Peran Guru Dalam Menanamkan Kebersihan Diri Pada Anak Usia Dini

  • Rivan Mutiasari Efendi Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
Keywords: Peran Guru, Kebersihan Diri, Anak Usia Dini

Abstract

 

Peran guru memiliki peranan yang sangat penting bagi anak dalam menanamkan kebersihan diri anak usia dini, kebersihan diri adalah penecegahan yang mengutamakan upaya kesehatan individu dan lingkungan, di TK As sa’diah diharapkan menanamkan kebersihan diri dengan sebaik mungkin. Kerena pada fase anak usia dini ditandai dengan berbagai macam periode penting dari dasar atau fundamental dalam kelangsungan hidupnya hingga periode akhir perkembangannya, perkembangan yang dialami secara menyeluruh dari segi fisik sampai sosial emosional anak. Jenis penelitian yang digunakan oleh penelitian adalah penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam menanamkan kebersihan diri anak usi dini dan peran guru dalam memfasilitasi anak dalam menanamkan kebersihan diri. Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik observasi,wawancara, dokumentasi. Hasil peenlitian yaitu ada bebrapa anak yang belum menerapkan pembiasaan kebersiha diri dan ada fasilitas yang ada disekolah kurang dalam mendukung dan menunjang dalam pembiasaan kebersihan diri.

References

Amalia, Astri Nur. ‘Hubungan Tingkat Kebersihan Diri Dan Faktor Predisposisi Pada Anak Di Panti Asuhan Al-Amal Surabaya’. Medical Technology and Public Health Journal 5, no. 1 (2021): 19–27.

Amini, Mukti, and Siti Aisyah. ‘Hakikat Anak Usia Dini’. Perkembangan Dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini 65 (2014).

Gopdianto, Randy, AJ M. Rattu, and Ni Wayan Mariati. ‘Status Kebersihan Mulut Dan Perilaku Menyikat Gigi Anak SD Negeri 1 Malalayang’. E-GiGi 3, no. 1 (2014).

Hartanti, Wuri, and Kautsar Eka Wardhana. ‘Membangun Literasi Lingkungan Dengan Menggunakan 3R (Reduce, Reuse, Recycle) Di TK Nasional KPS Balikpapan’. BOCAH: Borneo Early Childhood Education and Humanity Journal 2, no. 1 (2023): 17–29.

Kautsar Eka Wardhana. ‘Pengaruh Kematangan Anak Usia Dini Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar’. Sultan Idris Journal of Psychology and Education, no. Sultan Idris Journal of Psychology and Education, Vol. 1. No. 2, Maret 2022 (2022): 56–66. https://doi.org/10.21093/sijope.v1i2.4917.

Livianti, Devi, Muhamad Ali, and Abas Yusuf. ‘Peran Guru Terhadap Kebersihan Diri Anak Usia 4-5 Tahun Di PAUD Sutitah Soedarso 1 Desa Jungkat’. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) 4, no. 4 (2015).

Minsih, Minsih. ‘Peran Guru Dalam Pengelolaan Kelas’. Profesi Pendidikan Dasar 5, no. 1 (2018): 20–27.

Novan, Ardy. ‘Format Paud: Konsep, Karakteristik Dan Implementasi Pendidikan Anak Usia Dini (Pendidikan Anak Usia Dini)’, 2016.

Paramata, Nanang Roswita, Elvie Febriani Dungga, and Ika Wulansari. ‘Kebersihan Diri Pribadi Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Laboratorium Universitas Negeri Gorontalo’, 2019.

Pitaloka, Deffa Lola, Dimyati Dimyati, and Edi Purwanta. ‘Peran Guru Dalam Menanamkan Nilai Toleransi Pada Anak Usia Dini Di Indonesia’. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5, no. 2 (2021): 1696–1705.

Salim, Haidir. Penelitian Pendidikan: Metode, Pendekatan, Dan Jenis. Kencana, 2019.

Sudono, Anggani, Agus F. Tangyong, Etty Sisdiana Vijaya, Fawzia Aswin Hadis, F. Pangemanan, M. Moeslim, Syarifah Akrab, and Sumiarti Padmonodewo. ‘Pengembangan Anak Usia Dini’. Jakarta: Grasindo, 2009.

Suryana, Dadan. Pendidikan Anak Usia Dini Teori Dan Praktik Pembelajaran. Prenada Media, 2021.

Triyono, Agus, and M. Si. ‘Metode Penelitian Komunikasi Kualitatif’. Bintang Pustaka Madani Yogyakarta, 2021.

Published
2023-01-06
How to Cite
Efendi, R. (2023). Peran Guru Dalam Menanamkan Kebersihan Diri Pada Anak Usia Dini. BOCAH: Borneo Early Childhood Education and Humanity Journal, 2(1), 13-19. https://doi.org/10.21093/bocah.v2i1.5597