Peningkatan Kecerdasan Visual-Spasial Anak Kelompok B Melalui Bermain Playdough di RA Al-Islamiyah Al-Khalidiyah Samarinda

  • Nur Rahmah Abdullah Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Assyaifa A’yuna Putri Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Karina Meylida Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
Keywords: anak usia dini, kecerdasan visual-spasial, playdough

Abstract

Penelitian ini dibuat untuk mendapatkan pemahaman tentang cara menerapkan pembelajaran dengan media playdough yang menjadi salah satu cara untuk meningkatkan kecerdasan visual-spasial anak usia dini dengan rentang usia 5 sampai dengan 6 tahun. Metode yang peneliti gunkana adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK) dan proses data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, dokumentasi serta wawancara. Penelitian ini menggunakan subyek anak-anak dari kelompok B di RA Al-Islamiyah Al-Khalidiyah Samarinda yang berjumlah 23 siswa/siswi yang terdiri dari 11 siswi perempuan dan 12 siswa laki-laki. Hasil penelitian yang ditunjukkan bahwa adanya peningkatan yang terjadi dalam kecerdasan visual-spasial siswa/siswi dengan menggunakan media playdough pada siklus I menunjukkan angka keberhasilan sebanyak 67% dan pada siklus II sebanyak 81% yang masuk dalam kategori berkembang sangat baik (BSB). Peneliti menyimpulkan bahwa  media playdough dapat meningkatkan kecerdasan visual-spasial anak.

