Penanaman Nilai-Nilai Moderasi Beragama Pada Anak Usia Dini

  • Masliyana Masliyana Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
Keywords: anak usia dini, nilai-nilai moderasi beragama, penanaman

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui penanaman nilai-nilai moderasi beragama pada anak usia dini dan bentuk penerapannya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan subjek penelitian anak, guru, dan kepala sekolah sebagai sumber data. Teknik pengumpulan dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti dapat disimpulkan bahwa dalam penanaman nilai-nilai moderasi beragama pada anak usia dini di RA Ma’arif NU Plus 001 diajarkan dengan menanamkan empat nilai dasar meliputi: akidah, ibadah, akhlak, dan belajar Al-Qur’an yang didalam aspek tersebut mengandung nilai-nilai karakter yang mencerminkan sikap moderat. Penerapannya dilakukan guru melalui pembiasaan dan keteladanan yang dicontohkan guru baik berupa pengenalan melalui lagu-lagu, kunjungan ketempat ibadah, bercerita secara langsung atau menggunakan media seperti buku, alat peraga, boneka, video, youtube dan praktik dalam kegiatan ibadah.

References

Ahmad Ridho, Kautsar Eka Wardhana, Ayu Sasadila Yuliana, Ikhwan Nuur Qolby, and Zalwana Zalwana. ‘Implementasi Pendidikan Multikutural Berbasis Teknologi Dalam Menghadapi Era Society 5.0’. EDUCASIA: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, Dan Pembelajaran 7, no. 3 (31 December 2022). https://doi.org/10.21462/educasia.v7i3.131.

Dea Putri Wahdatul Adla, Kautsar Eka Wardhana, Imam Mustafa Syarif, Kiki Amelia, and Norlita Norlita. ‘Peran Pendidikan Multikultural Di SMA Negeri 17 Samarinda Dalam Menerapkan Sifat Toleransi Beragama’. EDUCASIA: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, Dan Pembelajaran 5, no. 3 (31 December 2020). https://doi.org/10.21462/educasia.v5i3.125.

Hartanti, Wuri, and Kautsar Eka Wardhana. ‘Membangun Literasi Lingkungan Dengan Menggunakan 3R (Reduce, Reuse, Recycle) Di TK Nasional KPS Balikpapan’. BOCAH: Borneo Early Childhood Education and Humanity Journal 2, no. 1 (2023): 17–29.

Karmila Karmila, Nurul Fauziah, Elsa Safira, M. Nur Atdeni Sadikin, and Kautsar Eka Wardhana. ‘Diskriminasi Pendidikan Di Indonesia’. EDUCASIA: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, Dan Pembelajaran 6, no. 3 (31 December 2021). https://doi.org/10.21462/educasia.v6i3.128.

Kautsar Eka Wardhana. ‘Pengaruh Kematangan Anak Usia Dini Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar’. Sultan Idris Journal of Psychology and Education, no. Sultan Idris Journal of Psychology and Education, Vol. 1. No. 2, Maret 2022 (2022): 56–66. https://doi.org/10.21093/sijope.v1i2.4917.

Daniel, Tumpal. “Mewujudkan Perilaku Toleransi Pada Pendidikan Anak Usia Dini Perspektif Islam Moderasi”. dalam Jurnal Media Informasi dan Komunikasi Ilmia., Vol. 1 No. 2. 2019.

Habibie, M. Luqmanul Hakim. dkk. “Moderasi Beragama dan Pendidikan Islam di Indonesia”. Moderatio: Jurnal Moderasi Beragama. Vol. 1. No 1. 2021. https://e-journal.metrouniv.ac.id/ index.php/moderatio/article/view/3529.

Hasnida. Analisis Kebutuhan Anak Usia Dini. Jakarta: Luxima, 2014.

Mahmudi. “Islam Moderat Sebagai Penangkal Radikalisme: Studi Terhadap Pemikiran Abdurrahman Wahid dan Quraish Shihab”. in Procedings Annual Conference for Muslim Scholars. Surabaya: Kopertais Wilayah IV Surabaya. 2018.

Masitoh. Pendekatan Belajar Aktif di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Depdiknas Rektorat Jendral Pendidikan Tinggi. 2005.

Masturaini. "Penanaman Nilai-Nilai Moderasi Beragama di Pondok Pesantren (Study Pondok Pesantren Shohifatusshoda NW Rawamangun Kecamatan Suka Madu Kabupaten Luwu Utara"). Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Palopo. 2021.

Muliyana, Muliyana, and Kautsar Eka Wardhana. ‘Meningkatan Kemampuan Berbahasa Dengan Bermain Peran Pada Anak Usia Dini’. BOCAH: Borneo Early Childhood Education and Humanity Journal 1, no. 2 (2022): 125–34.

Naim, Akhsan dan Hendry Syaputra. Kewarganegaraan, Suku Bangsa, Agama dan Bahasa Sehari-hari Penduduk Indonesia. Jakarta: Badan Pusat Statistik. 2011.

Nungtjik, Winda B. Mendongeng Untuk Anak Usia Dini Optimalkan Kecerdasan Anak. Tangerang Selatan: Aska Pustaka Edukasi. 2016.

Nisak, Farah Fahrun. “Upaya Peningkatan Sikap Moderasi Beragama Untuk Anak Usia Dini Melalui Multimedia Interaktif (Kids Moderations) dalam Pembelajaran di RA Masyithoh Manggisan”. Bernas Kids: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol. 1. No. 1. 2022. https://jurnal.lp2msasbabel.ac.id/index.php/ ICEJ/article/view/2547.

Anwar, Rosyida Nurul. “Penanaman Nilai-Nilai Islam Moderat Pada Anak Usia Dini Dalam Keluarga Sebagai Upaya Menangkal Radikalisme”. dalam Jurnal Of Early Childhood Islamic Education. Vol. 4 No. 2. Januari 2021.

Saifuddin, Lukman Hakim. Moderasi Beragama. Jakarta: Badan Litbang dan Diklat Kementerian RI. 2019.

Samsul. "Peran Guru Dalam Menanamkan Moderasi Beragama". dalam Jurnal Al-Irfan. Vol. 3. No. 1. 2020.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta. 2017.

Umar, Mardan, dkk. “Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Moderasi Beragama Pada Jenjang Pendidikan Anak Usia Dini”. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan. Vol. 19. No. 1. 2021. https://doi.org/10.32729/edukasi.v19i1.798.

Umar, Nasaruddin, Islam Nusantara Jalan Panjang Moderasi Beragama di Indonesia. Jakarta: PT Elex Media Komputindo. 2019.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Published
2023-01-15
How to Cite
Masliyana, M. (2023). Penanaman Nilai-Nilai Moderasi Beragama Pada Anak Usia Dini. BOCAH: Borneo Early Childhood Education and Humanity Journal, 2(1), 41-51. https://doi.org/10.21093/bocah.v2i1.5744