Peningkatan Kecerdasan Visual-Spasial Anak Kelompok B Melalui Bermain Playdough di RA Al-Islamiyah Al-Khalidiyah Samarinda
Abstract
Penelitian ini dibuat untuk mendapatkan pemahaman tentang cara menerapkan pembelajaran dengan media playdough yang menjadi salah satu cara untuk meningkatkan kecerdasan visual-spasial anak usia dini dengan rentang usia 5 sampai dengan 6 tahun. Metode yang peneliti gunkana adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK) dan proses data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, dokumentasi serta wawancara. Penelitian ini menggunakan subyek anak-anak dari kelompok B di RA Al-Islamiyah Al-Khalidiyah Samarinda yang berjumlah 23 siswa/siswi yang terdiri dari 11 siswi perempuan dan 12 siswa laki-laki. Hasil penelitian yang ditunjukkan bahwa adanya peningkatan yang terjadi dalam kecerdasan visual-spasial siswa/siswi dengan menggunakan media playdough pada siklus I menunjukkan angka keberhasilan sebanyak 67% dan pada siklus II sebanyak 81% yang masuk dalam kategori berkembang sangat baik (BSB). Peneliti menyimpulkan bahwa media playdough dapat meningkatkan kecerdasan visual-spasial anak.
References
Debeturu, B., & Wijayaningsih, E. L. (2019). Meningkatkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Media Magic Puffer Ball. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), Article 1. Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V3i1.180
Dini, J. (2022). Meningkatkan Kecerdasan Visual Spasial Anak Usia Dini Melalui Media Game Gartic. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3578–3589.
Feni Puspita, S. (2023). Pengaruh Bermain Puzzle Geometric Terhadap Kecerdasan Visual Spasial Anak Usia 5-6 Tahun. Http://Digilib.Unila.Ac.Id/Id/Eprint/75709
Hidayati, N., Sumiharsono, R., & Triwahyuni, E. (2023). Pengaruh Penggunaan Flash Card Dan Permainan Playdough Terhadap Pengembangan Karakter Anak Usia Dini (Effects Of Using Flash Cards And Playdough Games On Early Childhood Character Development). Edukasia: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), Article 2.
Huda, K., & Hariati, H. (2020). Penggunaan Media Playdough Dalam Mengembangkan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk Hamzanwadi Pancor Tahun Ajaran 2019/2020. Realita : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(1). Https://Doi.Org/10.33394/Realita.V5i1.2902
Kertamuda, M. A. (2015). Golden Age-Strategi Sukses Membentuk Karakter Emas Pada Anak. Elex Media Komputindo. Https://Books.Google.Com/Books?Hl=Id&Lr=&Id=Jk9jdwaaqbaj&Oi=Fnd&Pg=Pp1&Dq=Kecerdasan+Anak+Di+Usia+Golden+Age&Ots=Sprnpecvie&Sig=V29rcvmqtnvohc-Rdkvhp9owibq
Maghfiroh, S., & Suryana, D. (2021). Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini Di Pendidikan Anak Usia Dini. 5.
Maisarah, A., Mahmud, M. E., & Saugi, W. (2020). Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Metode Bermain Plastisin Tanah Liat. Journal of Education Research, 1(1), 1-8.
Mila Agriana, B., & Hujjatusnaini, N. (2022). Pendampingan Permainan Playdough Dari Tepung Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Sekolah Dasar Di Kelurahan Habaring Hurung. Abdimas Mandiri : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), Article 1. Https://Doi.Org/10/1/Jurnal%20dimaspendampingan%20playdof%20noor%20h.Pdf
Minasadiyah, P., Widiastuti, R. Y., Tyas, M. R., Masruroh, J., & Maghfirah, V. T. (2023). Kegiatan-Kegiatan Stimulasi Multiple Intelligence Pada Anak Usia Dini. Jurnal Buah Hati, 10(1), 40–52. Https://Doi.Org/10.46244/Buahhati.V10i1.2045
Purwanti, D., & Yus, A. (2023). The Influence Of Playdough Media On The Achievement Of Cognitive Development Of Children Aged 4-5 Years In Tk Negeri 2 Pembina Medan. Asian Journal Of Applied Education (Ajae), 2(3), Article 3. Https://Doi.Org/10.55927/Ajae.V2i3.5127
Rahmadani, M., & Salwiah, S. (2019). Menigkatkan Kemampuan Kognitif Anak Dalam Mengenal Bentuk Bentuk Geometri Melalui Media Play Dough. Jurnal Riset Golden Age Paud Uho, 2(2), 159. Https://Doi.Org/10.36709/Jrga.V2i2.8366
Shiddiq, J. (2021). Kaligrafi Kufi Dan Strategi Pengembangan Kecerdasan Visual Spasial. Qolamuna : Jurnal Studi Islam, 6(2), Article 2.
Siyami, K., Fadlilah, & Jamilah. (2023). Implementasi Play Dough Dalam Pengembangan Motorik Halus Anak Usia Dini. Dzurriyat : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), Article 1. Https://Doi.Org/10.61104/Jd.V1i1.25
Sriwahyuni, E., & Nasriah, N. (2021). Pengaruh Menggambar Terhadap Kecerdasan Visual Spasial Anak Usia 5-6 Tahun” Di Tk Daruz Zikra Medan Tuntungan Ta 2019/2020. Jurnal Usia Dini, 7(1), 27–37.
Susanto, A. (2021). Pendidikan Anak Usia Dini: Konsep Dan Teori. Bumi Aksara.
Tanfidiyah, N., & Utama, F. (2019). Mengembangkan Kecerdasan Linguistik Anak Usia Dini Melalui Metode Cerita. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 4(3), 9–18.
Tue, E., Asmah, A., & Haryono, S. E. (2021). Meningkatkan Kemampuan Pengenalan Bentuk Geometri Melalui Bermain Playdough Pada Anak Taman Kanak-Kanak. Lucerna : Jurnal Riset Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2), Article 2. Https://Doi.Org/10.56393/Lucerna.V1i2.561
Widiastita, N., & Anhusadar, L. (2020a). Bermain Playdough Dalam Meningkatkan Kecerdasan Visual-Spasial Melalui Home Visit Di Tengah Pandemi Covid-19. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 50–63. Https://Doi.Org/10.37985/Murhum.V1i2.17
Widiastita, N., & Anhusadar, L. (2020b). Bermain Playdough Dalam Meningkatkan Kecerdasan Visual-Spasial Melalui Home Visit Di Tengah Pandemi Covid-19. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 50–63.
Zulkifli, T. I. (2020). Pengaruh Bermain Konstruktif Terhadap Kecerdasan Visual Spasial Anak Di Tk Islam Terpadu Nurul Fikri Makassar. Tematik, 6(1), 1–7.