kalor Pada Siswa Kelas V Di MI Ma’arif NU 01 Samarinda’, 1911101086, 2021, 251–58.

Padli, Fery, ‘MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH PADA MANUSIA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH AT- THAYYIBAH KECAMATAN GAMBUT KABUPATEN BANJAR’, 10(10), 2023.

Purbowati, Dwi, and Rabiatul Adawiyah, ‘Analisis Hasil Belajar Pada Mata Kuliah Strategi Pembelajaran ( Model Pembelajaran Biologi ) Application of Learning Journal During the Covid-19 Pandemic : Analysis of Learning Outcomes in Learning Strategy Course ( Biology Learning Model )’, Analysis of Learning Outcomes in Learning Strategy, 5 (2023), 49–56.

Rani, Syella Ayunisa, and Yusman Wiyatmo, ‘Development of Conceptual Attainment Student Worksheet to Improve Cognitive and Psychomotor in Physics Instruction’, 2nd International Seminar on Science Education, 2016, 404–9.

Salmitha, Lely, ‘EFEKTIVITAS MEDIA POSTER PADA PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS IV DI MI MA ’ ARIF NU 003 SAMARINDA’, 1.3 (2021), 125–33.

Ulfa Hidayah, Maulida, Khaerul Saleh, Sitti Noor Halijah, ‘Pengaruh Perhatian Orangtua Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas IV Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Samarinda’, Borneo Journal of Islamic Education, 2.2 (2022), 147–54.

Ulfah, Zakiyah, Ulfa Hidayah, and Marniati Kadir, ‘Buku Model Pembelajaran Experiential Learning Berbasis Pengabdian Kepada Masyarakat Pada Mata Kuliah Pengembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Penerbit’, 1 (2021), 1–66.
Published
2023-10-07
How to Cite
adawiyah, rabiatul. (2023). Perbedaan Hasil Belajar Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Di MIN 2 Samarinda. Borneo Journal of Science and Mathematics Education, 3(3), 117-132. https://doi.org/10.21093/bjsme.v3i3.8269