Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Gerak dan Lagu Usia 5-6 Tahun Kelompok B di RA Ma’arif NU 003 Palaran

  • Armadi Raga Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Heriyanti Nur Muslimah Nur Muslimah Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Devi Nur Amalia Suyatno Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Muhammad Saparuddin Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
Keywords: Kemampuan motorik kasar anak, gerak, lagu

Abstract

Penelitian ini meruapakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari prasiklus dan siklus I di RA Al-Islamiyah Al-Khalidiyah Samarinda dengan subjek 15 anak Kelompok B. Penelitian ini melibatkan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan sebesar 5% pada presentase 72% di prasiklus menjadi 77% di siklus I. Kesimpulannya, permainan meronce dapat meningkatkan konsentrasi pada anak. Selanjutnya, penelitian membahas relevansi dan pentingnya perkembangan motorik pada anak usia dini, dengan fokus pada aspek motorik kasar dan halus. Pembelajaran gerak dan lagu disoroti sebagai metode yang efektif untuk meningkatkan keterampilan motorik kasar anak. Dalam implementasinya, guru berperan penting dalam memberikan stimulus dan pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan anak, khususnya dalam konteks gerak dan lagu. Pada tahap Metodologi, penelitian dilaksanakan di RA Ma’rif NU 003 Palaran Kelas B dengan 10 anak sebagai subjek. Siklus penelitian terdiri dari siklus 1 dan siklus 2, dengan empat tahap: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam kemampuan motorik kasar anak setelah penerapan metode gerak dan lagu. Hasil dan Pembahasan menunjukkan rata-rata skor motorik kasar anak meningkat dari 56,3% pada prasiklus menjadi 80,6% pada siklus 1. Siklus 2 menghasilkan peningkatan lebih lanjut, mencapai rata-rata 89%. Hal ini menunjukkan bahwa metode gerak dan lagu efektif dalam meningkatkan kemampuan motorik kasar anak. Refleksi pada siklus 1 mengidentifikasi keberhasilan dan area perbaikan, yang kemudian direspons dan disesuaikan pada siklus 2.

References

Aisyah, Siti, dkk. 2008. Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka
Analupin, W., & Khotimah, N. (2014). Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Kegiatan Gerak Dan Lagu Anak Di Kelompok Bermain. Program Studi PG-PAUD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya.
Fitri, 2020. Stimulasi Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini Melalui Gerak Dan Lagu Di Ra Muslimat Nu Palangka Raya. Skripsi Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Kegururan Jurusan Tarbiyah Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini
Fitrianti, Diah, and Muhammad Reza. "Mengembangkan kegiatan gerak dan lagu untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar pada anak usia 5-6 tahun." PAUD Teratai 2.3 (2013): 1-6.
Gunarsa D, Singgih. Dasar dan Teori Perkembangan Anak. Tahun 2010
Harmi saputri,dkk.jurnal pendidikan tambusi.metode pembeajaran berbasis perkembangan motorik kasar anak usia dini di taman kanak-kanak twin course pasaman barat. Tahun 2021
Hartanti, W., & Wardhana, K. (2023). Membangun Literasi Lingkungan dengan Menerapkan 3R (Reduce, Reuse, Recycle) di TK Nasional KPS Balikpapan. BOCAH: Borneo Early Childhood Education and Humanity Journal, 2(1), 1-12. https://doi.org/10.21093/bocah.v2i1.5631
Hurlock, Elizabeth B. Perkembangan anak jilid 1.Tahun 1998
Intan nisa,dkk. Stimulasi gerak lokomotor anak usia 1-4 tahun melalui metode gerak dan lagu.Tahun 2021
Kamtini & Husni Wardi Tanjung. (2005). Bermain Melalui Gerak dan Lagu Di Taman KanakKanak. Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Direktorat Pembinaan Pendidikan Dan Tenaga Kependidikan Dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.
Khadijah,Nurul Amelia. Perkembangan fisik motorik anak usia dini. Tahun 2020
Lutfiyatul Husna,dkk.jurnal ilmu al-quran dan tafsir program studi ilmu al-quran dan tafsir. Implementasimetode gerak dan lagu untuk menignkatkan kosa kata bahasa arab dan inggris. Tahun 2019
Raden rachmy diana. Jurna pendidikan anak usia dini. Pengembangan motorik kasar anak usia dini di era new normal. Tahun 2022
Raharja, A. T., & Wardhana, K. E. (2023). The Influence of Preschool Children’s Intellectual Maturity and Thematic Learning on Physical Education Learning Outcomes in Elementary School. EDUCASIA: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, Dan Pembelajaran, 8(2), 99-113. https://doi.org/10.21462/educasia.v8i2.140
Rasyid, Fathur. (2010). Cerdaskan Anakmu Dengan Musik. Jogjakarta: Diva Press.
Ruth angelina, dkk. Jurnal of Community Education. Mengembangkan motorik kasar anak dengan metode gerak dan lagu di PAUD matahari. Tahun 2020
Samsudin. 2008. Pembelajaran Motorik di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Prenada Media Grup
Saputra, Yudha M., & Rudyanto. (2005). Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatkan Keterampilan Anak TK. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Sujiono,B,et al.metode pengembangan fisik.Tahun 2012
Suyadi. (2009). Anak Yang Menakjubkan. Jogjakarta: Diva Press.
Widhianawati, Nana. (2011). Pengaruh Pembelajaran Gerak Dan Lagu Dalam Meningkatkan Kecerdasan Musikal Dan Kecerdasan Kinestetik Anak Usia Dini. Edisi Khusus (Online), No. 2, http://jurnal.upi.edu/file/22- NANA_WIDHIANAWATI-bl.pdf, diakses 21 Oktober 2012.
Yolanda mustika,dkk. Jurnal AUDHI.Pengaruh metode gerak dan lagu terhadap perkembangan sosial dan emosional anak di kota medan. Tahun 2021
Published
2024-03-07
How to Cite
Raga, A., Muslimah, H. N. M., Suyatno, D., & Saparuddin, M. (2024). Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Gerak dan Lagu Usia 5-6 Tahun Kelompok B di RA Ma’arif NU 003 Palaran. BOCAH: Borneo Early Childhood Education and Humanity Journal, 3(1), 15-24. https://doi.org/10.21093/bocah.v3i1.7537

Most read articles by the same author(s)