Penerapan Permainan Team Building untuk Meningkatkan Kerjasama Kelompok B1 di TK Nasional KPS Balikpapan

  • Muhammad Syaifuddin Zuhri Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
Keywords: aspek sosial, kerjasama, team building

Abstract

Kerjasama menjadi faktor penting dalam aspek sosial pada pendidikan anak usia dini. Teori perkembangan sosial menjelaskan bahwa kemampuan Kerjasama merupakan indikator tertinggi dalam suatu permainan. Kondisi awal kemampuan kerjasama anak di TK Nasional KPS dapat terlihat ada 16,67% dari total keseluruhan 12 anak yang dapat menunjukkan kerjasama saat bermain di kelas. Artikel ini bertujuan memberikan alternatif dalam meningkatkan kemampuan kerjasama. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas versi Kemmis Mc Taggart dengan menggunakan media permainan Team Building. Hasilnya pada siklus I dapat meningkat menjadi 66,67% anak yang dapat bekerjasama, kemudian di siklus kedua seluruh anak (100%) dapat menunjukkan kemampuan dalam bekerjasama. Dengan kenaikan persentase pada aspek kemampuan bekerjasama anak diatas, maka dapat dikatakan bahwa kemampuan kerjasama anak kelompok B1 TK Nasional KPS Balikpapan meningkat melalui permainan Team Building.

References

Adi Soenarno. Team Building.(Yogjakarta: CV Andi Offset, 2006)

Ali Nugraha dkk.Metode Pengembangan Sosial Emosional. (Jakarta: Universitas Terbuka, 2004)

Anas Sudjono. Penelitian Tindakan Kelas. (Jakarta: Raja Grafindo, 2008)

Anggraini, Denok Dwi. ‘PENINGKATAN PENGEMBANGAN NILAI AGAMA DAN MORAL MELALUI METODE BERCERITA’, n.d., 10.

Aziz, Hanna Choirunnisa. ‘Penerapan Permainan Kooperatif terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini’ 5 (2022): 11.

Darmawan, Cecep, Hana Silvana, Heni Nuraeni Zaenudin, and Ridwan Effendi. ‘Pengembangan hubungan interpersonal remaja dalam penggunaan media sosial di Kota Bandung’. Jurnal Kajian Komunikasi 7, no. 2 (23 December 2019): 159. https://doi.org/10.24198/jkk.v7i2.21163.

Hartanti, Wuri, and Kautsar Eka Wardhana. ‘Membangun Literasi Lingkungan Dengan Menggunakan 3R (Reduce, Reuse, Recycle) Di TK Nasional KPS Balikpapan’. BOCAH: Borneo Early Childhood Education and Humanity Journal 2, no. 1 (2023): 17–29.

Hastuti, Dwi, and Hadi Mulyono. ‘PENERAPAN PERMAINAN KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGELOMPOKKAN BENDA SESUAI DENGAN UKURAN PADA ANAK KELOMPOK B TK DHARMA WANITA MLOPOHARJO I TAHUN AJARAN 2013/2014’, n.d., 8.

Indria, Anita. ‘MULTIPLE INTELLIGENCE’ 3, no. 1 (2020): 16.

Juniarti, Farida, Dedah Jumiatin, and Arifah A Ariyanto. ‘MENGEMBANGKAN KECERDASAN INTERPERSONAL MELALUI METODE BERMAIN PERAN PADA ANAK USIA DINI DI RA AL HIDAYAH BANDUNG’. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif) 1, no. 5 (29 March 2019): 1. https://doi.org/10.22460/ceria.v1i5.p1-6.

Kautsar Eka Wardhana. ‘Pengaruh Kematangan Anak Usia Dini Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar’. Sultan Idris Journal of Psychology and Education, no. Sultan Idris Journal of Psychology and Education, Vol. 1. No. 2, Maret 2022 (2022): 56–66. https://doi.org/10.21093/sijope.v1i2.4917.

Lubis, Mira Yanti. ‘MENGEMBANGKAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI MELALUI BERMAIN’. Generasi Emas 2, no. 1 (30 May 2019): 47. https://doi.org/10.25299/ge.2019.vol2(1).3301.

Muliyana, Muliyana, and Kautsar Eka Wardhana. ‘Meningkatan Kemampuan Berbahasa Dengan Bermain Peran Pada Anak Usia Dini’. BOCAH: Borneo Early Childhood Education and Humanity Journal 1, no. 2 (2022): 125–34.

Prabandari, Indah Rinukti, and Fidesrinur Fidesrinur. ‘MENINGKATKAN KEMAMPUAN BEKERJASAMA ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI METODE BERMAIN KOOPERATIF’. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI) 1, no. 2 (20 January 2021): 96. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v1i2.572.

———. ‘MENINGKATKAN KEMAMPUAN BEKERJASAMA ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI METODE BERMAIN KOOPERATIF’. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI) 1, no. 2 (20 January 2021): 96. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v1i2.572.

Sari, Suci Lia, and Nova Adi Kurniawan. ‘Perkembangan Sosial dan Emosional Anak Usia Dini’, n.d., 12.

Saufi, M, and M Royani. ‘MENGEMBANGKAN KECERDASAN INTERPERSONAL DAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA MELALUI EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PBL’. Jurnal Pendidikan Matematika 2, no. 2 (2016): 10.

Stephen P. Robbins. Perilaku Organisasi: Konsep, Kontroversi, Aplikasi Jilid 1. (Jakarta: PT Prehallindo,1996)

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan. (Bandung: Alfabeta, 2011)

Suharsimi Arikunto. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. (Jakarta: Rineka Cipta. 2006)

Roudhatul Jannah, Amin Sabi’ati, Aning Pudjiastuti dkk. 144 Strategi Pembelajaran Anak usia Dini Berbasis Multiple Intelligences, (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2018)

Wijaya Kusuma dan Dwitagama. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. (Jakarta: Rineka Cipta.2010)

Published
2023-01-12
How to Cite
Zuhri, M. (2023). Penerapan Permainan Team Building untuk Meningkatkan Kerjasama Kelompok B1 di TK Nasional KPS Balikpapan. BOCAH: Borneo Early Childhood Education and Humanity Journal, 2(1), 29-39. https://doi.org/10.21093/bocah.v2i1.5578