Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Melalui Media Balok di TK Aisyah Bustanul Athfal 2 Anggana
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan utama untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini melalui penggunaan media balok, khususnya di kelas A TK aisiyah bustanul atfhal 2 anggana, desa handil terusan pada tahun ajaran 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini melibatkan 6 anak di kelas A TK Aisyah Bustanul Atfhal 2 Anggana. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi terhadap kemampuan anak selama proses bermain balok. Hasil penelitian menunjukkan hasil yang signifikan dalam kemampuan kognitif anak padda kegiatan bermain balok pada setiap siklusnya. Anak-anak mampu dengan terampil menyusun balok, membedakan bentuk, mengklasifikasikan ukuran, dan memecahkan masalah dengan lebih baik. Berdasarkan temuan tersebut, disarankan bagi guru dan peneliti selanjutnya untuk lebih mengintegrasikan kegiatan bermain balok dalam pembelajaran anak usia dini, dengan memastikan bahwa permainan tersebut sesuai dengan tujuan yang diinginkan dan menggunakan media balok yang menarik. Dengan demikian, diharapkan dapat terus meningkatkan kemampuan kognitif anak-anak secara menyeluruh melalui penekatan yang menyenangkaan dan interaktif.
References
Gusniarti, Gusniarti, Dwi Nomi Pura, dan Mimpira Haryono. “Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Melalui Media Kartu Angka Dari Kardus Bekas Di PAUD Ceria Desa Pagar Agung Kecamatan Seluma Barat Kabupaten Seluma.” Early Childhood Research and Practice 1, no. 01 (15 Juni 2020): 28–33. https://doi.org/10.37676/ecrp.v1i01.1071.
Rachmat, Faisal. “Kontribusi Permainan Konstruktivis (Media Balok) Dengan Peningkatan Kemampuan Kognitif.” Jurnal Pendidikan Usia Dini 11, no. 2 (30 November 2017): 238–51. https://doi.org/10.21009/JPUD.112.04.
Sabta, Nidiya, dan Nurhenti Dorlina Simatupang. “Pemanfaatan Media Balok Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 3 - 4 Tahun,” t.t.
Talango, Sitti Rahmawati. “Konsep Perkembangan Anak Usia Dini.” Early Childhood Education Journal 1, no. 01 (25 September 2020): 93–107.
Hapsah Rahayu, E. Y. (2021). Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Gerak dan Lagu. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 835.
Akhmad Shunhaji, N. F. (2020). Efektivitas Alat Peraga Edukatif (APE) Balok Dalam Mengembangkan Kognitif. Journal Of Islamic Education.
Dek Ngurah Laba Laksana, K. D. (2021). Aspek Perkembangan Anak Usia Dini. NEM.
Fauzia, W. (2022). Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Sulawesi Tengah: CV.Feniks Muda Sejahtera.
Khadijah, N. A. (2020). Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Teori dan Praktik. Jakarta: Kencana.
Natalia Sulistyo Veerman, T. N. (2023). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Get Press Indonesia.
Nidiya Sabta, N. D. (n.d.). Pemanfaatan Media Balok Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 3-4 Tahun. Jurnal Mahasiswa Negeri Surabaya.
Novia Istiqomah, M. (2022). Konsep Dasar Teori Perkembangan Kognitif Pada Anak Usia Dini Menurut Jean Piaget. Khazanah Pendidikan.
Novitasari, K. (2023). Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Universitas Pgri Yokyakarta.
RetaTata, N. (2022). Implementasi Media Permainan Balok Untuk Pengembangan Kognitif Anak Di Tk Dwi Karsa Bandar Lampung. Uin Raden Intan Lampung .
Salma Rozana, R. H. (2020). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini (Teori dan Praktik). Jawa Barat: Edu Publisher.
Yecha Febrieanitha Putri, L. M. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Balok Angka Terhadap Perkembangan Kognitif Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Pendidikan Islam Anak Usia Dini