Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka Melalui Bermain Stik Angka pada Kelompok B2 di TK Kartika V 15 Loa Janan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep angka melalui pemanfaatan permainan stik angka. Sampel pada penelitian ini terdiri dari 12 anak yang tergabung dalam kelompok B di TK KARTIKA V 15 Loa Janan. Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan informasi menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi merupakan metode yang digunakan untuk menghimpun informasi dalam penelitian. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan mengenal angka menggunakan permainan stik angka selama pra-siklus dan siklus 1 yang dikategorikan berkembang sangat baik (BSB). Dalam rangka meningkatkan keterampilan mengidentifikasi angka dari 1 hingga 10 melalui penggunaan media stik angka pada kelompok B2 di TK KARTIKA V 15 Loa Janan, perbaikan dilakukan dari pra-siklus ke siklus 1. Pada siklus 1 yang terdiri dari 2 pertemuan, terlihat peningkatan yang signifikan. Sebelum siklus, hanya sekitar 33%anak mampu melafalkan lambang bilangan 1 hingga 10 dengan media stik angka. Namun, setelah dilakukan siklus 1, angka ini meningkat drastis menjadi 90%. Anak mampu mengurutkan bilangan dari 1 hingga 10 menggunakan media stik angka. Pada pra-siklus, kemampuan ini hanya sebesar 30%, tetapi meningkat signifikan menjadi 90% pada siklus 1. Anak-anak mampu menghubungkan simbol angka 1 hingga 10 dengan dukungan digital atau media stik angka sebesar 31% pada siklus sebelumnya dan 92% pada siklus 1, menunjukkan kemampuan mengenali angka dengan dukungan media berupa stik dengan angka.
References
Muhammad Kharizmi, “Penggunaan Media Stik Es Krim Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Pada Anak Usia Dini Di Tks Tiga Serangkai Geulumpang Sulu Timur,” 2020.
Moeslichatoen R,. Metode Pengajaran Di Taman Kanak – Kanak, (Jakarta: Pt Asdi Mahasatya, 2004.
“Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka Anak Usia 4-5 Tahun Menggunakan Media Stick Es Krim Di Tk Pangeran Diponegoro 2 Giritirto Karanggayam | Stimulus: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini,” Diakses 10 November 2023, Https://Www.Jurnal.Umnu.Ac.Id/Index.Php/Sti/Article/View/920.
Sri Andayani, “Bermain Sebagai Sarana Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini”, Dalam Jurnal An-Nur: Kajian Pendidikan Dan Ilmu Keislaman Vol. 7, No. 1 Januari- Juni 2021.
Khosiah, Skripsi: “Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka Melalui Bermain Stik Angka Pada Kelompok A Ra Patih Semi Ujungsemi Kaliwedi Cirebon” (Cirebon: Institut Agama Islam Iai Bunga Bangsa, 2018).
Siti Munawarah, “Peningkatkan Kemampuan Berhitung Menggunakan Media Stik Angka Pada Anak Usia 5 Tahun Di Ra Ibnu Khaldun Bengkalis”, Dalam Jurnal Akademika: Vol. 15 No. 2 Desember 2019.
Hamalik, Oemar. Bidang Pengembangan Kognitif Di Taman Kanak-Kanak. Jakarta : Bumi Aksara. Masitoh, Dkk. Strategi Pembelajaran Tk. Jakarta: Universitas Terbuka. 2008.2001.
Liyana, Skripsi: “Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan 1-10 Melalui Media Stik Angka Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di Raudhatul Athfal Umdi Ujung Baru Kecamatan Soreang”(Pare-Pare: Iain, 2022.
Yayah Hidayah, “Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Usia Dini Melalui Media Permainan Stick Angka’’, Jurnal Penelitian Guru
Fkip Universitas Subang, Volume 02 No. 02, Oktober 2019
Veryawan, Masliyah Hasibuan, ‘’Penggunaan Media Kartu Angka Dalam Upayameningkatkankemampuan Mengenal Angka Pada Anak Usia Dini’’, Paudia, Volume 09 No. 02, Desember 2020.
Larasati Nur Indah Prawesti Dan Mustika Dewi, ‘’Efektivitas Penggunaan Media Stick Pouch (Kantong Stik) Sebagai Media Pengembangan Kemampuan Kognitif Mengenal Konsep Bilangan 1-10 Anak Tk’’,
Joee, Jurnal Of Early Childhood. Pgpaud E-Issn: 2775-7870, 2021.
Nanda Syahputri , Dhea Safira, Deni Wahyuni, Rahma Dani, Puput Anjar Lestari, ‘’Penerapan Media Kantong Berhitung Untuk Mengembangkan Kecerdasaan Logika Matematika Pada Anak Usia 5 Tahun Di Tk Ummi Erni’’, Indonesian Journal Of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini Volume 5 Nomor 1 Januari 2023.
Misbah Laila, ‘’Peningkatan Kemampuan Berhitung Permulaan Melalui Media Stick Angka Di Tk Pelangi Nagari Ketaping Kecamatan Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman’’, Jurnal Sibirantulang Pendidikan Anak Usia Dini. Volume I Nomor 1 Tahun 2022.
Nurhayati, Muhammad Kharizmi, ‘’Penggunaan Media Stik Es Krim Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Pada Anak Usia Dini Di Tks Tiga Serangkai Geulumpang Sulu Timur’’, Jupegu–Aud : Jurnal Pendidikan Guru Anak Usia Dini, Vol.01 No.01 Maret 2020.
Siska Iskandar, Indaryani, ‘’Efektivitas Terapi Bermain “Stik Es Cream” Terhadap Kemampuan Berhitung Pada Anak Taman Kanak- Kanak (Tk)’’, Journal Of Nursing And Public Health Vol. 9 No. 2 Oktober 2021.
Habib Hambali, Robiyah, ‘’Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka Anak Usia 4-5 Tahun Menggunakan Media Stick Es Krim Di Tk Pangeran Diponegoro 2 Giritirto Karanggayam’’, Stimulus:
Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Volume 3 No 1 Tahun 2023.
Sindi Nursal, Dewi Arya Lestari, Nurdaya, ‘’Kantong Bilangan Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka Pada Murid Tunagrahita Ringan’’, Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, Vol 5, No 2, Mei-Agustus 2023
Fitri Andriani, Rachma Hasibuan, ‘’Peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan 1-20 Melalui Metode Pemberian Tugas Bermedia Bahan Sisa Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Pertiwi Godong Gudong Jombang’’, Jurnal Paud Teratai, Volume 06 Nomor 03 Tahun 2017.
Mimik Kurniawati, Nanin Tresnawaty, Euis Eti Rohaeti, Lenny Nuraeni, ‘’Penerapan Metode Bermain Puzzle Stick Es Krim Anak Usia Dini Pada Kelompok B Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Simbolik’’, Jurnal Ceria, Vol.1 No.1 Januari 2018.