https://journal.uinsi.ac.id/index.php/bjsme/issue/feed Borneo Journal of Science and Mathematics Education 2025-06-24T11:00:21+08:00 Dr. Khusnul Khotimah khusnulkhotimah@gmail.com Open Journal Systems <p>Borneo Journal of Science and Mathematics Education the Journal published by&nbsp;Faculty of Education and Teacher Training of UINSI Samarinda, Indonesia.&nbsp;It is a peer-reviewed open access journal in the fields of Science and Mathematics Education.The publication of an article in Borneo Journal of Science and Mathematics Education&nbsp;is an essential building block in the development of a respected network of knowledge. It is a direct reflection of the quality of the work of the authors and the institutions that support them. Peer-reviewed articles support and embody the scientific method. It is important to agree upon standards of expected ethical behavior for all parties involved in the act of publishing: the author, the journal editors, the peer reviewers, and the publisher.&nbsp;The journal is published three times a year in February, June and Oktober. It was firstly published in 2021.&nbsp;Borneo Journal of Science and Mathematics Education,&nbsp;accepts unpublished, high quality, and original research manuscripts in English and Arabic related&nbsp;applied mathematics, educational mathematics, applied statistics, inference statistics, physics, chemistry, biology.</p> https://journal.uinsi.ac.id/index.php/bjsme/article/view/10667 Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri pada Mata Pelajaran IPAS terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV 2025-06-24T11:00:21+08:00 devi kurniawati devikurniawati@gmail.com Raden Firman Nurbudi Prijambodo firmanfkip@wiraraja.ac.id Nisfil Maghfiroh Meita nisfil@wiraraja.ac.id <p><em>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) tema bagian tubuh tumbuhan dan fungsinya di kelas IV. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa yang diduga disebabkan oleh kurangnya keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran. Model pembelajaran inkuiri dipilih karena berpusat pada siswa dan mendorong keterlibatan aktif melalui pengamatan, penyelidikan, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen dan desain nonequivalent control group design. Subjek penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu 19 siswa kelas IV SDN Tamansare I sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model inkuiri dan 16 siswa kelas IV SDN Babbalan sebagai kelas kontrol yang menggunakan model konvensional dengan memilih melalui teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes berupa pre-test dan post-test, observasi, dokumentasi, serta observasi keterlaksanaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata post-test pada kelas eksperimen lebih tinggi (78,4) dibandingkan kelas kontrol (67,5). Berdasarkan hasil uji independent sampel t-test, diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 &lt; 0,05 yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar siswa sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran inkuiri, hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi (Sig. 2-tailed) &lt; 0,05. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPAS tema bagian tubuh tumbuhan dan fungsinya.</em></p> <p><strong>Kata Kunci</strong>: Model Inkuiri, IPAS, Hasil Belajar, Tumbuhan, Sekolah Dasar</p> 2025-06-24T00:00:00+08:00 ##submission.copyrightStatement##