References

Arifudin, O., Setiawati, E., Chasanah, D. N., Jalal, N. M., Minhatul, Arif, Suwenti, R., Yenni, Y., Puspitasari, D., Aprina, A., Rahmawati, H. K., Rahmat, A., & Dewi, N. W. R. (2021). Media Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Cv Widina Media Utama. Https://Repository.Penerbitwidina.Com/Ru/Publications/348343/
Debeturu, B., & Wijayaningsih, E. L. (2019). Meningkatkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Media Magic Puffer Ball. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), Article 1. Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V3i1.180
Dini, J. (2022). Meningkatkan Kecerdasan Visual Spasial Anak Usia Dini Melalui Media Game Gartic. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3578–3589.
Feni Puspita, S. (2023). Pengaruh Bermain Puzzle Geometric Terhadap Kecerdasan Visual Spasial Anak Usia 5-6 Tahun. Http://Digilib.Unila.Ac.Id/Id/Eprint/75709
Hidayati, N., Sumiharsono, R., & Triwahyuni, E. (2023). Pengaruh Penggunaan Flash Card Dan Permainan Playdough Terhadap Pengembangan Karakter Anak Usia Dini (Effects Of Using Flash Cards And Playdough Games On Early Childhood Character Development). Edukasia: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), Article 2.
Huda, K., & Hariati, H. (2020). Penggunaan Media Playdough Dalam Mengembangkan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk Hamzanwadi Pancor Tahun Ajaran 2019/2020. Realita : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(1). Https://Doi.Org/10.33394/Realita.V5i1.2902
Kertamuda, M. A. (2015). Golden Age-Strategi Sukses Membentuk Karakter Emas Pada Anak. Elex Media Komputindo. Https://Books.Google.Com/Books?Hl=Id&Lr=&Id=Jk9jdwaaqbaj&Oi=Fnd&Pg=Pp1&Dq=Kecerdasan+Anak+Di+Usia+Golden+Age&Ots=Sprnpecvie&Sig=V29rcvmqtnvohc-Rdkvhp9owibq
Maghfiroh, S., & Suryana, D. (2021). Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini Di Pendidikan Anak Usia Dini. 5.
Maisarah, A., Mahmud, M. E., & Saugi, W. (2020). Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Metode Bermain Plastisin Tanah Liat. Journal of Education Research, 1(1), 1-8.
Mila Agriana, B., & Hujjatusnaini, N. (2022). Pendampingan Permainan Playdough Dari Tepung Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Sekolah Dasar Di Kelurahan Habaring Hurung. Abdimas Mandiri : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), Article 1. Https://Doi.Org/10/1/Jurnal%20dimaspendampingan%20playdof%20noor%20h.Pdf
Minasadiyah, P., Widiastuti, R. Y., Tyas, M. R., Masruroh, J., & Maghfirah, V. T. (2023). Kegiatan-Kegiatan Stimulasi Multiple Intelligence Pada Anak Usia Dini. Jurnal Buah Hati, 10(1), 40–52. Https://Doi.Org/10.46244/Buahhati.V10i1.2045
Purwanti, D., & Yus, A. (2023). The Influence Of Playdough Media On The Achievement Of Cognitive Development Of Children Aged 4-5 Years In Tk Negeri 2 Pembina Medan. Asian Journal Of Applied Education (Ajae), 2(3), Article 3. Https://Doi.Org/10.55927/Ajae.V2i3.5127
Rahmadani, M., & Salwiah, S. (2019). Menigkatkan Kemampuan Kognitif Anak Dalam Mengenal Bentuk Bentuk Geometri Melalui Media Play Dough. Jurnal Riset Golden Age Paud Uho, 2(2), 159. Https://Doi.Org/10.36709/Jrga.V2i2.8366
Shiddiq, J. (2021). Kaligrafi Kufi Dan Strategi Pengembangan Kecerdasan Visual Spasial. Qolamuna : Jurnal Studi Islam, 6(2), Article 2.
Siyami, K., Fadlilah, & Jamilah. (2023). Implementasi Play Dough Dalam Pengembangan Motorik Halus Anak Usia Dini. Dzurriyat : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), Article 1. Https://Doi.Org/10.61104/Jd.V1i1.25
Sriwahyuni, E., & Nasriah, N. (2021). Pengaruh Menggambar Terhadap Kecerdasan Visual Spasial Anak Usia 5-6 Tahun” Di Tk Daruz Zikra Medan Tuntungan Ta 2019/2020. Jurnal Usia Dini, 7(1), 27–37.
Susanto, A. (2021). Pendidikan Anak Usia Dini: Konsep Dan Teori. Bumi Aksara.
Tanfidiyah, N., & Utama, F. (2019). Mengembangkan Kecerdasan Linguistik Anak Usia Dini Melalui Metode Cerita. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 4(3), 9–18.
Tue, E., Asmah, A., & Haryono, S. E. (2021). Meningkatkan Kemampuan Pengenalan Bentuk Geometri Melalui Bermain Playdough Pada Anak Taman Kanak-Kanak. Lucerna : Jurnal Riset Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2), Article 2. Https://Doi.Org/10.56393/Lucerna.V1i2.561
Widiastita, N., & Anhusadar, L. (2020a). Bermain Playdough Dalam Meningkatkan Kecerdasan Visual-Spasial Melalui Home Visit Di Tengah Pandemi Covid-19. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 50–63. Https://Doi.Org/10.37985/Murhum.V1i2.17
Widiastita, N., & Anhusadar, L. (2020b). Bermain Playdough Dalam Meningkatkan Kecerdasan Visual-Spasial Melalui Home Visit Di Tengah Pandemi Covid-19. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 50–63.
Zulkifli, T. I. (2020). Pengaruh Bermain Konstruktif Terhadap Kecerdasan Visual Spasial Anak Di Tk Islam Terpadu Nurul Fikri Makassar. Tematik, 6(1), 1–7.
Published
2023-07-20
How to Cite
Abdullah, N., Putri, A., & Meylida, K. (2023). Peningkatan Kecerdasan Visual-Spasial Anak Kelompok B Melalui Bermain Playdough di RA Al-Islamiyah Al-Khalidiyah Samarinda. BOCAH: Borneo Early Childhood Education and Humanity Journal, 2(2), 101-112. https://doi.org/10.21093/bocah.v2i2.6729