Pembelajaran Game-Based Learning dalam Pengajaran Sains untuk Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar di Sekolah XYZ Jakarta

  • Rizky Pratama Universitas Pelita Harapan
  • Andini Larasati Universitas Pelita Harapan
Keywords: Game-based learning, pembelajaran sains, siswa sekolah dasar, metode interaktif, motivasi belajar

Abstract

Kemajuan zaman dan perkembangan teknologi menuntut dunia pendidikan untuk terus mengadopsi teori dan pendekatan baru dalam proses pembelajaran. Berbeda dengan metode pembelajaran tradisional, siswa saat ini diharapkan tidak hanya mencapai prestasi akademik yang tinggi, tetapi juga membangun karakter yang kuat. Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis permainan (game-based learning) telah diakui sebagai salah satu metode efektif yang dapat memenuhi kebutuhan akademik sekaligus mendukung pendidikan karakter siswa. Sains merupakan salah satu mata pelajaran yang krusial dalam pendidikan, namun penelitian menunjukkan bahwa pendekatan pengajaran sains masih dapat ditingkatkan, terbukti dari rendahnya motivasi dan prestasi akademik siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghadirkan pendekatan yang lebih menarik dan interaktif dengan menggunakan game-based learning dalam pembelajaran sains untuk siswa kelas 2 SD, dengan harapan dapat meningkatkan hasil belajar mereka. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, di mana siswa dibagi menjadi dua kelompok: kontrol dan eksperimen. Penelitian ini secara khusus mengajarkan topik pemanasan global dengan menerapkan game yang dirancang melalui situs interaktif Genially pada kelompok eksperimen. Data dikumpulkan melalui survei serta nilai pre-test dan post-test. Analisis data menunjukkan bahwa meskipun kedua kelompok mengalami peningkatan hasil belajar, kelompok eksperimen yang menggunakan game-based learning menunjukkan peningkatan yang jauh lebih signifikan. Untuk penelitian di masa mendatang, disarankan agar metode ini diterapkan pada mata pelajaran lain atau pada tingkat kelas dan jumlah sampel yang berbeda untuk menguji efektivitasnya lebih lanjut.

References

Ahied, M., Muharrami, L. K., Fikriyah, A., & Rosidi, I. (2020). Improving students’ scientific literacy through distance learning with augmented reality-based multimedia amid the covid-19 pandemic. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(4), 499–511. https://doi.org/10.15294/jpii.v9i4.26123
Garraway-Lashley, Y. M. (2019). Teaching Science at the Primary school Level: “Problems Teachers’ are facing.” In Asian Journal of Education and e-Learning. www.ajouronline.com
Handayani, R. D., & Putra, P. da. (2019). Student Cognition in the Context of a Climate System: Global Warming and Greenhouse Effect. Momentum: Physics Education Journal, 69–77. https://doi.org/10.21067/mpej.v3i2.3739
Juhari, A. N., & Abu Bakar, M. H. (2020). Popular Game Elements Used in Designing Game-Based Learning STEM Application for School Students – A Review. Jurnal Kejuruteraan, 32(4), 559–568. https://doi.org/10.17576/jkukm-2020-32(4)-01
Kaldarova, B., Omarov, B., Zhaidakbayeva, L., Tursynbayev, A., Beissenova, G., Kurmanbayev, B., & Anarbayev, A. (2023). Applying game-based learning to a primary school class in computer science terminology learning. Frontiers in Education, 8. https://doi.org/10.3389/feduc.2023.1100275
Pakpahan, R. A. (2022). Improving Students’ Scientific Literacy Through Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan LLDIKTI Wilayah 1 (JUDIK), 68-69.
Setyaningrum, W., Pratama, L. D., & Ali, M. B. (2018). Game-Based Learning in Problem Solving Method: The Effects on Students’ Achievement. International Journal on Emerging Mathematics Education, 2(2), 157. https://doi.org/10.12928/ijeme.v2i2.10564
Sobron, A. N., Bayu, & Rani. (2019). PERSEPSI SISWA DALAM STUDI PENGARUH DARING LEARNING TERHADAP MINAT BELAJAR IPA (Vol. 1 Issue 2).
Wulandari, D. (2020). PRIMARY SCHOOL STUDENTS’ PERCEPTION OF ART AND SCIENCE INTEGRATION IN CLASSROOM. IMAJI, 18(1), 1–9.
Published
2024-08-28
How to Cite
Pratama, R., & Larasati, A. (2024). Pembelajaran Game-Based Learning dalam Pengajaran Sains untuk Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar di Sekolah XYZ Jakarta. Borneo Journal of Science and Mathematics Education, 4(2), 88-95. https://doi.org/10.21093/bjsme.v4i2.9045