Implementasi Metode Qiro’ati pada Anak di TK Al-Azhar 1 Samarinda

  • Muyasaroh Muyasaroh Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
Keywords: anak, implementasi, metode qiro'ati

Abstract

Metode dalam belajar membaca Al-Qur’an merupakan cara atau teknik yang diterapkan pada proses pembelajaran agar tercapai tujuan yang diinginkan yakni dapat lancar, baik dan benar ketika membaca al-Qur’an. Metode Qiro’ati ialah teknik yang dilakukan dengan cara langsung memasukkan dan mempraktikkan bacaan Al-Qur’an secara tartil sesuai dengan hukum dalam ilmu tajwid. Ini adalah penelitian kualitatif. Oleh karena itu pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan. Subjek sebagai sumber data dalam penelitian ini adalah guru dan kepala sekolah TK Al-Azhar 1 Samarinda. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi partisipatif, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, display data, penarikan kesimpulan data dan verifikasi.   Program yang diterapkan saat pembelajaran Qiro’ati yakni klasikal individual. Adapun faktor pendukung pada penerapan metode Qiro’ati di TK Al-Azhar 1 yaitu: guru yang sudah profesional, waktu belajar yang cukup, sarana lengkap dan prasarana yang menunjang, orang tua yang mendukung serta hadiah sebagai apresiasi.

References

Alim, Nur, Mahyudin Ritonga, and Mafardi Mafardi. ‘Korelasi Kegiatan Ekstrakurikuler Sanggar Al-Quran Dengan Hasil Belajar Al-Quran Hadits Di MAN 4 Pasaman Barat’. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam 12, no. 2 (2020): 246–55.

Binsa, Ucik Hidayah. ‘MANAJEMEN SARANA PRASARANA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI TK PELANGI ANAK NEGRI YOGYAKARTA’. Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education) 8, no. 2 (2021): 1–10.

ENDANG, SEPTIANA. ‘Implementasi Pengelolaan Kelas Oleh Guru Terhadap Motivasi Belajar Anak Usia Dini Usia 5-6 Tahun Di TK Taruna Jaya Prumnas Way Halim Bandar Lampung’. PhD Thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG, 2021.

Ernawati, Nunung. ‘Buku Ajar Mata Kuliah Metodologi Riset Penelitian Data Sekunder’. Poltekkes RS dr. Soepraoen, 2020.

Herawati, Muthmainnah. ‘Karakteristik Belajar Anak Usia Dini Dalam Perspektif Islam’. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak 5, no. 1 (2019).

IFA, NAFIFAH. ‘IMPLEMENTASI METODE QIRO’ATI DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN PADA ANAK USIA DINI (Studi Kasus Di TPQ Darul Hamdi Malang)’. PhD Thesis, Universitas Muhammadiyah Malang, 2020.

Irfan, Muhammad, Hasnidar Karim, and Mukhlis Mukhlis. ‘PERANAN GURU AL-QUR’AN HADITS DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA AL-QURAN PADA SISWA KELAS VII A MADRASAH TSANAWIYAH NURUL IMAN KECAMATAN DANAU ℡UK KOTA JAMBI’. PhD Thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, 2021.

Joni, Rama, Abdul Rahman, and Eka Yanuarti. ‘Strategi Guru Agama Desa Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al Quran Warga Desa’. JOEAI (Journal of Education and Instruction) 3 (2020): 59–74.

Lestari, Puji, and Heni Nafiqoh. ‘Pengembangan Kecerdasan Emosi Anak Usia Dini Kelompok Bermain Cikal Gemilang (5-6 Tahun) Dengan Metode Qiroati’. Jurnal Ceria 1 (2018): 26–31.

Mubarak, Hafiz. ‘Upaya Guru Al-Qur’an Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Al-Qur’an Di Sdit Ukhuwah Banjarmasin’. Jurnal Studia Insania 1, no. 1 (2013): 39–51.

Mumung, Asep. ‘KEUNGGULAN METODE QIRO’ATI UNTUK MENINGKATKAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA ANAK USIA DINI’. Al-Urwatul Wutsqo: Jurnal Ilmu Keislaman Dan Pendidikan 1, no. 1 (2020): 1–4.

Nasikhah, Umi. ‘Pembelajaran Al-Qur’an Dengan Metode Qiraati Di TPA Hidayatussibyan Kabupaten Sambas: Learning of The Qur’an With Qiraati Method at Hidayatussibyan Taman Pendidikan Al-Quran District of Sambas’. Chalim Journal of Teaching and Learning (CJoTL) 1, no. 1 (2021): 20–25.

Nurhayati, Eti. ‘Literasi Awal Al-Qur’an Untuk Anak Usia Dini Dengan Teknik Reading Aloud’. Awlady: Jurnal Pendidikan Anak 5, no. 1 (2019): 113–25.

PELANGI, CORNILIA. ‘ANALISIS PENERAPAN METODE QIRO’ATI UNTUK MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN ANAK USIA DINI DI PAUD IT AL-HASANAH KOTA BENGKULU’. PhD Thesis, UIN FATMAWATI SUKARNO BENGKULU, 2022.

Prasanti, Ditha, and Dinda Rakhma Fitriani. ‘Pembentukan Karakter Anak Usia Dini: Keluarga, Sekolah, Dan Komunitas?(Studi Kualitatif Tentang Pembentukan Karakter Anak Usia Dini Melalui Keluarga, Sekolah, Dan Komunitas)’. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 2, no. 1 (2018): 13–19.

———. ‘Pembentukan Karakter Anak Usia Dini: Keluarga, Sekolah, Dan Komunitas?(Studi Kualitatif Tentang Pembentukan Karakter Anak Usia Dini Melalui Keluarga, Sekolah, Dan Komunitas)’. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 2, no. 1 (2018): 13–19.

Syukran, Agus Salim Syukran Agus Salim. ‘Fungsi Al-Qur’an Bagi Manusia’. Al-I’jaz: Jurnal Studi Al-Qur’an, Falsafah Dan Keislaman 1, no. 2 (2019): 90–108.

Wardhana, Kautsar Eka. ‘Pengaruh Kematangan Anak Usia Dini Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar’. Sultan Idris Journal of Psychology and Education, 2022, 56–66.

Published
2023-07-11
How to Cite
Muyasaroh, M. (2023). Implementasi Metode Qiro’ati pada Anak di TK Al-Azhar 1 Samarinda. BOCAH: Borneo Early Childhood Education and Humanity Journal, 2(2), 61-70. https://doi.org/10.21093/bocah.v2i2.5777